Apa itu Business Development?

Business development sering dikenal sebagai marketing development, padahal keduanya berbeda. Business memiliki peran untuk menganalisa peluang yang potensial untuk kemajuan bisnis perusahaan.

Peran business development sendiri merupakan pengembang bisnis dengan cara memutar keuangan baru untuk terciptanya bisnis baru yang bisa ramai dipasaran. Setelah ide yang tertuang maka yang melakukan penjualan adalah bagian marketing.

Untuk lebih lengkapnya tentang business development silahkan kamu baca pada paragraf selanjutnya.

Apa Itu Business Development?

Business development merupakan orang yang bertanggung jawab atas berkembangnya perusahaan. Business bertanggung jawab untuk bisa mencari cara supaya interaksi antara pelanggan, pasar dan relasi bisnis bisa terus berjalan.

Orang yang menjadi business development tidak hanya mencari keuntungan sebanyak-banyaknya tapi juga memikirkan bagaimana supaya perusahaan tetap berdiri dan berkembang.

Business development memikirkan strategi yang telah jangka panjang untuk menyelamatkan perusahaan dari hal yang tidak diinginkan. Bisa juga dikatakan bahwa business ingin memutar uang secara terus-menerus agar perusahaan bisa untung.

Perbedaan Business Development dan Marketing Development

perbedaan business marketing development

Marketing development dan business development adalah dua divisi yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bisa mendapatka keuntungan dan juga menjadi tuang untuk berkembanganya perushaan.

Kedua divisi tersebut pada umumnya dianggap sama, padahal keduanya memiliki peran dan tugas yang berbeda.

1. Marketing development

Marketing development bertugas untuk membuat strategi pemasaran perusahaan. Strategi tersebut memiliki fungsi untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, memperoleh keuntungan dan peningkatan penjualan.

Strategi pemaafan tersebut dapat bertujuan untuk mencapai tujuan dari pemasaran perusahaan. Marketing juga harus bisa mengetahui kondisi lingkungan baik eksternal maupun internal.

Tugas marketing

  • Perencanaan pemasaran produk
  • Penetapan harga produk
  • Perencanaan promosi produk
  • Perencanaan proses distribusi

2. Business development

Business development memiliki peran untuk menganalisis adanya peluang pertumbuhan bisnis yang potensial pada lingkungan. Selain itu mengontrol dan mendukung adanya peluang pertumbuhan bisnis.

Development terus mealkukan pengembangan ketika proses marketing sedang dijalankan. Jadi keduanya saling bekerja sama untuk memajukan perusahaan.

Tugasnya yaitu melakukan evaluasi proposal bisnis dan meninjau potensi dan proses pada masa yang akan datang atau jangka panjang.

Serakah bisnis terbentuk maka business development akan melakukan pengembangan bisnis dan menciptakan bisnis yang baru. Ketika sudah terbentuk bisnis pada masa akan datang maka business harus mengetahui potensi dan keuntungan.

Untuk menjadikan bisnis batu tersebut lebih potensial maka diperlukan adanya marketing, finance, pengetahuan manajemen dan customer service. Saling bekerjasama untuk menentukan apakah bisnis baru tersebut layak dilanjutkan.

Apa Itu Business Development Officer? Apa Kerjaannya?

kerjaan business development officer

Business development officer adalah bagian dalam business development yang memiliki tanggung jawab sebagai berikut

  • Menyusun strategi jangka panjang dan menyusun target
  • Membangun hubungan baik dengan pelanggan
  • Mengevaluasi dan menganalisis peluang bisnis baru
  • Melakukan negosiasi bisnis
  • Memonitoring perkembangan pasar

Business development menjadi senior dari bagian penjualan. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa business development officer ini bagain oengebangan produ.

Setelah ada produk baru maka akan dikaji ulang bersama divisi lainnya apakah bisnis yang dicetuskan oleh business development sesuai dengan pasaran atau tidak.

Jika sudah disepakati maka yang melakukan penjualan pada bagian marketing development. Dengan demikian antara development dan marketing saling berkaitan.

Berapa Gaji Business Development?

gaji business development

Adapun gaji bagi business development yaitu 72 juta per tahun. Untuk awal posisi menjadi business development mungkin akan digaji sebanyak 18 juta pertahun.

Sedangkan untuk business development yang sudah berpengalaman dapat mencapai gaji sebesar 122 juta per tahun. Jadi gaji setiap perusahaan memang ditentukan dari pengalam yang pernah dialami.

