Bukalapak Karir

Bukalapak karir merupakan sebuah peluang pekerjaan yang bisa kamu manfaatkan setelah lulus kuliah.

Ada banyak sekali peluang karir yang bisa kamu pilih sesuai dengan kualifikasi. Mau menjadi senior streamer programmer, O2O Business Development Specialist dll semua bisa.

Kalau kamu bingung mencari pekerjaan, maka Bukalapak bisa menjadi pilihan yang tepat. Kira-kira apa saja ya peluang karir yang cocok untuk kualifikasi yang kamu miliki dan apa saja proses rekrutmennya?

Tentang Bukalapak

Bukalapak adalah satu dari sekia perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia. Perusahaan ini didirikan oleh 3 orang yakni Achmad Zaky dan kawan-kawannya sekitar tahun 2010. Awal adanya Bukalapak sendiri adalah sebuah toko daring.

Toko ini sengaja dikembangkan untuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar bisa menjual produk bisnisnya secara online.

7 tahun berdiri, akhirnya tahun 2017, Bukalapak ini menghasilkan omset luar biasa hingga menjadi startup unicorn kebanggan Indonesia.

Proses Rekrutmen Karyawan

Kalau kamu ingin sekali menjadi bagian dari Bukalapak, maka pastikan kamu tahu prosedur dan cara melamar kerja di Bukalapak.

Untuk bisa menjadi bagian dari Bukalapak, kamu harus apply lamaran di situsnya Bukalapak. Rekrutmen online Bukalapak hampir dibuka setiap bulan tergantung kebutuhan perusahaan.

Buat kamu yang bingung dengan proses daftar kerja di Bukalapak Group, berikut adalah tahapannya :

1. Daftar Online

Untuk tahu apakah ada lowongan Bukalapak, kamu bisa kunjungi situs reminya di https://careers.bukalapak.com/. Baru setelah itu kamu bisa klik opsi “Jobs” di bagian atas halaman.

Kamu bisa ketikkan kategori karir yang kamu inginkan di kolom “Your dream job here” atau bisa juga dengan mengklik “Or find your calling”.

Setelah mengkliknya, kamu bisa melihat banyak sekali loker di Bukalapak. Pilihlah karir yang sesuai dengan kualifikasi kamu di situs tersebut dan masukkan biodata serta upload CVmu.

2. Tes Psikotest

Apabila lamaran kamu berhasil, maka biasanya akan ada email resmi Bukalapak yang memintamu untuk datang ke kantor dan melakukan psikotest.

Nah, psikotes yang diberikan biasanya berupa sinonim, silogisme, antonim, deret angka, kemampuan numerik dan sebagainya.

3. Interview

Setelah kamu lolos psikotest, maka tahap selanjutnya adalah interview. Di tahapan interview ini, kamu akan diminta mengenalkan diri menggunakan bahasa Inggris dan selanjutnya akan mendapatkan pertanyaan mengenai profilmu.

Kamu juga akan ditanya tentang alasan mengapa melamar di posisi tersebut dan berapa ekspektasi gajimu.

4. Tes Kesehatan

Jika kamu lolos di tahapan interview ini, maka langkah selanjutnya adalah tes kesehatan atau medical check up. Petugas kesehatan akan mengambil darah, melakukan rontgen, mengambil urin, dan kamu akan diminta menemui langsung dokter untuk mengambil hasil.

5. Offering Letter CSE

Ini dia tahapan yang paling ditunggu-tunggu, yakni Offering Letter CSE atau penawaran kerja. Kalau kamu sudah berhasil menaklukkan semua tahapan tes yang ada di Bukalapak dan kamu memenuhi kualifikasi, maka Bukalapak akan menawarkanmu sebuah Offering Letter CSE.

Contoh Loker Bukalapak

Sudah tahu bagaimana e recruitment Bukalapak dan tahapan-tahapannya bukan? Nah, kalau kamu sudah paham bagaimana cara melamar kerja di Bukalapak dan tahu prosedurnya, berikut adalah beberapa contoh lowongan pekerjaan yang tersedia di Bukalapak :

1. O2O Business Development Specialist

Lowongan pekerjaan ini memiliki job description seperti :

