Profesi Pramugara

Pramugara adalah awak kabin laki-laki yang ditugaskan pada suatu alat transportasi umum baik darat, laut maupun udara yang memiliki tugas utama melayani penumpang dan menjaga keselamatan penumpang selama dalam perjalanan.

Untuk lebih mengenal profesi pramugara, berikut saya sajikan detail pekerjaan yang lebih diidentikkan dengan awak kabin yang bekerja di pesawat udara ini.

Topik Pembahasan:

Apa saja job desc kerjaan pramugara?

kerjaan pramugara
Paddle Your Own Kanoo

Banyak orang beranggapan bahwa pekerjaan pramugara adalah melayani dan menyajikan makanan bagi penumpang di dalam pesawat.

Padahal tugas utama dari seorang pramugara adalah memastikan keselamatan penumpangnya selama dalam perjalanan, bahkan seorang pramugara diharuskan untuk memprioritaskan keselamatan penumpang dibandingkan keselamatan dirinya sendiri.

Umumnya, seorang pramugara bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan dan memastikan pesawat siap terbang, membantu dan melayani penumpang di dalam pesawat.

Memberikan informasi dan mendemonstrasikan fasilitas alat kemanan, membantu orang yang memerlukan bantuan khusus seperti orang tua dan anak-anak serta mengambil tindakan yang tepat pada kejadian-kejadian darurat dan yang tidak terduga seperti penumpang yang sakit.

Apa minimal sekolah untuk jadi pramugara?

pendidikan pramugara
The Travel Academy

Minimal pendidikan pramugara adalah setingkat SMA/SMK dan sederajat dengan tinggi minimal 170 cm dan berat badan yang proporsional, sehat secara jasmani dan rohani serta bebas dari obat-obatan terlarang dan tidak boleh berkacamata.

Meskipun persyaratan umumnya nya terlihat mudah, untuk menjadi seorang pramugara harus menjalani serangkaian tes seperti materi, psikologi dan kesehatan.

Untuk dapat terbang seorang pramugara harus memiliki lisensi yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi Udara.

Kemudian seorang pramugara juga harus menjalani serangkaian pelatihan simulasi di training centre maskapai dan training terbang dengan didampingi oleh pramugara senior.

Keahlian apa yang harus dikuasai pramugara?

keahlian pramugara
National Foundation for Cancer Research

Karena harus berhubungan dengan banyak orang serta dihadapkan pada situasi-situasi yang menuntut pengambilan keputusan yang cepat dan tepat, profesi pramugara diharapkan memiliki berbagai macam skill yang dapat membantunya dalam melaksanakan tugas.

Diantaranya skill yang harus dimiliki pramugara adalah menguasai teknik CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), berenang, teknik memadamkan api, kemampuan memimpin evakuasi, kemampuan dalam menangani penumpang, kemampuan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris, serta bahasa tubuh yang bagus.

Seorang pramugara juga harus memiliki sikap ramah dan teliti, dapat bekerja dengan tim, tegas dan sabar, serta memprioritaskan kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Pelayanan yang diberikan pramugara kepada penumpang akan sangat berpengaruh pada penilaian yang diberikan penumpang terhadap maskapai.

Berapa pendapatan yang diperoleh pramugara?

gaji pramugara
Insider

Besaran gaji pramugara berbeda-beda tergantung pada maskapainya.

Selain ditentukan oleh maskapai, gaji pramugara adalah berbeda-beda sesuai dengan tingkatan posisi, jam terbang, dan tunjangan-tunjangan lain.

Untuk pramugara junior saja, gaji yang diterima dalam satu bulannya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Keuntungan lainnya adalah seorang pramugara biasanya akan mendapatkan tiket perjalanan secara cuma-cuma dari maskapai tempat ia bekerja.

Bagaimana prospek masa depan jadi pramugara?

prospek masa depan pramugara
detikTravel

Karir jabatan pramugara juga memiliki jenjang karir, yang mana untuk dapat menempati posisi diatasnya seorang pramugara diwajibkan untuk memenuhi kualifikasi yang ditetapkan serta lulus menjalani pelatihan.

Tingkatan terendah ditempati oleh pramugara junior, pramugara senior, maître d’cabin dan jabatan tertinggi yakni Flight Manager Service.

Dengan semakin berkembang pesatnya industry penerbangan saat ini, peluang untuk menekuni profesi pramugara semakin terbuka lebar.

Selain dengan adanya jenjang karir, kamu juga tak perlu mengkhawatirkan masa depan ketika masuk masa pensiun karena prospek kerja pramugara adalah tidak hanya pada bidang penerbangan saja tapi juga bisa merambah pada pariwisata dan hospitality.

Leave a Reply