Account Officer

Account officer adalah salah satu profesi yang ada di perusahaan yang bergerak di bidang finansial atau keuangan.

Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan profesi ini seperti bank, koperasi, leasing, dan lembaga keuangan lainnya.

Buat kamu yang sekadar penasaran atau berencana ingin bekerja di bidang tersebut pastinya harus menambah pengetahuan tentang profesi ini, bukan?

Nah, di bawah ini sudah tersedia informasi lengkapnya buat kamu, langsung saja simak ulasannya di sini.

Apa itu Account Officer?

Account officer ini berasal dari bahasa Inggris yang mana account di sini maksudnya adalah nasabah atau klien sedangkan officer adalah petugas.

Dari sini dapat diketahui bahwa maksud dari account officer adalah petugas yang mengurus kebutuhan klien.

Terdapat beberapa jenis account officer dalam perbankan seperti Account Officer Micro, Account Officer SME, Account Officer Secured Loan, Account Officer Kredit, dan Account Officer Financial Services.

Apa Saja Tanggung Jawab Account Officer?

tanggungjawab account officer

Account officer memiliki beberapa tanggung jawab dalam melakukan pekerjaannya dan di bawah ini adalah tanggung jawabnya:

  1. Mengenalkan produk kepada nasabah, klien atau konsumen.
  2. Melakukan follow up pada nasabah, klien atau konsumen. Follow up ini dilakukan untuk menjaga hubungan dengan konsumen dan agar mereka order lagi.
  3. Memastikan produknya tersalur dengan baik dan juga memastikan konsumen memahami dengan baik produk yang sudah kamu jelaskan.
  4. Memastikan konsumen mendapatkan solusi terbaik untuk permasalahan yang dialami yang terkait dengan perusahaan.
  5. Menjaga nama baik perusahaan dan kredibilitas perusahaan yang ditempati serta melakukan analisis terhadap debitur potensial dan memberikan penawaran berkelanjutan.
  6. Mengukur risiko, analisis jaminan debitur atau unggunan, mengetahui riwayat usaha dari debitur serta melakukan history debitur menggunakan BI Checking.
  7. Mengatur kredit nasabah dan juga harus mampu mengatur kredit dari nasabah. Di sini, account officer harus memantau kredit nasabah dan memastikan apakah nantinya bisa melakukan kredit lagi atau tidak.
  8. Mengelola laporan bulanan yang berisi tentang analisis nasabah, penambahan calon nasabah, penambahan nasabah baru, dan masalah lain yang berhubungan dengan nasabah dan perusahaan.

Berapa Gaji Account Officer?

gaji account officer

Untuk kamu yang penasaran, kisaran gaji untuk account officer adalah 4 hingga 5 jutaan per bulannya. Jika dijumlah per tahun kisarannya adalah 49 jutaan dan jika dihitung per jam sekitar 25 ribuan.

Nah, bagi kamu yang masih awal atau pemula maka akan mendapatkan gaji sekitar 23 jutaan per tahun dan karyawan berpengalaman kisaran 83 jutaan.

Apa Saja Tugas Account Officer?

Jika kamu adalah salah satu orang yang berpikir bahwa account officer itu sama dengan sales, sebaiknya baca tugas-tugas account officer di bawah ini.

tugas account officer

1. Memperkenalkan Produk Kepada Konsumen/Nasabah/Klien

Ini merupakan tugas utama seorang account officer yang mana biasanya produk yang diperkenalkan di sini bukan berbentuk barang namun jasa.

Beberapa hal yang biasanya ditawarkan berupa jasa pinjaman, KPR, Deposito, dan lainnya.

Tempat untuk memperkenalkan produknya pun bisa dimana saja, di kantor ketika ada konsumen datang, di lapangan dengan cara mendatangi konsumen, melalui program perusahaan, ataupun perkumpulan.

2. Follow Up Nasabah/Klien/Konsumen

tugas followup account officer

Follow up ini dilakukan baik untuk nasabah lama maupun nasabah baru yang bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan nasabah. Follow up ini bisa dilakukan dengan cara menghubungi via telepon atau cara lainnya.

Hal seperti ini penting dilakukan karena misalnya saja Anda memiliki 10 relasi, nah dari ke-10 orang tersebut Anda bisa mendapatkan kemungkinan 100 nama untuk dijadikan nasabah baru.

