Analisis SWOT

Analisis SWOT perusahaan adalah sebuah teknik untuk menentukan strategi yang digunakan perusahaan dalam melaksanakan evaluasi terhadap kinerja perusahaan.

Analisis SWOT ini bukan hanya bisa dilaksanakan pada perusahaan lama saja, tapi juga perusahaan baru.

Analisis SWOT ini bukan hanya bisa digunakan pada dunia bisnis atau perusahaan saja. Jenis analisis ini juga dapat kita gunakan untuk mengevaluasi diri kita sendiri. Dengan melakukan analisis SWOT, kita bisa lebih mudah dalam mengembangkan karier kita.

Lalu mengapa analisis SWOT dinilai sangat penting? Hal ini dikarenakan merintis usaha bukanlah sesuatu yang mudah.

Sehingga kita harus selalu bisa menemukan cara agar bisa tetap berkembang di tengah kompetitifnya persaingan bisnis saat ini.

Apa itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT merupakan teknik evaluasi yang ditujukan untuk menggambarkan situasi atau kondisi yang tengah dihadapi suatu perusahaan.

Pasalnya, pelaku usaha pasti harus terus memutar otak agar usaha yang dijalankan dapat mencapai tujuan dengan maksimal.

unsur unsur analisis swot
wikipedia

Analisis yang dicetuskan oleh Albert Humphrey ini memiliki banyak manfaat bagi perusahaan atau organisasi.

Bahkan, jika perusahaan tidak melaksanakan analisis SWOT ini maka akan terancam mengalami kerugian karena tidak mampu melakukan evaluasi dengan baik.

Analisis SWOT ini bisa disebut sebagai faktor utama yang menentukan keberlanjutan perusahaan. Hasil yang didapatkan dari analisis ini tentunya akan memberikan banyak rekomendasi tindakan untuk perkembangan perusahaan.

Setelah berhasil melakukan analisis maka selanjutnya kita harus pintar dalam bertindak sesuai hasil analisis SWOT.

Mulai dari meningkatkan kelebihan, meminimalisasi kekurangan perusahaan, mempertahankan peluang, dan menghindari ancaman dari luar perusahaan.

Selain untuk menemukan rekomendasi tindakan, analisis SWOT juga bermanfaat untuk menentukan prioritas mana saja yang harus didahulukan.

Kamu juga bisa menentukan potensi pasar, minat konsumen, dan tingkat persaingan di pasaran.

Apa Saja Unsur-unsur SWOT?

Sebagaimana namanya, analisis SWOT memiliki 4 unsur dasar. Yaitu Strength (kekuatan), Weakness(kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Adapun penjelasan dari keempat unsur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Strength

unsur strength analisis swot

Unsur pertama adalah Strength yang berarti kekuatan. Unsur ini merupakan karakteristik utama dari sebuah perusahaan atau organisasi yang dapat memberikan kelebihan atau keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.

Dalam hal ini, perusahaan harusnya bisa menganalisis kelebihan atau keunggulan yang dimilikinya. Selain itu perusahaan juga perlu menemukan keunikan atau ciri khas yang dimilikinya sebagai pembeda dari perusahaan lainnya.

Dalam analisis SWOT biasanya perusahaan memasukkan sebanyak mungkin hal positif yang dimilikinya untuk menunjukkan kekuatan dari perusahaan tersebut.

2. Weakness

unsur weakness analisis swot

Weakness artinya kelemahan atau kekurangan. Unsur ini adalah karakteristik perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan kelemahan atau kekurangan dibandingkan dengan yang lainnya.

Tak dapat di pungkiri bahwa setiap perusahaan pasti memiliki kelemahan masing-masing. Oleh karenanya, perusahaan perlu mengetahui kelemahan-kelemahan yang dimiliki olehnya sebagai bahan perbaikan untuk masa yang akan mendatang.

Untuk mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, kamu bisa memosisikan diri sebagai seorang konsumen. Pasalnya, konsumen yang biasanya menggunakan produk dari perusahaan akan lebih mengerti kekurangan dari perusahaan tersebut.

Selain itu, kita juga perlu menganalisis hal apa saja yang dimiliki oleh perusahaan lain tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan kita.

Cari tahu juga faktor apa saja yang biasanya menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Dengan begitu kita akan menjadi lebih mudah mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan.

3. Opportunities

unsur opportunities analisis swot

Opportunities berarti peluang atau kesempatan. Unsur ini merupakan hal-hal atau peluang apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi supaya bisa semakin berkembang di masa mendatang.

Peluang yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari dalam perusahaan saja. Beberapa peluang justru bisa saja muncul dari luar perusahaan. Contohnya tawaran kerja sama dari perusahaan lain atau peluang SDM yang akan bekerja di perusahaan.

Peluang dianggap sangat penting karena dapat menentukan perkembangan perusahaan di masa mendatang. Dengan melihat peluang kita dapat melihat perkembangan apa saja yang sekiranya mampu membantu perkembangan perusahaan.

Jika kamu pintar membaca peluang, maka dapat dipastikan bahwa perusahaanmu akan tetap eksis dan diterima oleh masyarakat.

4. Threats

unsur threats analisis swot

Terakhir ada Threats atau ancaman. Unsur ini merupakan ancaman-ancaman yang ke depannya mungkin dihadapi oleh perusahaan atau organisasi. Ancaman yang dimaksud di sini adalah hal-hal yang dapat menghambat laju perkembangan perusahaan tersebut.

