Tanggungjawab dan Jenis Pekerjaan Marketing Digital

Pekerjaan marketing suatu pekerjaan yang paling banyak diincar.

Sebab tersedia peluang dan kesempatan yang sangat besar ketika menekuni bidang tersebut.

Selain itu jenis pekerjaan ini juga sangat menginspirasi mengingat banyak yang telah sukses hanya dengan berbekal marketing.

Jenis-Jenis Pekerjaan Marketing Digital

jenis marketing digital

Dunia kerja marketing merupakan dunia yang sangat luas dan tidak terbatas.

Gaji pekerjaan marketing juga sangat fantastis.

Karena itu banyak yang tertarik pada profesi ini.

Hal tersebut diperjelas dan diperkuat dengan adanya berbagai macam jenis marketing.

Inilah jenis-jenis pekerjaan marketing:

1. Content writer

pekerjaan content writer

Content writer termasuk ke dalam jenis pekerjaan marketing online saat ini.

Pekerjaan ini termasuk ke dalam jenis pekerjaan baru.

Profesi sebagai content writer muncul saat pemanfaatan teknologi informasi internet meluas dengan pesat.

Dalam pekerjaan ini hanya membuat suatu artikel untuk mengisi sebuah situs.

Dengan memanfaatkan SEO membuat situs dapat langsung muncul di halaman pertama dalam search engine.

2. Product owner

pekerjaan product owner

Product owner dapat diartikan sebagai produsen.

Pekerjaan jenis ini juga mempunyai arti yang luas.

Dapat diartikan sebagai suatu pabrik dan bisnis rumahan.

Namun khusus untuk pabrik hanya sang pemilik yang bertindak sebagai marketing utama.

Sementara itu untuk para karyawan hanya sebatas buruh dan bukan merupakan pelaku marketing.

Jenis pekerjaan sebagai product owner juga banyak diminati, terutama ibu rumah tangga.

Jenis produk yang dipasarkan sangat variatif, mulai dari makanan, aksesoris dan lain sebagainya.

3. Graphics designer

pekerjaan graphic designer

Graphics designer menjadi alternatif pekerjaan bagi para mahasiswa sebagai sambilan.

Dengan terjun ke dunia ini, maka skill dalam bidang grafis akan semakin meningkat.

Hal ini dapat memperluas karir dan sekaligus menjadi alasan melamar pekerjaan ini.

Jadi akan mendapat modal cukup untuk membuka jasa desain grafis sendiri atau bergabung dengan perusahaan besar.

4. Sosial media specialist

pekerjaan social media

Sistem dari pekerjaan ini hanya merancang suatu strategi marketing dalam upaya menjalin kerja sama dengan media lain.

Tugas utama dari pekerjaan ini hanya mencari pengunjung dan konsumen baru sebanyak – banyaknya.

Misalnya di suatu acara / event, biasanya akan membentuk suatu tim khusus dalam mempromosikan event tersebut melalui media sosial.

5. Account executive

pekerjaan account executive

Pekerjaan ini merupakan salah satu posisi yang harus ada setiap perusahaan.

Sebuah staff yang memegang posisi ini harus berhasil untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lain. Dapat berupa bentuk kerja sama corporate.

6. Influencer

pekerjaan influencer

Influencer hanya berupa jasa promosi yang disediakan oleh artis media sosial.

Artis media sosial adalah seseorang yang sangat populer dalam dunia media sosial. Kepopuleran tersebut dapat terlihat dengan jelas dari jumlah followers.

Para influencer biasanya hanya sekedar untuk mempromosikan suatu produk.

Produk tersebut dapat berasal dari perusahaan, bisnis rumahan, cafe / rumah makan dan lain sebagainya. Hal ini lebih populer dengan sebutan endorsement.

Pekerjaan marketing digital ini menjadi suatu posisi yang didambakan para remaja.

Kelebihan dari profesi ini, tidak lagi memerlukan referensi contoh surat lamaran kerja, contoh surat pengunduran diri maupun contoh surat keterangan kerja.

Karena pada dasarnya, influencer merupakan salah satu pekerjaan self employed

Fungsi Marketing

Marketing menjadi suatu posisi dan profesi yang paling berguna dan bermanfaat dalam segala hal.

Sementara itu, untuk fungsi dari marketing sendiri sangat luas.

Berikut ini adalah fungsi marketing :

1. Pertukaran

Marketing menjadi media pertukaran antara konsumen dan penjual, peran konsumen sebagai pihak yang membeli produk.

