Cek NIP Pegawai

Cek NIP sekarang tidak perlu ribet. Kamu seorang pegawai negeri? Sekarang, untuk mengecek nomor induk pegawai atau biasa disebut NIP kamu, bisa kamu lakukan dengan sangat mudah loh. Sekaligus dapat mengecek golongan PNS kamu saat ini.

Yaps. Zaman yang bergulir menjadi serba canggih memang banyak memudahkan hal-hal kecil yang dulunya bisa sangat repot kita lakukan. Termasuk salah satunya soal pengecekan NIP dan pangkat golongan ini.

Terdapat dua cara yang bisa kamu gunakan. Pertama, kamu bisa mengeceknya di aplikasi My SAPK BKN dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu.

Jika kamu malas melakukannya, atau ponsel kamu sedang kehabisan memori penyimpanan, ada cara lain juga yang bisa kamu pakai tanpa perlu mendownload aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

Simak dengan baik ya.

Bagaimana Cara Cek NIP Lewat Aplikasi?

Cek NIP melalui aplikasi sangatlah mudah.

  1. Unduh dulu aplikasinya di Playstore (klik disini). Kamu tinggal ketikkan ‘My SAPK BKN’ di kolom pencarian Playstore, lalu akan muncul aplikasi tersebut. Tinggal kamu unduh dan tunggu sampai unduhan selesai.
    download my sapk bkn
  2. Buka aplikasi My SAPK BKN yang baru saja kamu unduh. Biasanya, aplikasi unduhan baru akan muncul di halaman depan ponsel kamu.
  3. Ketikkan di kolom username dengan menggunakan NIP baru kamu. Sedangkan passwordnya, kamu bisa menggunakan Default NIK. Lalu klik Next.
    login my sapk bkn
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul kolom permintaan captcha sebagai autentifikasi. Inputkan kode captcha yang tersedia, lalu klik Next.
  5. Selesai! Data profil PNS kamu akan langsung muncul di halaman tersebut. Selamat mencoba ya!
    NIP my sapk bkn

Bagaimana Cek NIP Lewat WEB?

Selain menggunakan aplikasi, bagi kamu yang malas mengunduh aplikasinya juga dapat melihatnya melalui pencarian browser biasa.

  1. Buka laman BKN pada link https://apps.bkn.go.id/ProfilPns/. Kamu bisa membuka laman ini di ponsel maupun PC kamu. Pastikan huruf besar kecilnya sesuai ya, karena akan berpengaruh.
  2. Inputkan NIP baru kamu tanpa spasi, lalu klik tombol Next
  3. Akan muncul kolom permintaan kode captcha. Isikan kode captcha yang tersedia. Apabila kode captcha tidak muncul, coba beralih pada aplikasi browsing lain yang kamu miliki dengan mengulang langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Selesai. Profil pegawai kamu akan muncul secara otomatis di halaman tersebut. Kamu dapat memeriksa apakah profil kamu sudah benar atau belum. Jika ada kesalahan, lakukan koreksi atas identitas kamu yang sesuai.

Selain untuk mengecek golongan PNS kamu, kamu juga bisa memastikan data diri kamu yang tercatat sudah benar atau belum. Jika masih ada kesalahan, segralah lapor ke kantor BKN untuk melakukan konfirmasi dan pembaruan.

Selain itu, cek NIP ini juga penting karena berpengaruh pada besaran gaji yang kamu peroleh. Jadi, pastikan golongan dan pangkat PNS kamu sesuai ya, agar gaji yang kamu terima juga sesuai.

Aplikasi dan browser yang disediakan oleh BKN juga didesain dengan sangat simpel dan sederhana, sehingga dapat memudahkan kamu yang mungkin tidak begitu familiar dengan internet.

Kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah tanpa bingung, meskipun baru pertama kali membuka lamannya.

Cek NIP melalui browser dan aplikasi adalah salah satu fasilitas yang disediakan BKN untuk mempermudah para PNS mengecek status PNSnya berupa golongan dan pangkat, termasuk koreksi atas data diri masing-masing PNS. Kamu jadi tidak perlu repot-repot datang ke kantor BKN hanya untuk melihat data diri kamu.

Leave a Reply