Profesi Pramusaji

Pramusaji adalah seorang karyawan maupun karyawati yang memiliki tugas memberikan pelayanan kebutuhan makanan dan minuman konsumen secara langsung dan professional, oleh karenanya seorang pramusaji dituntut untuk selalu tampil bersih dan rapi.

Untuk lebih mengenal profesi pramusaji, berikut saya sajikan detail pekerjaan yang populer dengan sebutan waiters dan biasanya menjadi favorit para mahasiswa untuk pekerjaan sampingan sekaligus mendapatkan tambahan uang saku.

Apa saja job desc kerjaan Pramusaji?

kerjaan pramusaji
IlmuPerhotelan

Pekerjaan pramusaji adalah yang utama, menyambut dan melayani konsumen seperti mencatat pesanan serta menyajikan makanan dan minuman kepada konsumen.

Selain tugas utama, pramusaji juga mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan dalam pelayanan serta menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan kerjanya.

Pramusaji juga bertugas untuk berkomunikasi langsung dengan pelanggan terkait pesanan hingga menangani komplain.

Apa minimal pendidikan untuk jadi Pramusaji?

pendidikan pramusaji
Kita Punya

Umumnya, minimal pendidikan pramusaji adalah bervariasi, kebanyakan setingkat SMA/ SMK dengan usia maksimal 30 tahun, serta sehat secara jasmani dan rohani dan bebas dari penyakit menular.

Sedangkan untuk pramusaji professional yang bekerja di restoran ataupun hotel berbintang umumnya memiliki tingkat pendidikan setara DIII.

Namun demikian, dengan seiring berkembang pesatnya industry-industri seperti rumah makan dan restoran banyak juga yang mempekerjakan pramusaji dengan latar pendidikan setingkat SMP/ sederajat.

Selain itu, ada sebagian industri rumah makan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang sedang aktif kuliah untuk bekerja sambilan menekuni profesi pramusaji.

Skill keahlian apa yang harus dikuasai oleh Pramusaji?

keahlian pramusaji
GoRiau

Dengan semakin banyaknya industri seperti restoran, hotel, ataupun café seorang pramusaji dituntut memiliki skill yang professional dalam menjalankan tugasnya melayani pelanggan.

Skill yang harus dimiliki pramusaji adalah kompetensi yang berkaitan dengan service seperti bagaimana cara memperlakukan pelanggan sesuai dengan prosedur, melakukan clear-up untuk tamu selanjutnya, memberikan pelayanan yang efisien serta membina hubungan yang baik dengan pelanggan.

Sementara itu seorang pramusaji harus memiliki kesadaran social yang tinggi, sikap disiplin dalam bekerja, berpenampilan bersih dan rapi, mampu bekerja sama dengan tim, memiliki inisiatif dan kreatifitas dalam bekerja serta memiliki kecakapan yang baik dalam berkomunikasi.

Berapa gaji pendapatan yang bisa diperoleh Pramusaji?

gaji pramusaji
Fimela.com

Selain dituntut memiliki fisik yang kuat, seorang pramusaji harus memiliki daya ingat dan mental yang kuat.

Namun sayangnya masih banyak pramusaji di Indonesia yang mendapatkan gaji dibawah Upah Minimum Regional.

Gaji pramusaji adalah berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta dan diatas Rp 4 juta untuk pramusaji yang bekerja di restoran ataupun hotel berbintang.

Besaran ini sebenarnya tidak sebanding dengan beban kerja yang harus dipikul, karena selain kemampuan fisik yang menjadi modal utama yang dibutuhkan dalam bekerja, pramusaji adalah orang pertama yang harus berhadapan langsung dengan komplain-komplain yang diajukan pelanggan, sehingga tak jarang jika pekerjaan ini menimbulkan tingkat stress yang tinggi.

Bagaimana prospek masa depan kerjaan Pramusaji?

prospek masa depan pramusaji
Medan – Kompas.com

Karir jabatan pramusaji professional biasanya berbeda dengan pramusaji di rumah makan-rumah makan kecil.

Seorang pramusaji professional memiliki kesempatan untuk naik jabatan menjadi kapten pramusaji dan bahkan manajer.

Kesempatan naik jabatan ini biasanya hanya dimiliki oleh pramusaji yang memiliki pendidikan setingkat sarjana ataupun D3.

Sementara untuk pramusaji yang banyak ditemui di restoran biasanya tidak memiliki jenjang karir yang jelas.

Dengan semakin bertubuh kembangnya bisnis Food and Beverage, Profesi pramusaji merupakan profesi yang paling dibutuhkan.

Prospek kerja pramusaji adalah di industri pariwisata dan perhotelan, rumah makan, resto, cafe, rumah sakit maupun bekerja di kapal pesiar.

Leave a Reply