Jenis-jenis Pengangguran

Jenis-jenis pengangguran sangat bervariasi. Seperti yang kita ketahui, pengangguran merupakan salah satu jenis aktivitas meskipun sama sekali tidak melakukan hal yang menghasilkan.

Tetapi tidak seharusnya menyepelekan pengangguran, karena ada banyak jenis jenis pengangguran yang justru mungkin banyak diincar.

Apa Itu Pengangguran?

Pengangguran berasal dari kata menganggur yang artinya tidak melakukan apa pun. Untuk arti dari pengangguran secara umum ialah sebutan bagi seseorang yang tidak mempunyai aktivitas yang menghasilkan / sebuah pekerjaan tetap.

Untuk makna dari pengangguran yang lebih mendalam tidak hanya sebutan bagi orang yang tidak memiliki pekerjaan. Namun berlaku juga bagi seseorang yang bekerja hanya 2 hari seminggu, orang yang mempunyai pekerjaan tetapi tidak produktif dan termasuk orang yang sedang menari pekerjaan.

Pengertian Pengangguran Menurut Ahli

Sedangkan arti dari pengangguran berdasarkan para ahli meliputi :

1. Nordhaus dan Samuelson

Pengangguran disebut juga dengan cuti masal. Hal itu juga berarti suatu hasil dari mekanisme permintaan dan penawaran, meskipun belum tentu juga pantas / wajar.

2. Nanga

Arti pengangguran yaitu sebuah kondisi dimana seorang yang termasuk ke dalam kategori golongan angkatan kerja yang tidak memiliki pekerjaan. Kondisi itu juga berlaku bagi orang yang masih aktif berusaha mencari pekerjaan.

3. Menakertrans

Pengangguran adalah seorang yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali, atau sedang mempersiapkan bisnis, sedang mencari pekerjaan serta orang yang telah psimis dan memutuskan untuk tidak berusaha mencari pekerjaan.

4. Mankiw

Pengangguran adalah sebuah kondisi perekonomian seseorang yang disebabkan oleh 2 jenis alasan secara umum. Pertama masih dalam proses / lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pencari pekerjaan yang sesuai dengan mencocokan pekerjaan dan para pekerjanya.

Alasan kedua yaitu sedang dalam kondisi kekakuan upah. Kekakuan upah ialah adanya kegagalan dalam upah saat melakukan penyesuaian hingga penawaran atas tenaga kerja yang sesuai dengan permintaan. Pada asalan ini ada 3 hal penyebab, yaitu daya tawar yang kolektif, kebijakan upah minimun dan efisiensi upah.

5. Payman J Simanjutak

Pengangguran ialah angka kerja yang belum / tidak memiliki pekerjaan sama sekali dan sedang pada masa upaya untuk mencari pekerjaan. Meskipun telah bekerja, masa kerjanya tidak lebih dari 2 hari seminggu.

Apa Saja Kriteria Pengangguran?

kriteria pengangguran

Seseorang dapat digolongkan pengangguran jika memiliki kriteria sebagai berikut ini :

  1. Tidak mempunyai pekerjaan sama sekali.
  2. Tidak bisa memenuhi kebutuhan dan hidup dalam kondisi kekurangan.
  3. Tidak mempunyai sumber pendapatan / penghasilan.
  4. Nampak ke sana – sini untuk mencari pekerjaan.
  5. Mempunyai waktu senggang yang banyak / tidak mempunyai aktivitas.
  6. Hidup masih ditopang orang tua.
  7. Kolot / terlalu berpegang teguh pada suatu ketentuan yang telah menyebutkan bahwa sebaiknya tidak bekerja, biasanya berlaku bagi perempuan.
  8. Memiliki kesulitan untuk berinteraksi dengan masyarakat.

Pengangguran Berdasar Penyebab

jenis jenis pengangguran

Jenis jenis pengangguran berdasar penyebabnya, antara lain sebagai berikut ini :

1. Structural unemployment

Pengangguran struktural ialah pengangguran yang terjadi karena tidak mampu / sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh sebuah perusahaan. Misalnya kriteria pendidikan.

Banyak orang yang lebih menginginkan untuk bekerja di sebuah office / dalam ruang. Namun sangat sulit untuk mendapatkanya karena sebagian besar memiliki kriteria tinggi.

2. Pengangguran klinikal

Pengangguran ini disebabkan adanya suatu kemunduran ekonomi dari suatu perusahaan. Jadi perusahaan itu tidak mampu untuk menampung pekerja dengan jumlah ratusan.

Biasanya ini terjadi pada sebuah perusahaan distributor / perusahaan kecil. Perusahaan ini pada umumnya selalu tertutup akan lowongan pekerjaan.

3. Pengangguran keahlian

Penyebab pengangguran ini terjadi karena tidak ada sebuah lowongan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hal ini terjadi karena memilih pendidikan di bidang kesehatan, pramugari dan lain sebagainya.

Pada pendidikan sesuai dengan keahlian itu memang menyediakan lapangan pekerjaan terbatas. Jika hendak bekerja, harus keluar dari bidang yang telah dipelajari selama ini.

Pengangguran Berdasar Sifatnya

Inilah jenis pengangguran berdasar sifatnya :

1. Pengangguran setengah menganggur

Pengangguran yang satu sebenarnya mempunyai pekerjaan dan sebuah penghasilan. Hanya saja nampak seolah menganggur seutuhnya.

Jenis pengangguran ini sering dijumpai di luar negeri. Hal ini terjadi pada pelajar / mahasiswa yang telah lulus dan sedang mencari pekerjaan tetap. Namun belum melepaskan pekerjaan freelance yang telah dia jalani semasa belajar.

2. Pengangguran terbuka

Orang yang termasuk pada pengangguran jenis ini adalah yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Ada banyak faktor yang menyebabkan pengangguran terbuka.

Salah satu penyebabnya yaitu latar belakang pendidikan dan lokasi rumah cukup terpencil yang sulit menjangkau keluar daerah untuk mencari pekerjaan. Sehingga kesempatan untuk bekerja sangat minim.

3. Pengangguran terselubung

Pada pengangguran ini sebenarnya memiliki sebuah penghasilan. Tetapi nampak seperti tidak memiliki penghasilan sama sekali. Biasanya terjadi pada bisnis keluarga.

Contohnya Pak Mamat mempunyai sebuah rumah makan kecil. Dia memiliki 2 orang karyawan. Namun dia juga memperkerjakan anaknya.

Demikian penjelasan singkat tentang jenis jenis pengangguran yang harus diketahui. Sehingga jangan menjudge orang yang terlihat menganggur. Karena mungkin dia telah mempunyai sumber penghasilan yang tidak ketahui.

Leave a Reply