Hal ini bisa terjadi karena biasanya dari kesepuluh orang tersebut jika mereka sudah dekat dengan account officer-nya, mereka bisa merekomendasikan orang lain untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

3. Memberikan Solusi kepada Nasabah

tugas memberi solusi account officer

Saat memperkenalkan produk kepada nasabah/klien/konsumen dan mereka tidak memahami tentang produk yang kamu jelaskan, sebagai account officer kamu harus menerangkan secara menyeluruh agar tidak ada salah paham.

Jika sampai terjadi salah paham, maka account officer yang menangani nasabah tersebut harus bertanggung jawab atas pekerjaannya pada atasannya. Maka dari itu, pastikan kamu menjelaskan dengan hati-hati karena risiko salah paham ini juga besar buat kamu.

Selain itu, saat ada nasabah yang mengalami masalah saat melakukan pengajuan, pembayaran ataupun pelunasan, maka ini juga menjadi tugas account officer untuk mencarikan solusi terbaik.

Yang pasti, solusinya tetap menguntungkan perusahaan tanpa harus membuat nasabah merasa dirugikan.

Nah, kamu harus pandai-pandai memilih kata yang persuasif untuk menghadapi nasabah yang mengalami hal seperti ini.

4. Melakukan Koordinasi dengan Marketing dan Membuat Rencana Pemasaran

Untuk mendukung kemudahan dan efisiensi dalam bekerja, account officer juga bisa bekerja sama dengan bagian marketing. Dengan kerja sama ini pastinya kamu akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaanmu.

5. Melakukan Analisa Nasabah/Konsumen/Klien

tugas analisa nasabah account officer

Dalam melakukan pemilihan nasabah, seorang account officer juga tidak boleh sebarangan untuk mencegah terjadinya problem account atau masalah dalam pembayaran.

Pemilihan nasabah yang asal-asalan dan akhirnya menimbulkan problem account benar-benar harus kamu hindari karena ini bisa mengancam karirmu.

6. Membuat Laporan

Seorang account officer harus membuat laporan tentang nasabah yang mereka handle tiap bulan atau minggu.

Nah, biasanya dalam suatu daerah account officer memiliki wilayah masing-masing jadi jika satu daerah dibagi 4 daerah, maka ada 4 account officer.

7. Keahlian Khusus

keahlian khusus account officer

Seorang account officer dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara yang baik, kemampuan membina hubungan yang baik dan juga mampu untuk bertahan dalam kondisi tertekan.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena seperti yang kita ketahui pastinya bekerja di sebuah perusahaan finansial mengharuskan para account officer untuk bekerja hingga memenuhi target dan pastinya target ini akan jadi beban tersendiri jika sampai tidak tercapai.

Nah, untuk menjadi seorang account officer ini ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Biasanya syarat yang diminta perusahaan adalah lulusan minimal D3 semua jurusan atau jika punya pengalaman di bidang yang sama pasti akan sangat membantu.

Namun, jika kamu lulusan SMA juga tak perlu khawatir karena kamu pun bisa mendaftar di bagian account officer asalkan kamu memiliki pengalaman yang cukup sebagai account officer.

Perbedaan Marketing dan Account Officer

perbedaan account officer marketing

Marketing secara istilah artinya adalah pemasaran dan jika dijelaskan artinya adalah kegiatan memasarkan hasil produksi suatu perusahaan yang dilakukan dengan berbagai cara untuk membuat produk tersebut bisa diminati dan disukai masyarakat.

Kegiatan pemasaran ini fokus pada cara meningkatkan pelayanan pada konsumen. Sementara untuk tugasnya adalah merencanakan produk yang akan dijual dan merencanakan promosi.

Sementara untuk account officer sendiri seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu seseorang yang bertugas mengurus kebutuhan konsumen/nasabah/klien. Untuk tugasnya sendiri, account officer ini memiliki tugas yang lebih banyak daripada marketing.

Tugas-tugas account officer ini meliputi pengenalan produk, follow up, koordinasi dengan marketing, memberikan solusi pada nasabah, analisa kelayakan nasabah, dan membuat laporan mingguan atau bulanan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mendaftar menjadi account officer. Pastikan kamu memenuhi syaratnya dan memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh seorang account officer.

Leave a Reply