Apa Itu KPI?

KPI adalah parameter yang digunakan untuk menilai apakah tujuan sebuah perusahaan atau organisasi bisa tercapai berdasarkan indikator tertentu.

Indikator atau kunci ini fokus pada penetapan dasar analitis untuk membantu pengambilan keputusan yang dianggap paling penting.

Key Performance Indicators atau KPI digunakan sebagai parameter pengukuran kuantitatif pada hal yang cenderung sulit dinilai.

Contoh sederhana saja yaitu penilaian kualitas kepemimpinan atau kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, setiap perusahaan mempunyai indikator penilaian yang berbeda berdasarkan strategi, prioritas dan kriteria performa perusahaan.

Apa Itu Key Performance Indicators?

Key Performance Indicators atau KPI merupakan bagian ilmu manajemen berupa sekumpulan parameter yang berperan penting dalam menilai tingkat keefektifan dan performa perusahaan dalam mencapai kepentingan perusahaan.

Secara sederhana, KPI membantu pihak manajemen untuk melihat seberapa baik perkembangan perusahaan yang telah dicapai.

Penilaian akan diambil dari unit kerja, proyek kerja, departemen, hingga individu, apakah sudah berjalan sesuai dengan harapan atau perlu peningkatan.

pengertian kpi menurut ahli

Pengertian Key Performance Indicators Menurut Ahli

1. GabčanováIveta

Key Performance Indicator merupakan suatu penilaian yang bersifat kuantitatif dan bertahap bagi perusahaan yang mempunyai beragam penilaian berdasarkan data konkret yang dijadikan sebagai titik awal dalam menentukan tujuan dan menyusun strategi perusahaan.

2. Jacques Warren

Key Performance Indicator merupakan suatu estimasi untuk mengukur suatu perusahaan dalam menjalankan visi yang substansial. Visi substansial ini mengacu pada bagaimana suatu perusahaan bisa menciptakan strategi yang terhubung secara interaktif dan menyeluruh.

3. David Parmenter

Key Performance Indicator merupakan suatu alat ukur yang paling vital untuk kesuksesan suatu perusahaan pada masa sekarang dan masa depan.

4. JyotiBanerjee dan Cristina Bueti

Key Performance Indicator merupakan suatu penilaian berskala dan bersifat kuantitatif yang digunakan sebagai evaluasi kinerja perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Indikator kinerja utama juga digunakan untuk menentukan objektivitas pengukuran, meninjau tren dan pengambilan kebijakan bagi perusahaan.

jenis jenis kpi

Jenis-Jenis Key Performance Indicators

Pada dasarnya, Key Performance Indicator terbagi dalam dua jenis yaitu KPI Financial dan KPI Non-Financial.

1. Key Performance Indicators Finansial

KPI Finansial adalah suatu jenis indikator kinerja utama yang berkaitan dengan bidang keuangan. Berikut adalah beberapa contoh KPI Finansial:

  • KPI Laba Kotor atau Gross Profit, yaitu suatu indikator yang digunakan untuk mengukur jumlah uang yang tersisa dari pendapatan setelah dikurangi HPP atau Harga Pokok Penjualan.
  • KPI Laba Bersih atau Net Profit, yaitu suatu indikator yang digunakan untuk mengukur jumlah uang yang tersisa dari pendapatan setelah dikurangi HPP atau Harga Pokok Penjualan dan biaya bunga dan pajak.
  • KPI Marjin Laba Kotor atau Gross Profit Margin, yaitu suatu indikator yang digunakan untuk mengukur nilai persentase yang didapat perusahaan dengan mengurangi laba kotor dengan pendapatan.
  • KPI Marjin Laba Bersih atau Net Profit Margin, yaitu suatu indikator yang digunakan untuk mengukur nilai persentase yang didapat perusahaan dengan membagi laba bersih berdasarkan pendapatan perusahaan.
  • KPI Rasio Lancar atau CurrentRatio, yaitu suatu indikator yang digunakan untuk mengukur neraca likuiditas pada keuangan dengan membagi aktiva lancar (current assets) dengan kewajiban lancar(current liabilities).

2. Key Performance Indicators Non Finansial

KPI Non Finansial adalah suatu jenis indikator kinerja utama yang secara tidak langsung mampu mempengaruhi keuangan suatu perusahaan. Namun, juga bisa berpengaruh pada kinerja suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa hal yang tergolong dalam KPI non-finansial:

  • Tingkat perputaran tenaga kerja atau ManpowerTurnover
  • Matrik kepuasan pelanggan baru atau Customer Satisfaction Metrics
  • Rasio pelanggan berulang terhadap pelanggan baru atau Repeat Customer to New Customer Ratio
  • Pangsa pasar atau Market Share

karakteristik kpi

Apa Saja Karakteristik dalam Key Performance Indicators?