Sedangkan penjual berperan sebagai pihak yang menyediakan produk.

Pertukaran ion menjadi suatu kegiatan transaksi jual beli.

Dapat pula disebut sebagai barter.

Dimana pembeli / konsumen menukar uang supaya dapat memiliki suatu produk yang dibutuhkan / diinginkan.

2. Distribusi Fisik

Distribusi fisik suatu produk dapat dilakukan dengan mengangkut dan menyimpannya.

Suatu produk yang berasal dari produsen akan dipindahkan ke suatu tempat melalui jalur darat, air maupun laut.

Produk tersebut nantinya akan disimpan terlebih dahulu hingga konsumen membelinya.

3. Perantara

Fungsi yang satu ini merupakan suatu fungsi umum dari marketing.

Dengan kata lain marketing hanya sekedar perantara / penghubung aktivitas untuk distribusi fisik.

Dalam fungsi ini bukan hanya sekedar perantara, namun juga sebagai penyedia informasi, pembiayaan, pengelompokan produk dan lain – lain.

Tugas Tanggungjawab Marketing

Sebagai suatu pihak yang mempunyai peran penting dan berhubungan langsung dengan konsumen, tentu saja tugas dari marketing cukup berat.

Karena kelangsungan suatu bisnis ataupun perusahaan sangat bergantung pada marketing.

Dengan kata lain, marketing jug menjadi penentu utama dari masa depan suatu bisnis / perusahaan.

Hal ini merujuk pada hasil penjualan dan bukan hanya sekedar hasil respon konsumen.

Berikut ini adalah tugas pekerjaan marketing :

1. Memperkenalkan produk

memperkenalkan produk

Tugas yang satu ini hanya merupakan sebuah tugas awal.

Dimana para marketing memperkenalkan produk kepada publik.

Mereka memberikan informasi yang sangat detail tentang produk yang hendak dikenalkan.

Mulai dari nama produk, kegunaan, keunggulan dan lain – lain.

2. Menghasilkan pendapatan

menghasilkan profit

Maksud dari menghasilkan pendapatan yaitu harus berhasil menjual produk.

Semakin banyak produk yang berhasil terjual, maka semakin besar pula pendapatanya.

Jika produk yang berhasil dijual tidak begitu banyak, maka akan memperoleh pendapatan yang sangat minim.

Pendapatan minim ini sangat fatal bagi kelangsungan bisnis / perusahaan.

Akibat terburuk dari pendapatan minim yaitu gulung tikar.

3. Menjaga hubungan baik dengan publik

menjaga hubungan baik publik

Dalam hal ini bukan hanya sekedar tugas dari seorang marketing.

Tetapi menjadi salah satu syarat utama dalam menjadi marketing.

Tugas ini juga menjadi tugas utama dan paling penting dari tugas lain.

Dalam pekerjaan marketing ini harus mempunyai skill / dapat melakukan komunikasi yang sangat baik bagi semua orang, terutama pada konsumen.

Namun hubungan dengan non konsumen juga menjadi hal yang sangat penting juga.

Sebab mereka mempunyai potensi untuk menjadi konsumen tetap.

Komunikasi dengan setiap orang bukan hanya sekedar daily conversation.

Tetapi harus disertai dengan bahasa sopan, ramah dan terbuka.

Selain itu atitute juga perlu dijaga. Sehingga mampu menciptakan sebuah citra yang baik di depan publik.

4. Mendapatkan informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan

mendapatkan informasi perusahaan

Informasi yang harus didapatkan dari seorang konsumen harus lengkap dan jelas.

Selain itu juga harus mengetahui apakah informasi tersebut merupakan suatu kritik atau masukan.

Baik kritik maupun masukan menjadi hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan / bisnis.

Sebab semua hal ini menjadi suatu inspirasi yang cukup membangun untuk menjadi perusahaan yang jauh lebih baik.

Sehingga dapat mengetahui secara pasti apa yang sangat dibutuhkan sebagai konsumen yang merupakan target utama dalam marketing.

Semua informasi tersebut harus disampaikan kepada perusahaan.

Baik dalam laporan secara tertulis maupun lisan.

Penjelasan tentang pekerjaan marketing atas mungkin hanya sekedar sebagai pengetahuan belaka.

Tetapi penjelasan tersebut sangat berguna sebagai gambaran umum tentang marketing.

Terutama bagi yang berminat untuk terjun dalam profesi tersebut.

Leave a Reply