Profesi Staff Data Entry

Data Entry adalah jenis pekerjaan yang ada di perusahaan dengan beban tugas mulai dari pemroses data secara elektronik, pengetikan data, pengolahan data hingga transkrip data tersebut.

Pekerjaan ini biasa terdapat pada usaha-usaha di bidang industri, seperti pada perusahaan ritel, transportasi, kesehatan, atau perusahaan-perusahaan keuangan.

Penjelasan tentang pekerjaan data entry ini sangat banyak. Lebih lengkapnya, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi tentang pekerjaan ini pada penjelasan singkat berikut ini.

Apa Itu Staff Data Entry?

Pekerjaan sebagai Staff Data Entry cukup banyak diminati di Indonesia. Sebenarnya apa sih pekerjaan yang dilakukan oleh staff ini?

Staff Data Entry adalah sebuah pekerjaan yang mencakup serangkaian proses pemasukan data hingga mentranskrip data. Data-data ini didapatkan dari berbagai sumber dengan pengerjaan melalui sistem komputerisasi.

Data-data yang dimasukkan ini harus dituliskan secara rinci dan perlu dibedakan mana data-data yang bersifat rahasia.

Karena hal inilah, untuk menjadi seorang Data Entry harus memiliki integritas tinggi dan dapat dipercaya.

Berapa Gaji Menjadi Data Entry?

gaji data entry

Tujuan seseorang bekerja pastinya adalah gaji atau upah yang akan didapatkannya sebagai timbal balik atas pekerjaan yang dilakukan.

Mencari pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi menjadi keinginan banyak orang. Tetapi gaji tinggi harus disertai juga dengan kemampuan atau skill yang dimilikinya untuk bekerja.

Data Entry adalah salah satu pekerjaan yang dituntut untuk menguasai beberapa skill tertentu untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya. Jadi tidak heran jika pekerjaan ini akan menghasilkan gaji yang tinggi.

Berapakah gaji seorang staff data entry? Untuk saat ini, gaji yang bisa diterima oleh seorang data entry berkisar antara 2 juta hingga 3.6 juta per bulannya.

Gaji ini sudah sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya yang membutuhkan penguasaan skill tertentu. Tetapi gaji ini disesuaikan juga dengan kebijakan yang dibuat oleh perusahaan.

Apa Tanggung Jawab Data Entry?

tanggungjawab data entry

Semua jenis pekerjaan pastinya memiliki tanggung jawab masing-masing sesuai dengan yang ditetapkan, tidak terkecuali dengan pekerjaan sebagai Data Entry.

1. Mengumpulkan dan menyiapkan data

Beberapa tanggung jawab yang perlu kamu penuhi sebagai seorang staff Data Entry diantaranya adalah mengumpulkan dan menyiapkan data-data yang akan dimasukkan ke dalam komputer.

Tidak semua data ini dimasukkan, tetapi hanya data-data yang dibutuhkan saja.

2. Memasukkan data

Setelah data-data dipilih atau diseleksi, tanggung jawab Data Entry selanjutnya adalah memasukkan data tersebut ke dalam database perusahaan.

Dalam memasukkan data, kamu harus teliti sehingga tidak akan terjadi kesalahan dalam pemasukan data.

Ketelitian ini sangat dibutuhkan untuk memastikan keakuratan data yang kamu masukkan ke dalam database. Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, kamu harus memeriksa database tersebut untuk memastikan data sudah benar.

Jika terdapat perbedaan informasi dari data yang kamu peroleh atau data tersebut tidak lengkap, tugas staff data entry adalah menyelesaikan masalah tersebut.

Pengelolaan dokumen yang baik seperti ini benar-benar diperlukan. Pencatatan yang kamu lakukan juga harus tertata dengan baik dan rapi.

Hal ini akan memudahkan dalam menemukan poin-poin penting atau juga memahami berbagai data yang telah dicatat.

3. Membuat data cadangan

Kamu juga perlu untuk membuat data cadangan terkait data yang telah dimasukkan tadi sebagai bagian dari rencana kontingensi perusahaan. Rencana kontingensi ini merupakan pengendalian dalam manajemen risiko.

4. Handle request data dari berbagai pihak

Staff Data Entry bertanggung jawab untuk menanggapi setiap permintaan informasi dari anggota yang berwenang.

Kamu perlu untuk memahami mana pihak manajemen atau lainnya yang berhak mengetahui data-data tersebut, karena tidak sebarang pihak yang boleh tahu.

5. Pengujian sistem database

Pengujian pada sistem database baru milik perusahaan juga menjadi tanggung jawab staff ini.

Selain pengujiannya, pembaruan terhadap perangkat lunak yang digunakan termasuk juga dalam tanggung jawabnya.

6. Menjamin laporan relevan

Dalam pengelolaan data ini, staff data entry bertanggung jawab dalam menjamin bahwa laporan yang disiapkan adalah laporan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selanjutnya, staff bertanggung jawab dalam menerima dan memroses semua invoice pembayaran maupun pembaruan rincian invoice milik perusahaan.

Untuk memastikan semua data dalam laporan benar adanya, identifikasi dan koreksi kesalahan dilakukan dengan kualitas metode pengelolaan yang sesuai

Skill Apa Saja yang Dibutuhkan Data Entry?

keahlian data entry

Seperti yang telah diketahui, Data Entry bekerja dalam mengerjakan serangkaian pekerjaan dengan skill khusus yang harus dimiliki.

Beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi staaf ini diantaranya adalah

1. Skill pengoperasian komputer

Skill ini sangat diperlukan karena pengelolaan data dilakukan dengan sistem komputerisasi, yang mana skill dalam menggunakan atau mengoperasikan komputer sangat dibutuhkan.

Software yang perlu dikuasai seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan cara-cara menggunakan printer maupun scanner.

2. Skill Berbahasa

Bahasa menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat berpengaruh. Dalam hal ini, kemampuan berbahasa juga diperlukan untuk memudahkan kamu dalam membaca, menulis dan mengoreksi data.

3. Skill mengetik cepat

Keterampilan ini dibutuhkan untuk memudahkan kamu dalam memasukkan data dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang singkat.

Tidak hanya cepat, kecermatan dalam penulisan juga harus diperhatikan untuk menghindari kesalahan.

4. Skill komunikasi

Skill komunikasi ini dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan apapun. Dalam profesi, jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan sangat menguntungkan.

Kamu bisa bertanya atau menjelaskan data yang kamu kelola kepada atasan atau mitra bisnis perusahaan yang membutuhkan data tersebut.

Nah, bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah mengetahui tentang pekerjaan Data Entry?

Memahami tentang apa itu data entry adalah aktivitas yang tepat. Semoga penjelasan singkat di atas dapat membantu dan bermanfaat.

Leave a Reply