Android Developer

Android Developer adalah salah satu profesi yang paling populer di bidang IT. Dimana profesi ini langsung berhubungan dengan pengembangan aplikasi berbasis mobile. Seperti yang diketahui penggunaan perangkat seluler semakin hari semakin meningkat.

Apalagi perangkat seluler berbasis mobile lebih mudah digunakan dan dibawa ke mana saja. Selain itu perangkat ini juga ditunjang dengan berbagai fitur pendukung yang canggih seperti aplikasi, kamera hingga fitur hiburan lainnya.

Memiliki karier sebagai android developer mungkin menjadi sebuah impian tersendiri, khususnya bagi kamu yang tertarik dengan dunia IT. Oleh karena itu, untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai Android developer, sebaiknya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Android Developer?

Mungkin bagi sebagian besar orang istilah ngoding atau membuat program masih sangat awam di telinga.

Perlu kamu pahami jika ngoding merupakan pekerjaan membuat kode program atau menuliskan baris kode suatu program.

Sedangkan android developer merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan membangun perangkat lunak berbasis mobile, menggunakan sistem operasi android. Dimana android sendiri merupakan sistem yang dikeluarkan oleh Google untuk smartphone, tablet, tv, dll.

Umumnya android developer bertanggung jawab dalam membangun aplikasi yang akan dikembangkan pada perangkat android di berbagai tipe atau jenis smartphone.

Untuk perangkat dengan sistem operasi android harus diberikan perhatian khusus atas kompatibilitas aplikasi dengan beberapa versi android dan jenis perangkatnya.

alasan menjadi android developer

Alasan Memilih Menjadi Android Developer

Perlu kamu ketahui ternyata berbagai jenis pekerjaan di bidang IT merupakan hal yang sangat menjanjikan.

Pasalnya saat ini merupakan era teknologi tanpa batas, jadi secara otomatis setiap hari bersinggungan dengan teknologi.

Menjadi seorang android developer merupakan profesi di bidang IT yang paling banyak diminati. Sebenarnya apa sih alasannya memilih menjadi android developer?

Berikut beberapa alasan memilih menjadi android developer yang wajib kamu ketahui.

1. Fleksibilitas Pekerjaan

Alasan pertama menjadi android developer adalah fleksibilitas pekerjaan, jadi kamu tidak akan terikat oleh waktu.

Dimana kamu bisa menjadi pegawai di sebuah perusahaan dan juga bisa menjadi seorang android developer yang bekerja mandiri dari rumah.

2. Penghasilan Besar

Selanjutnya alasan kedua menjadi android developer adalah memiliki penghasilan besar.

Hal ini disebabkan penghasilanmu tergantung dengan minat konsumen terhadap aplikasi buatanmu dan seberapa banyak aplikasi yang sudah dipasarkan.

3. Besarnya Kebutuhan Pasar

Untuk keuntungan terakhir menjadi android developer adalah besarnya kebutuhan pasar terhadap kebutuhan aplikasi.

Dengan mayoritas masyarakat dunia yang memilih android untuk meningkatkan produktivitasnya dalam beraktivitas sehari-hari.

gaji android developer

Berapa Gaji Android Developer?

Sebelum memutuskan menjadi seorang android developer, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa gaji yang bisa kamu dapatkan setiap bulannya.

Dimana tingkatan paling awal adalah pemula yang bisa mendapatkan gaji setiap bulannya sebesar Rp 5-10 juta.

Untuk gaji android developer pada tingkat aplikasi junior yang sedikit diatas dari level pemula yaitu sekitar US$ 66.800 atau setara Rp80,2 juta.

Sedangkan gaji android developer pada aplikasi level senior atau tingkatan tertinggi bisa menghasilkan sekitar US$90 hingga US$7.500 atau setara Rp108 juta.

Pada umumnya gaji seorang android developer tergantung pada tingkatannya. Selain itu juga tergantung pada pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap android developer.

tugas tanggungjawab android developer

Tugas dan Tanggung Jawab Android Developer

Setelah mengetahui besaran gaji yang diperoleh seorang android developer pastinya sangat menggiurkan bukan?

Namun terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab seorang android developer yang wajib diketahui.

  • Dapat merancang dan mendesain sebuah aplikasi, mulai dari tampilan awal aplikasi hingga proses perilisan aplikasi kepada customer. Selain itu kamu juga harus bertanggung jawab terkait pengerjaan software yang dilakukan.
  • Bekerja secara kolaborasi dengan tim guna mengembangkan produk aplikasi mobile dengan hasil yang terbaik, pastinya membutuhkan sumber cukup besar. Maka perlu adanya kerja sama antar android developer, agar proses pengerjaan dapat dilakukan lebih cepat dan maksimal.
  • Mampu mengatasi berbagai kesalahan pada aplikasi. Selain itu kamu juga harus bisa menerapkan konsep penggunaan sumber data eksternal dan API.

Bahkan seorang android developer harus memiliki konsep, ide dan terobosan terbaru mengenai pengembangan perangkat lunak.

Dimana setiap aplikasi berbasis android pastinya mengalami perubahan, baik dari penampilan, fitur hingga konten yang disajikan.

skill keahlian android developer

Skill Keahlian yang Harus Dimiliki Android Developer

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab yang dibutuhkan sebagai android developer. Maka kamu juga perlu mengetahui apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi android developer.

  • Dapat memahami dan menguasai tools, dan bahasa pemrograman android dengan baik. Untuk mengembangkan aplikasi Android terdapat beberapa tools yang digunakan, diantaranya android studio, eclipse dan sebagainya.
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja menggunakan API
  • Mampu bekerja secara remote, sebab berbagai pekerjaan di dunia IT tidak terdapat tempat dan waktu. Sehingga kamu wajib menguasai REST dan JSON agar dapat bekerja secara remote.
  • Mempunyai kesiapan untuk bekerja pada pengembangan aplikasi android.
  • Pastikan jika kamu sudah mengetahui penggunaan dari android SDK. Biasanya digunakan untuk menampilkan sebuah kode program menggunakan bahasa Java maupun kotlin.
  • Memiliki pengetahuan mengenai arsitektur, kerangka kerja atau framework dan trend terbaru.
  • Untuk skill terakhir yang wajib kamu miliki adalah harus menguasai trend dan perkembangan dunia teknologi. Agar tampilan user interface dan user experience yang dihasilkan lebih maksimal.

karir android developer

Apa Saja Karir yang Ada di Android Developer?

Untuk karir android developer sendiri yang bisa kamu pilih sebenarnya sangat banyak, diantaranya:

  • Mobile Architect,
  • Android Engineer Mobile App Developer,
  • Mobile Lead Software Engineer,
  • Android Mobile DeveloperMobile Developer,
  • Mobile Embedded Software Engineer dan sebagainya.

Itu tadi ulasan mengenai android developer yang merupakan salah satu profesi paling populer di bidang IT.

Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam menentukan peluang pekerjaan di zaman modern ini, selamat mencoba.

Leave a Reply