Kamu harus bisa melihat ancaman apa saja yang mungkin bisa merobohkan pertahanan perusahaan. Sehingga unsur yang satu ini harus diperhatikan secara jeli dan hati-hati.

Beberapa hal yang harus dilihat antara lain adalah ketersediaan sumber daya, jumlah pesaing, kinerja pesaing, minat konsumen, dan juga kekuatan finansial perusahaanmu.

Berdasarkan empat unsur di atas, maka analisis SWOT perusahaan dapat dibagi menjadi dua faktor. Faktor yang pertama adalah faktor internal adalah faktor dari dalam perusahaan atau organisasi yang meliputi Strength dan Weakness.

Sedangkan faktor yang kedua adalah faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar perusahaan atau organisasi, yaitu Opportunities dan Threats. Jadi, dalam menganalisis dua unsur ini kita harus berfokus mengamati pasar dan pesaing kita

Contoh Analisis SWOT

Jika kamu merupakan pemilik usaha yang sedang ingin belajar analisis SWOT, maka kamu harus memahami pengertian dan unsur-unsur SWOT yang telah disampaikan di atas. Setelah memahaminya, kamu pasti akan lebih siap untuk memulai analisis SWOT sendiri.

Untuk memberikan gambaran dan pemahaman yang lebih jelas, maka pastinya kamu memerlukan contoh dari hasil analisis SWOT perusahaan.

Karena analisis ini dapat diaplikasikan di berbagai bidang usaha, maka contoh di bawah ini diharap dapat membantumu lebih mudah membuat analisis SWOT.

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan

contoh analisis swot usaha makanan

1. Strenght

Apa saja kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh usaha makanan milikmu?

  • Bahan masakan yang digunakan adalah bahan yang berkualitas.
  • Terdapat banyak menu yang dipasarkan dengan berbagai macam varian rasa yang unik.
  • Rumah makan dibuat dengan konsep minimalis di dekat danau yang segar sehingga membuat pengunjung merasa lebih nyaman.
  • Rumah makan telah memiliki cabang di beberapa kota besar yang ada di Jabodetabek.
  • Dengan kualitas bahan yang baik, makanan tetap dijual dengan harga yang terjangkau.
  • Setiap hari Jumat memberikan gratis segelas es teh untuk setiap pembelian.
  • Pembeli yang berulang tahun di hari tersebut akan diberikan gratis makan dan minum dengan nominal maksimal Rp 50.000 dengan syarat menunjukkan KTP.
  • Dapat dibeli melalui aplikasi ojek online.

2. Weakness

Apa saja yang menjadi kelemahan dari usaha makan milikmu?

  • Diperlukan modal yang besar untuk penyediaan bahan, sewa lahan, dan pengadaan promo.
  • Kesulitan mencari pegawai yang sesuai dengan standar sehingga jumlah pegawai masih terbatas.
  • Cuaca yang tidak menentu sangat mempengaruhi ketersediaan bahan makanan.
  • Kiriman bahan makanan sering telat karena jumlahnya terbatas.

3. Opportunities

Peluang apa saja yang dapat kamu lihat untuk perkembangan bisnis?

  • Masyarakat zaman sekarang lebih suka membeli makanan jadi daripada memasak sendiri.
  • Rumah makan sering dijadikan anak muda untuk tempat nongkrong atau mengerjakan tugas.
  • Media sosial membuat rumah makan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

4. Threats

Apa ancaman yang akan membuat usaha makanan kamu tidak berkembang?

  • Banyak ditemui rumah makan serupa di wilayah yang sama.
  • Harga yang ditawarkan oleh pesaing relatif lebih murah.
  • Harga bahan masakan tidak stabil dan sangat mungkin mengalami kenaikan.

Contoh Analisis SWOT Perusahaan

contoh analisis swot perusahaan

1. Strength

Apa saja kekuatan atau kelebihan yang dimiliki oleh perusahaanmu?

  • Mendapat sejumlah penghargaan terkait kualitas produk.
  • Memiliki citra brand yang baik di kalangan masyarakat.
  • Produk yang ditawarkan sesuai dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat zaman sekarang.
  • Produksi dilakukan dengan mesin berteknologi canggih.
  • Memiliki produk yang bervariasi.
  • Memiliki relasi yang baik dengan perusahaan lain sehingga memudahkan kerja sama.

2. Weakness

Apa saja yang menjadi kelemahan dari perusahaanmu?

  • Kesulitan menemukan tenaga kerja atau pegawai yang sesuai dengan kriteria perusahaan.
  • Kerap kesulitan bahan baku karena keterbatasan jumlah bahan yang berkualitas.
  • Memerlukan modal yang sangat tinggi untuk promosi produk.
  • Kinerja pegawai mulai menurun sementara permintaan pasar tetap tinggi.

3. Opportunities

Peluang apa saja yang dapat mengembangkan perusahaanmu?

  • Kemajuan teknologi dan informasi membuat produk lebih cepat dikenal oleh masyarakat.
  • Harga yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing cenderung lebih mahal.

4. Threats

Apa ancaman yang akan membuat perusahaanmu kalah dengan pesaing?

  • Harga bahan baku terkadang mengalami peningkatan yang sangat drastis.
  • Pesaing terus mengembangkan produknya agar dapat menyaingi produk perusahaan.

Leave a Reply