Bagaimana contoh surat pengunduran diri yang baik?
Jika Anda seorang karyawan yang berencana untuk mengundurkan diri, pastikan untuk membuat surat pengunduran diri atau resign dengan benar dan tepat.
Tujuannya yaitu agar perusahaan tempat dimana Anda bekerja sekarang ini mampu menerima keputusan Anda dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak baik.
Sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan, ada banyak sekali alasan bagi Anda untuk melakukan resign atau pengunduran diri.
Misalnya lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan skill, gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan atau adanya penawaran yang lebih menjanjikan.
Nah agar tidak salah dalam pembuatan surat resign atau pengunduran diri, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Topik Pembahasan:
Tips Membuat Surat Resign yang Baik
Sebenarnya untuk membuat surat pengunduran diri yang sopan bisa dikatakan cukup mudah.
Dalam pembuatan suratnya sendiri, hal yang paling penting untuk dipertimbangkan yaitu terkait struktur atau tatanan surat.
Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam pembuatan surat resign atau pengunduran diri.
Diantaranya yaitu:
- Buat kalimat yang langsung mengarah ke tujuan utama. Dalam hal ini Anda tidak perlu membuat kalimat-kalimat kreatif terutama pada awal surat. Melainkan Anda harus secara langsung menyatakan tujuan Anda yang ingin mengundurkan diri dari posisi yang ditempati saat ini. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal terakhir Anda bekerja dalam posisi tersebut.
- Selanjutnya hal yang tidak boleh tertinggal yaitu ucapan terima kasih kepada atasan atas kesempatan dan juga kepercayaan yang telah diberikan. Dalam bagian ini Anda juga bisa menyampaikan terima kasih atas pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga selama bekerja di perusahaan tersebut.
- Terakhir, Anda juga perlu menyatakan keinginan Anda untuk membantu proses transisi atau pemindahan tugas. Selain itu, Anda juga wajib untuk menjanjikan bahwa semua tugas ataupun tanggungjawab Anda akan diselesaikan sebelum tanggal keluar.
Format Surat Resign
Secara umum bentuk atau format dari surat resign sangatlah simpel atau sederhana hampi sama dengan contoh surat lamaran kerja dan contoh surat keterangan kerja.
Justru semakin sederhana surat Anda yang buat, maka akan semakin baik karena dianggap lebih lugas dan jelas.
Namun meski begitu jangan lupa untuk memperhatikan etika karena biasanya surat resign ini kurang disukai oleh perusahaan atau instansi mana pun.
Nah, agar tidak salah dalam membuat surat resign, berikut beberapa format surat yang harus Anda perhatikan, yaitu
- Waktu tanggal dan tempat resign (umumnya diletakkan di sebelah kanan atas)
- Nama dan alamat tujuan surat resign tersebut
- Isi pengunduran diri
- Tanda tangan sekaligus nama terang yang bersangkutan
- Materai
Tips Mengajukan Surat Resign
Tahukah Anda bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengajukan surat resign pada perusahaan
. Perlu diketahui kalau dalam surat pengunduran diri yang Anda buat tidak mencantumkan alasan yang jelas.
Maka pastikan untuk menjelaskannya pada saat menyerahkan surat tersebut.
Dengan begitu, Anda bisa meninggalkan tempat kerja dengan hubungan yang masih terjaga dengan baik.
Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengajukan surat resign atau pengunduran diri, yaitu:
1. Diskusikan dengan atasan
Perlu diketahui, sebelum Anda benar-benar mengajukan surat pengunduran diri, ada baiknya untuk mendiskusikan keinginan Anda tersebut pada atasan.
Mengapa demikian? Atasan merupakan seseorang yang selama ini bekerja bersama Anda, dia tentu lebih mengetahui bagaimana performa kerja Anda selama ini.
2. Perjelas alasan dan tujuan resign
Kalau tidak memiliki alasan yang kuat, tidak mungkin Anda ingin keluar dari pekerjaan yang digeluti saat ini.
Oleh karena itu sebelum membuat surat resign, penting sekali memperjelas apa alasan sebenarnya tujuan Anda mengundurkan diri.
Misalnya kondisi tempat kerja yang kurang nyaman atau tidak sesuai, tidak cocok dengan teman kerja, atau karena sudah mendapatkan kesempatan yang lebih baik.
Selain itu Anda juga perlu memperjelas tujuan, apa yang akan dikerjakan setelah keluar dari tempat kerja tersebut.
Apakah membantu orang tua, bekerja ditempat lain atau berencana membuka bisnis sendiri.
Apapun tujuan yang ingin di capai, pastikan Anda yakin untuk menjalaninya.
Contoh Surat Pengunduran Diri
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Muhammad Nur Azis
Tempat, tanggal lahir : Bojonegoro, 5 Juli 1995
Jabatan : Koordinator Lapangan
Secara resmi mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai koordinator lapangan terhitung sejak tanggal 21 Mei 2019. Pengunduran diri ini saja ajukan karena hendak melanjutkan studi pendidikan untuk menunjang karier ke depannya. Sebelumnya saya berterima kasih atas pengalaman dan pembelajaran yang selama diberikan ke saya. Saya mengharapkan PT Retro Advertising semakin maju dan berkembang ke depannya.
Demikian surat pengunduran atau resign ini saya buat, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih
Hormat saya
Muhammad Nur Azis
Demikian ulasan singkat tentang contoh surat pengunduran diri beserta tips membuat serta format pembuatannya.
Semoga informasi di atas membantu Anda dalam membuat surat resign yang baik dan juga benar.
Selamat mencoba.