  • Membantu untuk mengelola proyek kampanye Diversifikasi Saluran Baru dengan KPI dan timeline yang jelas
  • Melacak hasil kampanye, memberikan pembelajaran kampanye, dan terus meningkatkan pelaksanaan kampanye berdasarkan pembelajaran tersebut
  • Menangani hubungan pemasok, pergudangan, dan masalah logistik
  • Bekerja dengan lintas divisi dan tim kampanye atau pemasaran agar bisa memberikan ide-ide kreatif untuk meningkatkan transaksi dan penjualan
  • Menerapkan praktik terbaik dalam jenis dan mekanisme kampanye untuk memaksimalkan hasil kampanye

Adapun kualifikasi yang dibutuhkan untuk lowongan ini adalah :

  • Sarjana dari universitas terkemuka dengan min. IPK 3.20 atau 1-3 tahun pengalaman kerja
  • Sudah memiliki pengalaman dengan pengembangan bisnis dan manajemen kampanye pemasaran.
  • Memiliki analisis yang kuat dan self-starter.
  • Memiliki pengalaman di FMCG atau konsultasi manajemen, e-commerce, atau agensi media atau memiliki passion di industri e-commerce

2. Junior Productions Assistance – Freelance

Kalau kamu sedang mencari pekerjaan yang sifatnya freelance, maka Junior Productions Assistance bisa menjadi bahan pertimbanganmu. Beberapa job description dari Junior Productions Assistance sendiri adalah :

  • Memimpin dan membuat produksi beserta jadwal berdasarkan Content Plan
  • Mempertahankan traffic production sesuai dengan timeline
  • Memastikan semua kru, peralatan, dan host mempersiapkan diri dengan baik untuk produksi
  • Menangani & bertanggung jawab pada semua kebutuhan produksi, termasuk makanan, peralatan, Kru, traffic, Host appointment dll.

Adapun persyaratan untuk melamar pekerjaan ini adalah :

  • Memiliki latar belakang atau pengalaman penyiaran
  • Pengalaman 1 tahun di posisi yang sama
  • Keterampilan manajemen yang sangat baik, komunikatif dan mampu bekerja secara individu dan dalam kelompok
  • Akrab dengan alat, sistem, dan aliran penyiaran

3. Senior Streamer Programmer

Senior Streamer Programmer adalah pekerjaan dengan jam kerja fleksibel, bebas memilih waktu kapan untuk mulai bekerja, maksimal 10.30. Pekerjaan ini bertanggung jawab sepenuhnya pada program streaming yang disiarkan langsung.

Syarat untuk mendaftar pekerjaan ini adalah berpengalaman dalam pemrograman live streaming minimal 1-2 tahun. Jika ada latar belakang multimedia maka kandidat akan lebih disukai.

4. Corporate Social Responsibility (CSR) Specialist

Spesialis CSR bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan CSR sesuai dengan strategi perusahaan, dan bertanggung jawab secara sosial. Adapun job desknya sendiri adalah :

  • Berkoordinasi dengan melapor kepada Manajer CSR Perusahaan dan mengelola alokasi anggaran.
  • Menyediakan data dan bekerja sama dengan departemen lain untuk mengumpulkannya dalam proses pelaporan.
  • Membantu dalam analisis sesuai kebutuhan.
  • Bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan internal atau eksternal utama dalam mengembangkan strategi dan program CSR
  • Membantu produksi materi untuk program CSR dan acara komunitas.

Adapun syarat yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini adalah :

  • Minimal gelar sarjana atau setara, dengan berbagai jurusan yang terkait Denganbisnis, ilmu sosial, komunikasi atau bidang terkait
  • Memiliki pengetahuan yang kuat tentang ESG
  • Memiliki keterampilan menulis dan pengembangan laporan yang baik adalah suatu keharusan

5. Risk & Data Governance

Terakhir, ada Risk & Data Governance yang bertanggung jawab untuk menerapkan, menegakkan kebijakan dan prosedur yang memastikan data digunakan serta dipelihara dengan benar.

Tanggung jawab utamanya adalah untuk melaporkan catatan yang efisien, akurat, dan memberikan manajemen informasi yang efektif. Pekerjaan ini juga bertindak sebagai penghubung antara tim kerja dan tim dukungan data.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar adalah lulusan sarjana dengan jurusan apapun asal memiliki keterampilan analisis data yang baik dan komunikatif.

Bukalapak karir membuka banyak sekali lowongan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan. Baik fulltime atau freelance, kamu bisa mencari loker Bukalapak di situsnya dan temukan beragam pekerjaan yang sesuai keinginanmu.

Leave a Reply