Prospek Kerja Ilmu Politik

Prospek kerja ilmu politik adalah bidang ilmu yang mengkaji tentang gejala atau fenomena yang berhubungan dengan sosial politik dan permasalahan sosial politik.

Prospek kerja ilmu politik sudah meluas karena sangat diminati oleh orang banyak apalagi jika kamu sangat ingin bergabung dengan dunia politik.

Lulusan ilmu politik akan sangat umum jika kamu memiliki wawasan yang sangat luas dan peka terhadap lingkungan maupun isu politik terbaru.

Perlu banyak orang yang paham lingkungan, untuk itu prospek kerja ilmu lingkungan sangat menjanjikan.

Kamu juga bisa terjun ke bagian jurnalistik khususnya dibidang sosial politik.

Hal yang dipelajari di Ilmu Politik

Hal yang dipelajari di ilmu politik adalah kamu mampu menerapkan dan menjalankan teori politik yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan politik sosial.

Kamu juga akan mengetahui politik bukan hanya di Indonesia saja, tetapi negara lain juga untuk perbandingan.

Profesi ilmu politik adalah segala profesi yang menyangkut dan berhubungan dengan jurusan ilmu politik.

Berikut profesi ilmu politik yang bisa kamu jadikan sebagai peluang prospek kerja ilmu politik.

1. Dosen

Dosen merupakan pekerjaan yang bersifat sebagai tenaga pendidik. Gaji yang akan kamu peroleh sekitar Rp 4-6jt perbulannya.

Untuk kamu yang tertarik ingin menjadi dosen, kamu terlebih dahulu untuk melanjutkan pendidikan mu hingga tingkat magister.

2. PNS

PNS merupakan pekerjaan yang berada di naungan pemerintah. Hampir setiap tahunnya pemerintah membuka pendaftaran untuk kamu yang ingin profesi ini. Gaji yang kamu peroleh akan sesuai dengan tingkat golonganmu.

Untuk golongan III biasanya kamu akan memperoleh gaji sekitar Rp 3-5jt. Semakin tinggi pendidikan, akan semakin tinggi pula kamu mendapatkan gaji.

3. Peneliti

Peneliti merupakan profesi yang sangat terlihat di era sekarang. Pekerjaan ini dibutuhkan karena sangat penting sebagai bahan referensi atau acuan sebagai partai politik atau calon anggota legislatif.

Baca juga: prospek kerja ilmu pemerintah.

Gaji yang biasanya diperoleh sekitar Rp 6jt.

4. Politisi

Politisi merupakan pekerjaan yang berada dibidang politik dan berhubungan dengan partai politik.

Jika kamu menginginkan pekerjaan ini kamu terlebih dahulu bergabung dengan partai politik untuk bisa membuat ide dan gagasan aspirasi milikmu.

Gaji yang diperoleh biasanya mencapai Rp 25-40jt.

5. Anggota DPR / MPR

Anggota DPR / MPR adalah pekerjaan yang sangat memungkinkan jika kamu lulusan jurusan ilmu politik.

Kamu akan mempunyai bekal dan wawasan yang luas terkait politik. Jangan sangka bahwa kamu akan mendapatkan gaji atau tunjangan yang sangat besar bahkan mencapai puluhan juta rupiah dalam satu bulannya.

6. Chocolatier

Chocolatier merupakan pekerjaan yang bergerak dibidang pengrajin coklat. Kamu harus bisa mempunyai daya kreatif yang tinggi. Gaji yang akan diperoleh yaitu Rp 2-4jt.

7. Aktivis LSM

Aktivis LSM merupakan profesi yang bergerak dan aktif dibagian lembaga tersebut. Kamu bisa menjadi anggota LSM dan bertugas untuk meningkatkan pelayan publik.

Prospek kerja ilmu politik sangat cerah, karena sampai kapanpun ilmu politik selalu dibutuhkan.

Gaji yang akan kamu peroleh bisa mencapai Rp 4-6jt.

8. Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat merupakan pekerjaan yang sangat umum untuk kamu yang pintar berkomunikasi. Kamu akan bertugas untuk menyebarkan informasi yang valid ke publik.

Berikut merupakan prospek kerja ilmu politik. Semoga membantu!

Leave a Reply