Profesi Blogger

Blogger adalah sebuah profesi dimana seseorang membuat serta mengelola blog yang di dalamnya berisikan tentang kumpulan artikel dengan tema tertentu.

Blog sendiri merupakan aplikasi website yang memuat tulisan-tulisan baik berupa informasi, hiburan, iklan, ataupun opini.

Seorang blogger harus memiliki wawasan serta pembendaharaan kata yang luas agar blog yang dikembangkan mampu dinikmati oleh masyarakat dari waktu ke waktu.

Hal ini dikarenakan konten pada sebuah blog harus mengikuti perkembangan zaman mulai dari berita, politik, teknologi, tren, fashion, dan lain-lain.

Apa saja job desc kerjaan seorang blogger?

job desc kerjaan blogger
job desc kerjaan blogger

Blogger adalah pekerjaan yang tidak semua orang bisa melakukannya karena harus ahli atau pakar di bidang yang digeluti.

Sebelum memulai untuk menulis konten, kamu harus selalu up to date dengan informasi yang berkaitan dengan tema tersebut.

Pekerjaan blogger adalah selalu rutin untuk mengupload artikel-artikel yang menarik dan memberikan ruang bagi para audience untuk komentar di kolom yang disediakan.

Kamu sebagai blogger juga harus aktif dalam menanggapi setiap komentar dari para pengikutmu.

Apa ada minimal pendidikan untuk jadi blogger?

minimal pendidikan blogger
minimal pendidikan blogger

Minimal pendidikan blogger adalah bukan hal yang menjadi pertimbangan utama mengingat banyak anak-anak muda zaman now yang telah memiliki skill yang mumpuni di berbagai bidang.

Selain itu, perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat juga turut menjadi faktor pendukung kemajuan anak negeri.

Sebagai modal awal, kamu harus memiliki peralatan yang memadai seperti komputer dan akses jaringan internet yang baik.

Selanjutnya, komitmen serta konsistensi diri untuk menyajikan konten yang terbaik menjadi bekal yang paling utama.

Skill apa yang dibutuhkan untuk jadi blogger?

skill blogger
skill blogger

Skill yang harus dimiliki blogger adalah pengetahuan yang mumpuni terkait topik-topik yang dibahasnya dalam blog, seperti olahraga, politik, fashion, afiliasi, dan lain-lain.

Sebagai seorang penulis blog, kamu harus mencintai atau tertarik dengan topik yang digeluti agar pekerjaan tersebut menjadi lebih menyenangkan.

Skill selanjutnya yang tak kalah penting adalah memiliki kemampuan menulis yang baik mulai dari tata bahasa, penulisan kata dan tanda baca, serta penyampaian yang menarik dan sistematis.

Selain itu, skill teknis blogging serta management software yang baik juga tak kalah penting agar tampilan blog tampak menarik.

Berapa gaji blogger?

gaji blogger
gaji blogger

Gaji blogger adalah sebagian besar berasal dari iklan baik yang bersifat advertiser (Adsense dan Google) ataupun iklan yang berasal dari perusahaan tertentu untuk mempromosikan produk atau jasanya di bagian sidebar blog.

Gaji juga bisa berasal dari bentuk kerjasama antara blogger dengan seorang vendor seperti pembuatan artikel sponsorship.

Selain lewat iklan dan vendor, pemilik blog juga dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah dari sebuah kompetisi. Event semacam ini kerap dimanfaatkan untuk unjuk kreativitas antar individu ataupun perusahaan yang menggeluti blog.

Karir jabatan blogger semakin melonjak manakala blog yang dikelola tersebut dijadikan sebagai rujukan informasi favorit masyarakat.

Pengunjung yang banyak menjadi tolak ukur blog yang sukses dan berkembang.

Kalau bagi blogger yang sudah 2-3 tahun rata-rata pendapatannya ada di 3-5 juta, jika sudah senior bisa puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari adsense.

Belum pendapatan dari endorse iklan lain serta guest post. Dimana untuk sekali post minimal Rp 250.000 yang bisa di dapat.

Bagaimana prospek masa depan seorang blogger?

prospek masa depan blogger
prospek masa depan blogger

Prospek kerja blogger adalah perihal yang kerap ditanyakan oleh sebagian besar orang karena pekerjaan menulis blog menjadi suatu profesi yang tidak tampak.

Padahal, blog yang dikelola dengan baik dan memiliki banyak pengunjung dapat menghasilkan income yang sangat besar hingga puluhan juta rupiah tiap bulannya.

Pekerjaan tersebut tak kalah menjanjikan dibandingkan dengan profesi yang mentereng, seperti dokter, insinyur, dosen, maupun pengusaha.

Terlebih lagi jika blog tersebut mampu menyajikan informasi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat baik di kancah nasional maupun international.

Leave a Reply