Profesi Peneliti

Peneliti adalah seseorang yang melaksanakan aktivitas dengan sistem tertentu guna memperoleh pengetahuan untuk memecahkan masalah ataupun mengetahui suatu hal secara lebih eksplisit dan ilmiah.

Peneliti akan menggunakan metode metode ilmiah yang artinya bisa dibuktikan sehingga rasional semua orang.

Peneliti juga sering disebut sebagai seorang yang ahli dalam suatu bidang pengetahuan.

Apabila peneliti berada dalam lingkup pemerintah, maka ialah pejabat fungsional yang berstatus pegawai negeri sipil yang mempunyai tugas serta tanggung jawab untuk melakukan penelitian pengembangan serta pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi baik itu pada instansi pemerintah maupun yang lainnya.

Apa aja sih job desc atau kerjaan seorang researcher?

job desc peneliti
job desc peneliti

Seorang peneliti memiliki job desk yang dibedakan berdasarkan tingkat jabatannya. Adapun job desk pekerjaan peneliti adalah sebagai berikut:

1. Asisten peneliti muda dan asisten peneliti Madya

Bertugas memiliki jobdesk untuk membantu dalam perencanaan kegiatan penelitian untuk melakukan kegiatan penelitian, dan membantu menerbitkan serta menyebarluaskan hasil penelitian.

2. Ajun peneliti muda dan Ajun peneliti Madya

Memiliki job desk merencanakan serta merumuskan kegiatan penelitian, melaksanakan penelitian di bawah pengawasan, dan menerbitkan hasil penelitian.

3. Peneliti Muda dan peneliti Madya

Memiliki job desk peneliti adalah berupa merumuskan rencana terkait kegiatan penelitian.

Melaksanakan kegiatan penelitian, menyebutkan hasil penelitian yang sudah didapat, melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap pejabat peneliti bawahan saat melaksanakan kegiatan penelitian dan membantu untuk merumuskan arah kebijakan dalam hal pengembangan iptek

4. Ahli peneliti muda ahli peneliti Madya dan ahli peneliti utama

Memiliki job desk membuat serta merumuskan rencana penelitian, melakukan penelitian terbitkan dan juga menyebarluaskan hasil yang diperoleh dari penelitian.

Memberikan bimbingan arahan dan pengawasan kepada pejabat peneliti ada di bawah, memberikan rumusan tentang kebijakan dan arah pengembangan iptek, dapat memupuk perkembangan dalam kehidupan ilmiah di taraf nasional maupun internasional.

Untuk jadi seorang researcher apa pendidikan minimalnya?

minimal pendidikan peneliti
minimal pendidikan peneliti

Pendidikan seorang peneliti harus sejalan dengan apa yang ditelitinya.

Hal ini dilakukan agar bidang yang ia teliti sesuai dengan keilmuan yang sudah dipelajari sebelumnya.

Jurusan selama mengenyam pendidikan adalah hal penentu untuk seorang peneliti jika dikaitkan dengan bidang yang akan ditelitinya.

Biasanya semakin tinggi jenjang pendidikan, maka berpeluang besar untuk menjadi seorang peneliti.

Biasanya minimal pendidikan peneliti adalah Sarjana S1, Magister S2 dan Doktor S3 menjadi pilihan.

Skill apa yang dibutuhkan seorang researcher?

skill yang dibutuhkan peneliti
skill yang dibutuhkan peneliti

Skill yang harus dimiliki oleh peneliti adalah tentu saja berkaitan dengan cara-cara ataupun Prosedur Penelitian ilmiah.

Kemampuan untuk merumuskan masalah, mengidentifikasi masalah, analisis data, menentukan sampel dan populasi, pengolahan data merumuskan hipotesis membuat tabel hasil serta menyimpulkan hasil penelitian merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang peneliti.

Selain itu rasa ingin tahu harus selalu ada di benak seorang peneliti agar kedepannya dapat menemukan hal-hal baru dan membuktikannya secara ilmiah.

Berapa sih gaji seorang peneliti?

gaji peneliti
gaji peneliti

Terkait dengan gaji seorang peneliti dia berada di instansi pemerintahan yang merupakan seorang aparatur sipil negara atau PNS tentu saja akan digaji berdasarkan golongan dan jabatannya.

Karir jabatan peneliti akan turut menentukan besaran gaji yang akan diterima nantinya.

Aturan terhadap ini sudah diatur secara resmi oleh instansi yang bersangkutan.

Apabila seseorang bekerja di lembaga swasta sebagai peneliti tentu saja gaji peneliti adalah bentuk penyesuaian dengan upah minimum yang ada atau bahkan lebih Sesuai dengan kesepakatan.

Tapi, menurut berita gaji peneliti mulai Rp 2,5 juta sebulan hingga 30 juta. Tapi, ini peneliti di LIPI.

Tentu jika kamu bekerja di R&D di perusahaan internasional, gajinya akan jauh lebih tinggi. Hingga ratusan juta!

Bagaimana masa depan seorang peneliti?

prospek masa depan peneliti
prospek masa depan peneliti

Seorang peneliti memiliki prospek pekerjaan yang bisa dikatakan bagus karena jenjang nya cukup banyak.

Adapun prospek kerja peneliti adalah berdasarkan jenjang yaitu asisten peneliti muda, asisten peneliti madya, ajun peneliti muda, ajun peneliti madya, peneliti muda, peneliti madya, ahli peneliti muda, ahli peneliti madya dan peneliti utama. Semuanya tingkatan jabatan dari mulai yang terendah hingga yang tertinggi.

Demikian informasi mengenai pekerjaan sebagai peneliti.

Tentu saja peneliti adalah pekerjaan penuh keilmuwan yang begitu banyak diincar. Perlu pendidikan dan keahlian khusus untuk menjadi seorang peneliti.

Leave a Reply