Kata-Kata Perpisahan Kerja

Kata-Kata Perpisahan Kerja adalah perkataan yang digunakan seseorang untuk mengundurkan diri atau resign dari suatu pekerjaan. Pastinya kata-kata tersebut sangat berat untuk diungkapkan secara langsung dan membuat bingung.

Alasan pengunduran diri sangat bermacam-macam, ada yang diterima di perusahaan lain, ada yang tidak bisa sejalan dengan perusahaan, dan sebagainya.

Apapun alasan pengunduran diri pasti harus pamit secara baik-baik karena datang dan diterima pun dengan baik-baik. Hal itu juga bisa menghindari dari kesan buruk yang dimana akan ditulis ataupun diungkapkan secara langsung.

Berikut adalah cara dan contoh menyampaikan kata-kata perpisahan yang akan memberikan kesan baik.

Contoh Kata Perpisahan yang Mengharukan

Berikut merupakan contoh kumpulan ucapan perpisahan rekan kerja, untuk berbagai jabatan. Simak contoh dibawah ini.

1. Kata perpisahan untuk Atasan

“terimakasih atas segala hal yang sudah ada dan tercipta selama di kantor. kebaikan, Kerjasama, pertemanan, dan segala hal yang bisa dikerjakan secara bersama-sama akan selalu saya ingat dan kenang dalam hati. Mohon maaf jika saya pernah melakukan kesalahan selama saya bekerja”

2. Kata perpisahan untuk Bawahan

“dengan mengundurkan diri disini, usai sudah tugas saya untuk membimbing, melatih, dan mengenalkan kepada kalian disini. Namun kenangan manis yang sudah kita jalani bersama tidak akan pernah saya lupakan. Terimakasih dan mohon maaf jika saya sudah melakukan kesalahan yang saya sadari atau tidak sadari”

3. Kalimat perpisahan kerja kepada Rekan Kerja Dekat

“terimakasih sudah menjadi rekan kerja yang selama ini membantu dan meluangkan waktu nya bersama saya. Saya mengucapkan mohon maaf jika saya memiliki kesalahan selama ini”

4. Kalimat perpisahan untuk Rekan Kerja Tidak Dekat

“bekerja dengan kamu adalah pengalaman yang sangat berarti untukku. Terimakasih telah saling mengenal dan saling membantu satu sama lain”

5. Kata perpisahan kerja kepada Semua Rekan Kerja

“suka duka dalam kerja tim sangat membuat saya belajar sangat sekali. Senang bisa kenal dan berjumpa dengan kalian, mungkin dilain waktu bisa bertemu Kembali. Terimakasih dan mohon maaf”

Tips Sampaikan Perpisahan yang Baik dan Benar

tips menyampaikan perpisahan kepada rekan kerja

Tips ini lebih ke bagaimana cara yang baik untuk menyampaikan kata perpisahan tersebut dan disertai dengan contohnya yang mudah diikuti. Simak berikut ini.

1. Email Perpisahan

Menggunakan email tidak ada salahnya jika di masa sekarang dimana sudah memasuki WFH atau work from home.

Jika ingin benar dan memutuskan untuk mengirimkan email, sebaiknya kirim 2 hari sebelum kamu akan meninggalkan permanen perusahaan tersebut. Hal itu dikarenakan agar tidak mengejutkan seluruh pegawai maupun atasan kamu saat itu.

Kamu harus mendahulukan khususnya atasan dan rekan dekat yang selalu ada Ketika kamu bekerja. Berikan ucapan dan sampai jumpa yang baik kepada seluruh rekan kerja yang berada di kantor.

2. Pesta Kecil-Kecilan (Traktir)

Pesta atau traktir secara simple juga bisa kamu adakan di rumah saja atau di tempat santai di luar, contohnya rumah makan atau tempat kopi. Kamu bisa menyelenggarakan ini digunakan untuk refreshing dan mengobrol terakhir sebelum kamu meninggalkan mereka di kantor.

Kamu bisa memulai dengan menentukan tanggal dan tempat terlebih dahulu, selanjutnya kamu bisa membuat undangan kepada atasan atau rekan kerja kamu.

