Prospek Kerja Teknik Kimia

Prospek kerja Teknik Kimia sama sekali tidak sempit. Terdapat banyak lapangan kerja yang dapat kamu bidik sesuai dengan yang kamu inginkan.

Lapangan kerja tersebut diantaranya adalah bidang makanan, barang sehari-hari, maupun tambang.

Hal-hal yang dipelajari di Teknik Kimia

Terdapat banyak hal yang dipelajari oleh mahasiswa teknik kimia, diantaranya adalah neraca massa dan energi, perancangan proses kimia, peristiwa perpindahan, perancangan pabrik, rekayasa reaksi kimia, dan lain sebagainya.

Jangan lupa baca: prospek kerja teknik elektro.

Prospek kerja teknik kimia sangatlah luas. Berikut adalah beberapa profesi yang dapat kamu pilih dengan memiliki keahlian di bidang teknik kimia:

1. Dosen

Sebagai tenaga pendidik, dosen memiliki tugas untuk mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan baik dalam hal teknologi, seni, maupun bidang yang lain.

Selain itu, menjadi dosen juga dituntut agar terus melakukan berbagai penelitian sesuai keahliannya dan memberikan bimbingan yang tepat pada mahasiswa.

Gaji dosen berkisar antara Rp. 3.000.000 – Rp. 7.000.000 setiap bulan.

2. PNS

PNS adalah sebuah lapangan pekerjaan yang menjadi idaman banyak orang. Secara garis besar, deskripsi pekerjaan PNS adalah menjalankan tugas yang ada di lembaga pemerintahan yang dijabat.

Tugas ini secara umum berorientasi pada satu titik yaitu mendorong kebijakan yang pro terhadap rakyat sehingga kehidupan masyarakat yang lebih baik dapat terwujud.

Gaji PNS berkisar antara Rp. 4.000.000 – Rp. 8.000.000 per bulannya.

3. Peneliti

Seorang peneliti kimia diperlukan di perusahaan maupun pabrik yang bergerak di bidang kimia. Tugasnya adalah meneliti produk baru yang dapat diluncurkan perusahaan.

Gaji yang bisa didapat seorang peneliti setiap bulannya adalah Rp. 3.500.000 – Rp. 8.000.000.

4. Environmental Risk Assessor

Environmental Risk Assessor adalah seorang penilai resiko lingkungan.

Penilaian ini penting dilakukan ketika seseorang hendak mendirikan suatu badan usaha di lokasi tertentu agar dapat teridentifikasi kerusakan lingkungan yang mungkin timbul, sehingga dapat ditangani lebih dini.

Baca juga: prospek kerja teknik fisika.

Gaji yang dapat kamu raup dari profesi ini adalah mulai dari Rp. 5.000.000 setiap bulan.

5. Quality Control

Seorang Quality Control bertugas untuk menjaga kualitas suatu produk yang diluncurkan oleh suatu perusahaan agar tetap sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Gaji yang bisa kamu kantongi jika menjadi seorang Quality Control adalah Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000 setiap bulan.

6. Environmental, Safety and Health Engineer

Insinyur Lingkungan, Keselamatan dan Kesehatan bertugas untuk menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja maupun lingkungan melalui berbagai upaya yang bisa dilakukan. Tugas yang dimiliki lebih bersifat preventif.

Tertarik? Gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan lho, yaitu Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000 per bulan.

7. Project Engineer

Seorang project engineer bertugas untuk memastikan bahwa proyek yang sedang berlangsung dapat selesai sesuai rencana tanpa melampaui deadline.

Keahlian yang diperlukan dalam profesi ini adalah kemampuan administrasi dan manajemen agar dapat mengelola proyek yang berjalan dengan baik.

Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai project engineer adalah Rp. 5.000.000 – Rp. 6.000.000 per bulan.

8. EPCC

EPCC adalah singkatan dari Engineering, Procurement, Construction and Commissioning yang artinya adalah Teknik Pengadaan, Konstruksi, dan Komisi.

Tugas seseorang yang bekerja di bidang EPCC adalah mendesign atau merancang sistem yang hendak dibangun, mengadakan pembelian barang dan lanjut pada pembangunan konstruksi yang sebelumnya telah dirancang.

Selain prospek Tekkim, prospek kerja teknik geologi di bidang tambang juga bagus.

Profesi ini memiliki gaji fantastis apalagi bagi CEO. Bagi seorang CEO di bidang tersebut dapat mengantongi gaji minimal Rp. 250.000.000 per bulan.

9. Industri Minyak dan Gas

Bagi kamu yang ingin bekerja di bidang ini, tugas yang akan kamu tanggung adalah melakukan upaya pencarian dan pengolahan bahan tambang termasuk pengembangan teknologi pengolahan serta pengembangan metode produksi.

Bagi orang yang bekerja di bidang tambang, gaji yang bisa diraup adalah sekitar RP. 4.500.000 – Rp. 10.000.000 per bulan.

Leave a Reply