Profesi Satpam

Satpam adalah akronim dari satuan pengamanan.

Berdasarkan peraturan kepala kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang manajemen pengamanan organisasi, perusahaan dan/ atau instansi/ lembaga:

satpam merupakan satuan atau kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi/ badan usaha untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Untuk lebih mengenal profesi satpam, berikut saya sajikan detail pekerjaan yang jarang diketahui dan masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar masyarakat.

Apa saja sih kerjaan satpam?

job desc kerjaan satpam
Jurnal Security

Satpam merupakan unsur pembantu polri dalam hal penegakan peraturan perundang-undangan dan waspada keamanan di lingkungan kerjanya.

Satpam lahir dari kesadaran bahwa masyarakan dan lingkungan yang aman dan tertib tidak dapat diciptakan oleh kepolisian sendiri.

Pekerjaan satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempatnya bekerja yang meliputi aspek pengamanan fisik, personal, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Sebagai unsur pembantu pimpinan lembaga/institusi dalam mengamankan lingkungan kerja dari gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum.

Kalau ingin jadi satpam harus sekolah apa?

pendidikan kerjaan satpam
Rakyat News

Untuk menekuni profesi satpam kamu harus mengikuti diklat atau pelatihan untuk memperoleh sertifikasi.

Jenjang pelatihan untuk satpam memiliki 3 tingkat yakni tingkat dasar (Gada Pratama) yang merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam.

Tingkat lanjutan adalah penyelia (Gada Madya) dan tingkat manajer keamanan (Gada Utama).

Minimal pendidikan satpam adalah telah menempuh pendidikan setingkat SMA/SMK dan lolos beberapa tes diantaranya tes kesehatan, tes bebas narkoba, dan lain-lain.

Keahlian apa yang harus dikuasai jika ingin jadi satpam?

keahlian kerjaan satpam
Inibaru.id

Sebagai garda depan dalam pelayanan keamanan, selain dituntut dengan kemampuan fisik yang prima, disiplin, tegas dan tanggap, terdapat 11 skill dasar seorang satpam.

Skill yang harus dimiliki satpam adalah pengetahuan dan kemampuan polisi terbatas, beladiri polri, pengenalan bahan peledak, dan NAPZA.

Skill pengenalan tongkat dan borgol polri, pengetahuan PBB (Peraturan baris berbaris) dan penghormatan, pengetahuan K3 dan EHS, pengetahuan dasar komunikasi radio dan alat keamanan.

Pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patrol, tindakan pertama di TKP, pembuatan laporan berita acara pemeriksaan (BAP).

Selain 11 skill dasar, terdapat 3 skill lainnya yaitu kemampuan dalam memberikan pelayanan (Customer Service), psikologi massa dan negosiasi, serta penangkapan dan penggeledahan.

Berapa pendapatan seorang satpam?

gaji kerjaan satpam
BSP Guard

Berdasarkan data Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI), jumlah satpam di seluruh Indonesia jauh lebih besar dari pada jumlah anggota polri.

Pada tahun 2018 ABUJAPI menggagas lahirnya standar renumerasi profesi satpam berbasis kompetensi sesuai ketententuan yang berlaku.

Sehingga nantinya gaji satpam adalah disesuaikan berdasarkan sertifikasi dan pengalaman profesinya, dengan kisaran terendah berada pada angka Rp 3 juta.

Gaji satpam di Bank termasuk tinggi, yaitu di rata-rata Rp 5 jutaan.

Bagaimana prospek masa depan jadi satpam?

prospek masa depan kerjaan satpam
Jurnal Security

Sebagian besar masyarakat berpikir satpam merupakan pekerjaan yang tidak memiliki perkembangan dalam hal jenjang karir.

Padahal karir jabatan satpam akan mengalami pertumbuhan bergantung pada sertifikasi yang sudah dimiliki.

Posisi sebagai manajer keamanan hanya dapat ditempati anggota satpam dengan sertifikasi gada utama.

Sedangkan anggota satpam dengan sertifikasi gada pratama atau gada madya dapat bekerja sebagai pelaksana, coordinator maupun penyelia.

Prospek kerja satpam adalah cukup menjanjikan.

Pada saat ini banyak sekali permintaan pasar baik dari instansi maupun lembaga perusahaan terhadap profesi satpam, banyaknya jumlah permintaan ini tidak seimbang dengan jumlah penyedia jasa.

Sehingga banyak satpam yang bekerja tanpa memenuhi standar kualifikasi yang sudah ditetapkan, bahkan tidak memiliki keahlian serta sertifikasi.

Hal ini yang kemudian membuat citra satpam menjadi buruk di mata masyarakat.

Leave a Reply