Profesi Lurah

Lurah adalah seorang pemimpin/ kepala kelurahan yang merupakan pegawai negeri yang diangkat langsung oleh bupati maupun walikota atas nama gubernur dengan mempertimbangkan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam perundang-undangan.

Untuk lebih mengenal profesi Lurah, berikut saya sajikan detail pekerjaan yang juga sering mengalami kerancuan dengan kepala desa ini.

Apa saja job desc pekerjaan Lurah?

kerjaan lurah
Tribun Lampung – Tribunnews.com

Sebagai bagian dari lembaga eksekutif dengan tingkatan yang paling rendah, Lurah juga memiliki peran, tugas, fungsi dan kewenangan yang diatur dalam peraturan pemerintah.

Tidak jauh berbeda dengan kepala desa dan yang membedakan hanya pada segi wilayahnya, pekerjaan Lurah adalah sebagai seorang fasilitator dan komunikator, pemecah masalah, dan pengayom warganya.

Selain itu, dalam peraturan pemerintah disebutkan bahwa Lurah memiliki tugas pokok yakni menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Meskipun termasuk dalam lembaga eksekutif tingkat rendah, peran serta Lurah dalam masyarakat dapat memberikan dampak yang cukup besar dalam  kemajuan masyarakat itu sendiri.

Apa minimal pendidikan untuk jadi Lurah?

pendidikan lurah
Bangka Pos – Tribunnews.com

Untuk mendaftarkan diri menjadi calon Lurah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya harus memiliki status sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Lurah diangkat langsung oleh bupati atas rekomendasi dari camat berdasarkan penilaiannya terhadap kinerja orang yang bersangkutan saat menjadi PNS minimal golongan IIIc.

Minimal pendidikan Lurah adalah setingkat Sekolah Menengah Atas/ sederajat yang menjadi persyaratan dalam mendaftar CPNS, bebas dari tindak pidana, sehat dan memiliki kelakuan baik yang dibuktikan dengan surat yang dikeluarkan oleh pihak-pihak yang memiliki kewenangan.

Skill keahlian apa yang harus dimiliki Lurah?

keahlian lurah
Radar Bogor

Sebagai garis terdepan yang menjadi penghubung antara pemerintah daerah dan masyarakat dan kinerja yang langsung diawasi oleh camat, profesi Lurah diharapkan dapat memiliki kompetensi dan inovasi.

Skill yang harus dimiliki Lurah adalah kemampuan dalam berkomunikasi, sebagai perangkat pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat guna mendapatkan informasi.

Seorang Lurah juga diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik sehingga dapat memberikan motivasi kepada perangkat-perangkat kelurahan untuk bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.

Selain keterampilan memimpin, Lurah juga harus memiliki inovasi sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki di kawasannya menjadi sebuah karya kreatif.

Berapa gaji pendapatan seorang Lurah?

gaji lurah
Berita Maros

Untuk wilayah Jakarta, besaran pokok gaji Lurah adalah Rp 3 juta.

Selain gaji pokok, Lurah juga mendapatkan tunjangan yang melekat seperti tunjangan jabatan, tunjangan kinerja daerah statis, tunjangan kinerja daerah dinamis dan tunjangan transportasi.

Sehingga dalam satu bulannya gaji Lurah di Jakarta bisa mencapai Rp 33 juta.

Bagaimana prospek masa depan Lurah?

Karir jabatan Lurah dimulai dengan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil dengan golongan IIIc atau penata.

Diatasnya terdapat Penata Tingkat I, kemudian Pembina, Pembina Tingkat I, Pembina Utama Muda.

Selanjutnya ada Pembina Utama Madya, dan pada tingkatan tertinggi terdapat Pembina Utama yang bergolongan IVe dan menjabat sebagai Pembina Utama PNS Daerah.

Prospek kerja Lurah adalah sangat terbatas pada anggota Pegawai Negeri Sipil.

Berbeda dengan kepala desa yang dipilih melalui pemilihan kepala desa dan dapat dijabat oleh siapa saja, profesi Lurah merupakan bagian dari PNS yang bertanggung jawab secara langsung terhadap camat terkait tugas daerah yang dilimpahkan.

Selain itu, jika kepala desa memiliki masa jabatan 5 sampai 7 tahun, Lurah tidak memiliki masa jabatan, sehingga posisi tersebut bergantung pada keputusan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) melalui skema mutasi, yakni dipindahkan wilayah kerjanya  atau mendapatkan promosi.

Leave a Reply