Profesi Insinyur

Insinyur adalah seseorang yang bekerja dalam bidang keteknikan, bisa disebut juga dengan orang-orang yang menyelesaikan masalah praktis menggunakan teknologi dengan pengetahuan ilmiah.

Pada masa pemerintahan colonial Hindia-Belanda, istilah tersebut digunakan sebagai gelar akademik seorang sarjana di bidang keteknikan yang lulus dari perguruan tinggi.

Akan tetapi setelah muncul gelar akademik S.T (Sarjana Teknik), gelar Ir. (insinyur) sudah tidak lagi digunakan oleh perguruan tinggi sebagai gelar akademik melainkan sebagai gelar profesi.

Gelar insinyur ditingkatkan statusnya menjadi gelar profesi sebagaimana gelar drg. (dokter gigi), dr. (gelar profesi dokter).

Apa saja kerjaan Insinyur?

kerjaan insinyurkerjaan insinyur

Pekerjaan insinyur adalah dapat bekerja dalam hal desain dan pengembangan, pengujian, proses pembuatan atau produksi hingga perawatan.

Spesialisasi insinyur diantaranya adalah bidang elektronika, mesin, sipil, pertanian, kelautan dan lain sebagainya.

Spesialisasi kerja seorang insinyur sangat luas serta dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang di kehidupan.

Akan tetapi secara umum, seorang insinyur ialah orang yang memiliki kompetensi di bidang rekayasa IPTEK.

Tugas pokok seorang insinyur Indonesia ada 8, dan semuanya itu menjelaskan mengenai hal-hal utama yang harus dilakukan terkait dengan kewajiban professional.

Dalam melaksanakan pekerjaannya, insinyur menggunakan komputer secara intensif mulai dari merancang, mendesain, simulasi hingga memantau kualitas sebuah produk.

Apa minimal pendidikan Insinyur?

pendidikan insinyur

Sesuai dengan undang-undang yang mengatur tentang keinsinyuran no 11 tahun 2014, berbunyi: insinyur ialah orang yang mempunyai gelar profesi di bidang keinsinyuran.

Untuk memperoleh gelar tersebut, kamu harus lulus dari Program Profesi Insinyur.

Syarat minimal pendidikan insinyur adalah sesuai pada ayat 1 yaitu:

  1. Sarjana terapan bidang teknik atau sarjana bidang teknik, baik lulusan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar.
  2. Sarjana bidang sains atau pendidikan bidang teknik yang disetarakan dengan sarjana bidang teknik atau terapan bidang teknik melalui program penyetaraan.

Keahlian apa yang harus dikuasai oleh Insinyur?

keahlian insinyur

Skill yang harus dimiliki insinyur adalah kemampuan dalam merekayasa ilmu pengetahuan dan teknologi, selain itu seorang insinyur juga diwajibkan memiliki pengetahuan tentang industry yang sangat luas.

Seseorang yang ahli dalam bidang teknik atau insinyur haruslah memiliki keterampilan teknis yang tepat agar banyak pihak yang mau diajak untuk bekerja sama.

Menjadi seorang pekerja teknik akan menjadikan kamu banyak menghadapi masalah dan situasi yang berubah-ubah.

Kamu harus memiliki pemikiran analitis yang kuat dan problem solving sehingga dapat mengidentifikasi, menilai dan mengatasi semua permasalahan yang muncul.

Berapa sih pendapatan seorang Insinyur?

gaji insinyur

Berapa besar gaji seorang insinyur?

Pastinya masih banyak yang penasaran bukan akan hal yang satu ini. Akan tetapi, pada umumnya gaji seorang pekerja teknik yaitu tergantung dengan karier jabatan insinyur yang disandang.

Gaji Insinyur adalah minimal mencapai Rp 10 jutaan dan itu dapat bertambah sesuai keahlian dan jabatannya.

Semakin bagus jam terbang dan kariernya, maka semakin tinggi pula gaji yang diperoleh seorang engineer tersebut.

Bagaimana prospek masa depan jadi Insinyur?

gaji insinyur

Prospek kerja insinyur adalah sangat luas dan menjanjikan.

Kamu tidak perlu bingung apabila ingin terjun ke dunia insinyur, sebab banyak peluang pekerjaan yang bisa diperoleh dengan title satu ini.

Seperti contoh dalam bidang penjualan, apabila kamu memiliki latar belakang insinyur membantu perencanaan, instalasi, serta penggunaan sebuah produk.

Apabila bekerja di pabrik, insinyur memiliki kemampuan untuk mengawasi produksi, kerusakan alat hingga menguji kualitas produk.

Nah itulah beberapa informasi seputar insinyur mulai dari job desc-nya hingga prospek pekerjaannya.

Bagaimana, apakah kamu sudah mempunyai gambaran untuk terjun ke dunia teknik? Mantapkan niat kamu untuk menjadi seorang ahli teknik yang profesional dengan karier yang cemerlang.

Leave a Reply