Begitu juga dengan business development yang berpengalaman tentunya akan memberikan kebijakan yang berbeda dari yang belum berpengalaman. Jadi gajinya jika sesuai dengan usaha yang dilakukan.

Unsur-unsur Business Development

unsur business development

Berikut ini adalah elemen-elemen di BD:

1. Research development

Untuk bisa menghasilkan output research perlu adanya pengembangan dan analisis riset terlebih dahulu. Nah, research ini nantinya akan mencari cara batu untuk tantangan bisnis yang lebih maju.

2. Marketing development

Adalah kegiatan yang mencakup mulai dari program penjualan sampai dengan promosi. Dari sini kamu akan mengetahui bahwa business development dengan marketing berbeda. Tapi saling berkaitan.

Marketing ini bertujuan untuk menganalisa produk yang dibutuhkan oleh publik dan yang sedang tren di pasaran. Selain itu juga marketing bertugas untuk membuat konsep promosi dan penjualannya.

Dari haslanalisi yag dilakukan oleh marketing development ini akan dijadikan business development gambaran penentuan produk yang akan development

3. Product development

Kualitas produk juga berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan. Untuk itu produk yang dihasilkan haruslah yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan masyarakat.

Untuk itu perlu adanya kajian khusus yang digunakan untuk bisa meningkatkan kualitas produk. Sehingga publik merasa puas dan butuh produk tersebut.

4. Management system

Adalah pokok dari business development yang nantinya akan mengatur semua pola ataupun alur bisnis perusahaan. Adanya managemet system yang Bagus dsn baik akan betepngauh terhadap pendapatan perushaan.

Jadi jika manajemen yang dilakukan terstruktur dan tersusun sedemikian sehingga dapat menjadikan perusahaan semakin maju dengan kemajuan keuntungan juga.

5. Financial support

Financial support merupakan hal terpenting yang harus ada pada perusahaan. Peechma perusahaan memiliki ide yang kreatif dan teknologi yang canggih tanpa adanya financial support.

Unyuk itu business development membutuhkan adanya hasil analisis mengenai keuangan yang ada pada perusahaan untuk bisa mengkaji lebih dalam lagi.

6. Management analysis

Adalah langkah terakhir setelah semua hasil analisis dapat dikumpulkan. Dari hasil data analisis tersebut kemudian dibantu dengan perangkat pemrograman dan akan dikaji dan dianalisis lagi untuk bisa menjadi output busana.

Selanjutnya langkah yang sudah diambil dari hasil analisis akan terbentuk kebijakan yang rasional dan akuntabel.

Keahlian yang Harus Dimiliki oleh Business Development

keahlian business development

Berikut adalah skill yang harus kamu kuasai jika ingin masuk ke BD:

1. Negosiasi

Kemampuan yang harus dimiliki oleh business development karena akan bertemu dengan investor, klien dan banyak orang. Untuk bisa mencapai target maka business harus bisa bernegosiasi.

2. Manajemen waktu

Seorang business development dapat membagi waktu dengan tepat dan tali serta terstruktur agar rencana yang dilakukan dalam pengembangan bisnis dapat berjalan lancar.

3. Bercerita

Mampu menceritakan bisnis baru yang akan diajukan untuk perusahaan dalam jangka panjang. Dapat juga dikatakan sebagai jelas ketika mempresentasikan bisnis yang sudah dikaji dan dianalisis bersama tim.

Ketika kamu menjelaskan secara jelas maka pendengar akan memahami apa yang kamu maksudkan.

4. Kemampuan berhitung

Jika kamu ingin menjadi business development Anda harus pandai jika dalam hitungan cepat. Jangan hanya mengandalkan telepon pintar.

5. Kejelasan bicara

Berbicara semua orang juga bisa yang masih harus dimiliki adalah kejelasan ketika berbicara. Maksudnya yaitu ketika memberikan informasi dengan kalimat yang tepat sehingga pendengar memahami apa yang dibicarakan.

Terkadang banyak orang yang bisa bicara tapi belum bisa berbicara secara jelas di depan publik karena kata-katanya yang berbelit-belit dan susah untuk dipahami. Untuk itu business development harus pandai dalam berbicara.

6. Pemahaman pembicaraan

Kemampuan yang harus dimiliki oleh business development untuk bisa memahami pembicaraan yang sedang dilakukan ketika meeting ataupun rapat dengan divisi lainnya.

Business development menjadi bagian dari perusahaan yang berkedudukan penting. Antara business dan marketing memiliki perbedaan tapi saling berkaitan.

Leave a Reply