Profesi Konsultan

Konsultan adalah sebuah tenaga yang professional dengan menyediakan jasa tentang kepenasihatan dalam bidang keahlian tertentu.

Seperti contoh keahlian konsultan yaitu bidang pajak, lingkungan, akuntansi, hukum, konstruksi, biologi, koperasi dan lain sebagainya.

Dengan adanya jasa kepenasihatan dari seorang konsultan, diharapkan dapat mengambil suatu kebijakan tepat dengan sasaran.

Dalam bidang konstruksi, jasa kepenasihatan sangat diperlukan dalam memberikan masukan serta pertimbangan yang memungkinkan proyek berjalan efektif dan efisien.

Apa saja sih job desc kerjaan konsultan?

kerjaan konsultan

Pekerjaan konsultan adalah memberikan masukan professional yang berkaitan dengan bidang tertentu kepada individu maupun sebuah organisasi.

Dalam praktiknya, seorang konsultan bekerja untuk kliennya dengan menyarankan dan memberi solusi yang objektif sebagai pihak ketiga.

Pekerjaan ini nyatanya dapat dilakukan secara independen alias freelance, bukan hanya bekerja sebagai konsultan internal atau di perusahaan konsultan saja.

Lalu untuk menjadi konsultan, kamu bisa mendalami bidang apa saja? Jawabannya sangat banyak sekali seperti konstruksi dan lain-lain.

Konsultan menjalankan pekerjaannya mulai dari pengawalan terhadap klien dari tahap perencanaan hingga masa pelaksanaan. Jenis-jenis konsultan banyak sekali, mulai dari konsultan pajak, konsultan bisnis, konsultan komunikasi, hukum dan masih banyak lagi.

Apa minimal pendidikan untuk jadi konsultan?

pendidikan konsultan

Minimal pendidikan konsultan adalah menempuh S1 dan S2 sesuai dengan bidang konsultan yang diinginkan.

Selanjutnya setelah lulus menempuh pendidikan, apabila ingin mendirikan bisnis konsultan haruslah mendapatkan surat izin praktik dari bidangnya.

Semisal ingin menjadi konsultan pajak, maka selain berbekal ijazah, kamu harus mengantongi izin praktik yang berupa sertifikat dari Dirjen Pajak.

Untuk memperoleh sertifikat tersebut kamu harus mengikuti USKP atau Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak, begitupun untuk menjadi konsultan lainnya.

Keahlian apa yang harus dikuasai konsultan?

keahlian konsultan

Skill yang harus dimiliki konsultan adalah kompetensi atau kecakapan yang mumpuni dalam bidang tersebut.

Pada intinya, jenis jasa konsultasi apapun yang akan kamu tawarkan pada calon pelangganmu haruslah sesuai dengan skill yang dimiliki olehmu.

Akan tetapi kompetensi saja tidaklah cukup, kamu harus memainkan peran yang benar dalam bisnis konsultasi ini.

Semisal, sehebat apapun kamu dalam urusan komputer sehingga siap menjadi konsultan dalam bidang tersebut, tetapi jika gagal me-manage bisnis maka dapat dipastikan tidak akan sukses dalam bisnis konsultasi software.

Apabila kamu memiliki keahlian dalam hal akuntansi atau lulus dari jurusan tersebut bidang konsultan yang cocok diambil yaitu perpajakan.

Jika kamu mengambil sebagai konsultan hokum jelas sekali tidak akan nyambung.

Berapa pendapatan yang diperoleh konsultan?

gaji konsultan

Berapa sih banyaknya gaji seorang konsultan?

Untuk yang masih penasaran, di Indonesia gaji konsultan adalah rata-rata mencapai Rp 5 jutaan lebih per bulan.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang konsultan?

Perkiraan gaji tersebut didasarkan pada 371 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada indeed oleh karyawan konsultan, pengguna.

Kemudian dikumpulkan dari iklan lowongan di indeed selama 36 bulan terakhir, semakin bagus karier jabatan konsultan maka semakin banyak gaji yang akan diperolehnya.

Bagaimana prospek masa depan jadi konsultan?

prospek masa depan konsultan

Prospek kerja konsultan adalah sangat menarik.

Apabila bekerja di perusahaan konsultan kamu akan mendapatkan rate yang cukup tinggi.

Salah satu keuntungan yang bisa kamu peroleh yaitu dapat dijadikan sebagai tempat menimba ilmu dan sarana belajar.

Bagi kamu yang fresh graduate tentunya minim pengalaman kerja, posisi di perusahaan konsultan dapat dijadikan sebagai batu loncatan untuk mencapai karier selanjutnya.

Selain itu, bekerja di perusahaan konsultan kamu dapat memperoleh koneksi dan relasi menjadi lebih luas lagi.

Itulah sedikit informasi job desc, pendidikan, skill, dan gaji dari profesi konsultan.

Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, sudahkah kamu mantap untuk membangun karier sebagai seorang konsultan?

Ayo bangun karier cemerlangmu!

Leave a Reply