Profesi Tukang Kayu

Tukang Kayu adalah seorang pengrajin yang memiliki keterampilan dalam membuat ataupun memperbaiki dan mengolah material kayu menjadi barang-barang rumah tangga seperti pintu dan jendela, maupun membangun gedung dan bangunan serta membuat kerangka awal untuk mendirikan jembatan dan jalan.

untuk lebih mengenal profesi tukang kayu, berikut saya sajikan detail pekerjaan yang lebih populer di luar negeri ini.

Apa saja job desc yang harus dilakukan oleh tukang kayu?

kerjaan tukang kayu
sumaterapost.co

Pekerjaan Tukang Kayu adalah pekerjaan yang pernah digeluti oleh orang nomor satu di negeri ini, Bapak Joko Widodo.

Selain itu, Tukang Kayu wajib ada dalam setiap pengerjaan konstruksi, hal ini dikarenakan kayu merupakan material yang banyak dilibatkan dalam prosesnya.

Seorang Tukang Kayu konstruksi bekerja di bawah pengawasan mandor dengan tugasnya adalah melakukan perakitan dan memasang perancah serta bekisting, rangka atap kuda-kuda, tangga dan railing, lantai dan penutupnya hingga memasang dan menyetel kusen pintu dan jendela, rangka dan penutup plafon berdasarkan pola, spesifikasi teknik dan instruksi kerja yang sudah diberikan.

Kalau ingin jadi tukang kayu harus sekolah apa?

pendidikan tukang kayu
arkinar.co.id

Menjadi Tukang Kayu sangat identic dengan orang-orang tua, namun seiring dengan kemajuan jaman dan perkembangan metode dalam mengolah kayu Tukang Kayu tak lagi identic dengan pekerjaan kasar dan banyak diminati dan menjadi tren di kalangan anak-anak muda.

Banyak juga komunitas-komunitas yang didirikan guna memfasilitasi orang-orang yang tertarik dengan hobi berkayu.

Terdapat beberapa cara yang dapat ditempuh untuk menjadi seorang Tukang Kayu, yang paling umum dilakukan adalah dengan mengikuti magang selama 3 sampai 4 tahun guna mendapatkan pengetahuan dasar pelatihan kerja dari orang yang berpengalaman.

Agar dapat mengikuti magang, minimal pendidikan Tukang Kayu adalah SMA atau sederajat dengan usia minimal 18 tahun serta dinyatakan lulus dalam tes bebas narkoba.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti pelatihan yang diadakan oleh kontraktor.

Keahlian apa yang harus dimiliki oleh tukang kayu?

keahlian tukang kayu
Kompasiana.com

Skill yang harus dimiliki Tukang Kayu adalah kemampuan dalam menggunakan peralatan manual dan peralatan listrik, serta membuat komponen konstruksi kayu.

Disamping perlunya pelatihan formal dan on the job training, profesi Tukang Kayu juga harus dilengkapi dengan beberapa soft skill yang dapat memberikan dampak positif pada kinerjanya.

Diantara soft skill tersebut adalah kemampuan fisik yang bugar serta tangkas, memiliki kemampuan koordinasi mata-tangan dan keseimbangan, memiliki orientasi terhadap detail serta pandai melakukan pemecahan masalah.

Selain itu untuk menjadi seorang Tukang Kayu diperlukan ketekunan dan konsistensi.

Berapa pendapatan tukang kayu?

gaji tukang kayu
Internasional | Republika Online – Republika

Gaji seorang Tukang Kayu tidak dapat dipastikan, umumnya dibayarkan dengan system harian maupun borongan.

Untuk system harian, upah pekerja dihitung per hari sedangkan untuk upah borongan dibayarkan secara keseluruhan hingga pekerjaan diselesaikan.

Gaji Tukang Kayu adalah sama dengan Tukang Bangunan yakni untuk daerah Jakarta dan sekitarnya upah harian sebesar Rp 150 ribu.

Diluar upah tersebut Tukang Kayu yang menekuni bisnis dengan menghasilkan dan menjual hasil mebel buatannya sendiri dapat memperoleh omzet dan pendapatan yang mencapai ratusan juta.

Bagaimana prospek masa depan jadi tukang kayu?

prospek masa depan tukang kayu
pojok pitu

Karir jabatan Tukang Kayu professional yang mengantongi sertifikasi dapat mengalami peningkatan yakni sebagai supervisor konstruksi umum atau manajer proyek.

Prospek kerja Tukang Kayu adalah sangat banyak, utamanya yang memiliki pelatihan dan keterampilan.

Kebanyakan profesi Tukang Kayu juga terjun ke dalam bisnis dengan menjual produk-produk mebel yang dihasilkannya sendiri seperti lemari, kursi, rak dan lain-lain yang mampu ditawarkan baik di pasar local, nasional maupun internasional.

Leave a Reply