Untuk mendapatkan KPI yang sesuai dengan situasi perusahaan dan efektif diterapkan, ada beberapa karakteristik yang wajib diperhatikan. Berikut adalah beberapa karakteristik yang harus dipenuhi pada sebuah KPI:

  • Mampu meningkatkan pencapaian sesuai target yang sudah ditentukan sebelumnya dan bisa dilakukan pembuktian secara objektif.
  • Mampu memberikan informasi penting atau hal-hal esensial ketika proses pengambilan keputusan yang harus dipertimbangkan secara detail.
  • Mampu menunjukkan setiap progres dan perubahan yang berjalan menggunakan data pembanding.
  • Mampu menilai keefektifan, efisiensi, ketepatan waktu, pengaturan, perilaku, kepatuhan, kualitas, performa proyek, performa anggota, ekonomi, hingga pemanfaatan sumber daya.
  • Mampu menjalankan leading dan lagging indicator secara maksimal untuk memberikan gambaran dan perkembangan pencapaian target.

faktor kpi

Apa Saja Faktor-Faktor dalam Key Performance Indicators?

Misalkan kamu ditugaskan menyusun Key Performance Indicator pastikan tidak menjadikan indikator kinerja dari perusahaan lain sebagai acuan.

Berikut adalah sedikit penjelasan kelima poin harus diterapkan dalam penyusunan KPI:

  • Specific, artinya dalam penyusunan indikator harus mencakup materi yang detail untuk menentukan tujuan dan mudah dipahami oleh bidang atau departemen lain dalam perusahaan.
  • Measurable, artinya dalam penyusunan indikator harus memenuhi standar pengukuran yang benar dari sisi kualitatif dan kuantitatif.
  • Achievable atau Attainable, artinya dalam penyusunan indikator harus membantu dalam hal yang bisa dicapai dan dapat bermanfaat dalam pengambilan keputusan.
  • Relevant atau Realistic, artinya dalam penyusunan indikator harus sudah sesuai dengan bidang masing-masing yang berorientasi pada hasil, sehingga tidak akan terjadi kesalahan komunikasi dengan apa yang dimaksudkan.
  • Timely atau Time-Bound, artinya dalam penyusunan indikator pasti membutuhkan periode waktu tertentu hingga indikator tercapai secara keseluruhan.

unsur unsur kpi

Ada Berapa Unsur-Unsur Key Performance Indicators?

Dalam penyusunan sebuah key performance indicator, selain harus mencakup lima poin utama juga harus memerhatikan lima unsur penting di dalamnya. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kelima unsur tersebut:

  • Input, dalam sebuah indikator harus ada jumlah sumber daya yang digunakan meliputi jenis, kuantitas, dan kualitas sumber daya untuk mencapai target.
  • Proses, dalam sebuah indikator harus ada aktivitas yang dijalankan dan dicapai secara konsisten, efisien, dan efektif.
  • Output, dalam sebuah indikator harus ada hasil yang dikeluarkan sebagai pengukuran setiap kinerja yang sudah dilakukan menggunakan sumber daya.
  • Dampak, dalam sebuah indikator harus ada peningkatan, perubahan dan penambahan dari hasil akhir yang dicapai.
  • Proyek, dalam sebuah indikator harus fokus pada keadaan dan perkembangan proyek yang berlangsung.

kesalahan membuat kpi

Kesalahan Membuat Key Performance Indicators

Namun, perlu kamu tahu juga bahwa dalam menentukan indikator terdapat kendala yang menjadi hambatan berjalannya proses Key Performance Indicator.

Berikut adalah penjelasan permasalahan yang sering terjadi dan bisa menghambat dalam penerapan KPI:

  • Tidak jelas antara keberhasilan berdasarkan performa dan sisi keuangan perusahaan karena tidak objektif, sehingga sulit mencapai target.
  • Perbedaan kepentingan. Setiap divisi pada perusahaan memiliki Indikator masing-masing. Kesalahan yang sering terjadi yaitu kurang adanya kerja sama antar divisi.
  • Conflict of interest. Adanya konflik kepentingan yang mana lebih menempatkan kepentingan pribadi di atas kepentingan bersama. Hal ini merugikan perusahaan karena masalah kepercayaan individu dan bisnis.
  • Sistem yang kurang mendukung. Adanya dukungan sistem yang bagus dalam proses mengukur laporan kinerja yang akurat. Namun, jika sistem kurang baik tentu pengawasan dan pertanggungjawaban tidak akan seimbang.

cara implementasi kpi

Bagaimana Cara Implementasi Key Performance Indicators?

Dalam penerapan key performance indicator ke dalam aktivitas operasional perusahaan, terdapat langkah-langkah yang harus diterapkan. Berikut adalah kelima langkah tersebut:

  • Tentukan bidang kinerja pada perusahaan yang akan diukur.
  • Tetapkan target spesifik untuk mengukur kinerja.
  • Bandingkan kinerja saat ini dengan target yang susah ditentukan.
  • Tinjau perubahan kinerja selama proses implementasi.
  • Tetapkan interval pengukuran kinerja secara berkala untuk meninjau keefektifan indikator.

Dengan adanya KPI atau Key Performance indicator, kamu dapat mengukur kinerja perusahaan yang telah dicapai dengan maksimal.

Namun untuk memaksimalkan hasil pengukuran kamu dapat menggunakan software tambahan yang bisa membantu mengoptimalkan pembuatan laporan.

Dengan begitu pekerjaan jauh lebih mudah dan kesalahan dapat dikurangi.

Leave a Reply