Profesi Penjahit

Penjahit adalah seseorang yang bekerja membuat pakaian seperti celana, rok, jas, kemeja baik untuk laki-laki atau perempuan dengan menggunakan alat mesin jahit.

Sebenarnya menjahit itu dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan ataupun menggunakan mesin jahit.

Seseorang yang menjadi penjahit pakaian untuk pria biasanya disebut dengan nama tailor, sedangkan penjahit pakaian wanita dikenal dengan modiste.

Produk jahit menjahit banyak sekali, mulai dari pakaian, taplak, seprai, kain pelapis mebel, tirai, Kasur, dan kain pelapis jok.

Apa saja sih kerjaan seorang penjahit?

kerjaan penjahit

Pekerjaan penjahit adalah menyambung kain, kulit binatang, bulu, pepagan atau bahan-bahan lainnya yang dapat dilewati jarum jahit serta benang.

Pekerjaan menjahit ini memiliki beberapa tahap, mulai dari yang awal membuat pola hingga proses menjahitnya.

Dalam istilah design pola merupakan bagian-bagian yang terbuat dari kertas untuk dijiplak di atas kain sebelum digunting dan dijahit.

Pola dibuat berdasarkan model pakaian dan untuk ukurannya disesuaikan dengan badan si pemakainya.

Selanjutnya setelah polanya jadi yaitu disematkan ke kain menggunakan jarum pentul, kain digunting sesuai dengan pola yang dibuat tadi, dalam produksi yang banyak, kain dipotong menggunakan mesin potong.

Sesaat sebelum pola diangkat dari kain, tanda-tanda dan garis-garis pada pola dijiplak terlebih dulu ke atas kain dengan bantuan karbon jahit atau kapur jahit dan rader.

Setelah kain dipotong menggunakan gunting, potongan-potongan selanjutnya disambung dengan mesin jahit ataupun memakai jarum tangan.

Meskipun menggunakan mesin jahit lebih rapi, akan tetapi tidak semuanya teknik jahitan dapat dilakukan dengan mesin tersebut.

Setelah selesai dijahit, bagian tepi kampuh dirapikan dengan mesin obras agar benang-benang di tepi tidak akan terlepas.

Tahap terakhir yaitu penyetrikaan pada bagian-bagian yang sulit seperti kerah, lengan baju agar tidak kaku.

Apa minimal pendidikan untuk jadi penjahit?

pendidikan penjahit

Untuk menjadi seorang penjahit juga ada pendidikannya, yaitu melalui sekolah mode atau kursus menjahit.

Sebenarnya tidak ada persyaratan resmi untuk menjalankan profesi penjahit ini.

Untuk peraturan umum yang dijadikan rujukan, kamu harus menempuh minimal pendidikan penjahit adalah dengan memiliki ijazah SMA atau SMK jurusan busana apabila ingin bekerja di sebuah perusahaan busana yang besar.

Keahlian apa yang harus dikuasai oleh penjahit?

keahlian penjahit

Menjadi seorang penjahit bukanlah pekerjaan yang mudah seperti apa yang dilihat, tidak hanya asal-asalan ukur dan asal-asal jahit saja.

Untuk menjahit pakaian atau apapun itu perlu penguasaan kemampuan teknis .

Untuk menjahit, seseorang tidak dapat mempelajari secara teori saja, melainkan juga harus melakukan praktik yang terus menerus.

Nah, untuk skill yang harus dimiliki penjahit adalah mulai dari teknik mengukur, memotong dan menjahit dasar.

Menjadi seorang penjahit yang besar perlu belajar keras dan kesabaran sangatlah diperlukan dalam prosesnya.

Selain kesabaran, ketelatenan dalam bekerja juga sangat dibutuhkan dan menjadi sesuatu hal yang wajib dilakukan oleh seorang penjahit agar tidak mengecewakan konsumennya.

Berapa pendapatan jika kerja jadi penjahit?

gaji penjahit

Gaji penjahit adalah rata-rata Rp 3 jutaan per bulannya di Indonesia apabila bekerja menjadi karyawan di sebuah perusahaan yang besar.

Seorang penjahit bisa memperoleh gaji yang besar sesuai dengan karir jabatan penjahit, apabila memiliki sebuah usaha konveksi yang maju bisa saja gaji yang diperoleh sangat besar.

Bagaimana prospek masa depan jadi penjahit?

prospek masa depan penjahit

Prospek kerja penjahit adalah masih sangat terbuka lebar untuk kamu serta sangatlah menguntungkan dan tetap memberikan penghasilan yang lumayan.

Apalagi jika kamu memiliki keahlian khusus, usaha jahit adalah profesi yang paling prospektif.

Sebab menjahit merupakan keterampilan yang tidak semua orang mampu mengerjakannya dengan mudah, sehingga jasa seorang penjahit akan terus dibutuhkan dalam bidang yang semakin berkembang.

Itulah berbagai informasi mengenai profesi seorang penjahit, apakah kamu berminat untuk menjalankan usaha tersebut?

Peluang yang besar dari menjahit dapat membuat kamu menjadi seorang designer loh, asalkan telaten dan bersabar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply