Apa itu Headhunter?

Headhunter adalah suatu profesi yang menyediakan jasa mencari bakat serta menemukan individu yang memenuhi persyaratan untuk menempati posisi tertentu. Umumnya profesi ini dalam berkaitan dengan tenaga kerja yang professional.

Jasa ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan top professional dan juga senior eksekutif dengan keahlian tertentu. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kamu tahu di mana bisa menemukan jasa ini dan contoh pelayanannya?

Untuk itu, kamu perlu untuk mengetahui apa itu Headhunter, ciri-ciri perusahaan Headhunter dan yang lainnya. Informasi lengkapnya bisa kamu simak pada penjelasan berikut ini.

Apa Itu Headhunter?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Headhunter merupakan sebuah perusahaan, lembaga, organisasi atau perorangan yang bergerak di bidang jasa. Tugasnya adalah membantu kliennya mendapatkan orang dengan kualifikasi tertentu untuk posisi dalam perusahaan.

Pekerjaan mereka adalah merekrut dan mencari orang-orang bertalenda dan berkeahlian khusus serta professional.

Jasa ini sering digunakan untuk mendapatkan tenaga kerja pada tingkat manajemen menengah hingga senior.

Apa Perbedaan Headhunter dengan Outsoucing?

perbedaan headhunter dengan outsourcing

Selain Headhunter, apakah kamu pernah mendengar tentang Outsourcing? Outsourcing merupakan pihak ketiga dari perusahaan yang bekerja untuk merekrut dan menyalurkan tenaga kerja dengan keahlian tertentu kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Dari pengertiannya, kedua jenis perusahaan jasa Headhunter dan Outsourcing tersebut hampir sama sebagai perusahaan jasa penyedia layanan mencarikan tenaga kerja. Apa perbedaan dari keduanya?

Jika dipahami dengan cermat, perbedaannya yaitu jika outsourcing dalam melakukan pekerjaannya dilakukan dengan sistem kontrak kerja bersama kandidat. Sehingga tenaga kerja yang disalurkan kepada perusahaan yang membayar adalah outsourcing.

Bisa dikatakan, outsourcing memperkerjakan tenaga kerja ke perusahaan lain tetapi untuk tanggungjawab tetap ada pada perusahaan outsourcing tersebut.

Sedangkan untuk Headhunter, tenaga kerja yang disalurkan ke perusahaan klien tanggung jawabnya akan berpindah ke perusahaan klien.

Keuntungan Headhunter diperoleh dari bayaran yang diterima dari perusahaan klien sesuai dengan kontrak yang telah disepakati bersama.

Bagaimana Cara Kerja Headhunter?

cara kerja headhunter

  1. Pertama, perusahaan headhunter akan menganalisis pasar kebutuhan tenaga kerja apa saja yang paling banyak dibutuhkan, misalnya programmer / satpam.
  2. Setelah mendapatkan data tersebut, mereka akan mencari calon-calon tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi.
  3. Jika kriteria yang diberikan oleh client tidak masuk dalam database headhunter, maka perusahaan akan kembali mencari calon yang sesuai dengan kriteria dari client tersebut.
  4. Setelah mendapatkan calon pegawai yang sesuai kriteria, maka headhunter akan memfasilitasi proses rekrutmen dan berusaha membujuk pegawai tersebut untuk mau bekerja di perusahaan yang telah dipilihkan oleh headhunter.
  5. Jika jadi bekerja, maka headhunter akan mendapatkan fee atau bayaran sebesar 20%-30% gaji dari karyawan tersebut.

Bagaimana Ciri-Ciri Memilih Headhunter yang Terpercaya?

ciri headhunter bagus

Satu perusahaan dengan perusahaan lainnya pastinya memiliki kinerja yang berbeda, seperti juga perusahaan Headhunter.

Pekerjaannya memang mencari orang-orang bertalenta terbaik untuk dipekerjakan pada perusahaan klien, tetapi belum tentu pekerjaannya berjalan sesuai keinginan klien.