Lalu kamu bisa menyiapkan ucapan atau kata-kata yang baik untuk di sesi akhir penutupan acara tersebut. Untuk hal lainnya, mungkin kamu bisa menyiapkan dekorasi yang sesuai dengan berbagai makanan yang bisa dinikmati secara ramai-ramai.

Tidak lupa kamu harus memberitahu bahwa ada tamu kehormatan seperti atasan langsung atau manajer telah sempat hadir dalam acara tersebut

3. Sampaikan Langsung

Dengan menyampaikan secara langsung Ketika bertemu saja di kantor juga tidak ada salahnya bagi kamu. Kalau memungkinkan kamu bisa mengumpulkan mereka dalam ruangan lalu kamu mulai pidato perpisahan yang sudah kamu siapkan.

Tidak Lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada siapapun agar meninggalkan kesan yang baik untuk seluruh rekan kerja maupun atasan kamu.

Kamu juga bisa memberikan mereka souvenir atau kenangan dari kamu yang sangat spesial sebagai ucapan terimakasih. Hal itu tetap dilakukan 2 atau 3 hari sebelum kamu benar-benar meninggalkan perusahaan, agar tidak adanya yang merasa kaget dan terkejut atas kepergianmu.

Bagaimana Cara Membuat Email Perpisahan Kerja?

cara menulis email perpisahan kerja

Membuat email untuk mengirimkan kata-kata terakhir sebelum kamu akan keluar dari perusahaan juga boleh diikuti. Berikut cara yang tepat.

1. Membuat email secara personal

Kamu bisa membuat email secara personal dengan mengutamakan relasi terdekat kamu dan orang yang sangat khusus bagi kamu.

Contohnya saja rekan kerja terdekat, manajer, atasan langsung, dan senior yang ada di lingkunganmu. Dengan begitu mereka pasti akan merasa terhormat dan merasakan kedekatan bersama kamu selama ini.

2. Mengucapkan terimakasih

Mengucapkan kata terima kasih juga tidak boleh dilupakan, walaupun kamu tidak ingat apakah orang tersebut pernah membantumu atau tidak tetapi jangan lupakan terima kasih.

Kamu boleh menulis kan sedikit tentang pengalaman kamu tentang pekerjaan tersebut dan berada di kantor tersebut. Hal itu akan menjadi feedback untuk atasan atau rekan kerjamu untuk mengevaluasi dirinya sendiri.

Dengan begitu, kamu juga bisa mengekspresikan diri bahwa kamu sangat senang Ketika berada di perusahan tersebut walaupun tidak semuanya berjalan dengan sempurna. Kamu juga bisa mengungkapkan kamu sangat menikmati pekerjaan karena adanya rekan kerja.

3. Berikan informasi kontak

Kamu bisa mencantumkan informasi mengenai kontak kamu, jika kamu sudah permanen resign dari perusahaan kamu. Kamu bisa memasukkan email aktif atau nomor handphone agar kamu bisa tetap bersilaturahmi dengan mereka dan tetap menjalin jejaring atau relasi yang terjaga.

4. Buat kata dengan singkat, padat, dan jelas

Kamu harus mengisi email kamu dengan kata-kata yang singkat saja dalam beberapa paragraf. Yang pastinya kamu harus mengucapkan terimakasih dan informasi kontak tersebut.

5. Buat menjadi positif

Kalimat yang positif tentunya kalimat yang sangat menyentuh para atasan atau rekan kerja kamu selama ini. Jangan membuat kata-kata yang sekiranya akan menghasilkan kesan yang buruk pada ucapan Kata-Kata Perpisahan Kerja tersebut.

Berikut merupakan penjelasan, tips, dan contoh terkait Kata-Kata Perpisahan Kerja. Untuk kamu yang akan melakukan hal ini, sebaiknya kamu mengucapkan kata-kata tersebut dengan baik agar meninggalkan kesan yang baik kepada seluruh rekan atau atasan di perusahaan. Semoga membantu!

Leave a Reply