Oleh karena itu, ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa Headhunter tersebut dapat dipercaya dan bekerja sesuai dengan keinginan kamu sebagai klien.

Ciri-ciri headhunter terpercaya tersebut adalah:

  • Rekam jejak yang baik ketika melakukan pekerjaannya dan banyak direkomendasikan oleh perusahaan-perusahaan lain yang sudah pernah menggunakan jasanya.
  • Ketika melakukan recruitment tenaga kerja, headhunter memiliki portfolio perusahaan klien. Sehingga dapat menceritakan berbagai kasus dan bisa mendapatkan tenaga kerja yang cocok dengan jenis perusahaan klien.
  • Pernah menghandel dan berkerja dengan berbagai model bisnis dan industri.
  • Networking luas, yaitu dengan memiliki database kandidat-kandidat tenaga kerja yang akan direkomendasikan kepada klien.
  • Headhunter memiliki akun media sosial resmi dan official website. Akun media sosial tersebut memberikan informasi dan penghubung antara perusahaan dengan klien selain dari kantor pusat dan kantor cabang perusahaan
  • Pelayanan jasa yang dilakukan tidak pernah menawarkan layanan khusus atau meminta sejumlah uang tertentu dengan menjanjikan hal-hal tertentu. Semua klien perusahaan akan dilayani dengan pelayanan yang sama dan perusahaan akan memberikan kandidat terbaik.

Bagaimana Tips Memilih Perusahaan Headhunter?

tips memilih headhunter

Untuk mengetahui mana perusahaan Headhunter terpercaya, selain dari ciri-ciri yang disebutkan di atas terdapat beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

Beberapa tips tersebut diantaranya adalah

1. Mengenali track record perusahaan

Kamu perlu tahu apakah tenaga kerja yang pernah disalurkan kepada perusahaan sudah sesuai dan mumpuni dalam melakukan pekerjaannya di perusahaan klien atau tidak.

Track record ini juga bisa Anda dapatkan informasinya dari perusahaan-perusahaan yang sudah pernah menggunakan jasanya.

2. Mencari Headhunter yang Berkredibilitas Tinggi

Salah satu cirinya bisa dilihat ketika merekrut tenaga kerja tidak meminta pembayaran atau biaya dalam bentuk apapun.

Karena jika mereka menerima bayaran dari kandidat tenaga kerja, mereka tidak akan objektif dalam memberikan penilaian dan direkomendasikan perusahaan.

3. Memastikan Headhunter Memiliki Pengetahuan Luas

Mengapa tersebut perlu dilakukan? Karena ketika merekrut tenaga kerja, mereka akan menanyakan hal-hal atau memberikan kasus-kasus yang sesuai dengan bidang perusahaan klien.

4. Memiliki Sistem Perusahaan yang Bagus

Pekerjaan ini memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang, oleh karena itu perusahaan klien embutuhkan jasa ini. Kamu perlu menanyakan tindakan professional yang diambil dalam menguji kandidat tenaga kerja tersebut.

Contoh Perusahaan Headhunter Terpercaya di Indonesia

Perusahaan Headhunter memang bukan pekerjaan yang mudah dilakukan dan tidak semua orang bisa melakukannya. Memerlukan keahlian khusus untuk mendapatkan kandidat tenaga kerja berkualitas dan direkomendasikan untuk perusahaan.

Oleh karenanya, di Indonesia masih sedikit sekali perusahaan Headhunter yang berdiri. Beberapa Headhunter terbaik di Indonesia diantaranya ada Arcigee Indonesia, Kelly Service, Robert Walters, JAC Recruitment, Michael Page, dan masih banyak yang lainnya.

Sudah mendapat gambaran tentang perusahaan Headhunter ini? Semoga sedikit informasi di atas dapat bermanfaat serta untuk kamu yang membutuhkan jasa ini bisa langsung menghubungi pihak terkait.

Leave a Reply