Prospek Kerja Teknologi Informasi

Prospek kerja Teknologi Informasi (TI) adalah berkarir dengan melibatkan desain, pengembangan, dukungan, manajemen perangkat keras, perangkat lunak, multimedia, dan layanan integrasi sistem.

Permintaan teknologi baru akan terus tumbuh sehingga karir di bidang ini diharapkan selalu meningkat. Apa saja sih prospek kerja di bidang TI ini?

Hal yang Dipelajari di Teknologi Informasi

Beberapa hal yang dipelajari di TI adalah :

  1. Dasar-Dasar Teknologi Informasi
    Pengenalan luas tentang alat dan aplikasi yang berkaitan dengan komputer pribadi, aplikasi PC, jaringan, dan pengembangan web yang diperlukan dalam lingkungan TI.
  2. Pengantar Manajemen Data dan Informasi
    Tinjauan dasar-dasar manajemen data dan informasi yang berpusat pada keterampilan inti manajemen data dan organisasi database.
  3. Analisis dan Desain Sistem Bisnis
    Menguji peran sistem informasi dalam organisasi bisnis, termasuk konsep dan metodologi pengembangan sistem informasi bisnis.
  4. Masalah Hukum Dalam Keamanan Internet
    Menjelajahi bagaimana melindungi kekayaan intelektual dan kerahasiaan, melindungi konsumen dari identitas dan pencurian akun, dan melindungi perusahaan dari tuntutan pidana dan perdata.

Prospek kerja Teknologi Informasi sendiri ada banyak sekali, di antaranya adalah :

1. Dosen

Dosen TI adalah orang yang mengajar mahasiswa dengan jurusan TI. Tugas kerjanya adalah memberikan materi-materi terkait TI kepada mahasiswa. Kisaran gaji dosen TI sendiri adalah sekitar 3-5 juta.

2. PNS

PNS di bidang TI adalah orang yang bekerja di lembaga pemerintah. Tugas kerjanya sangat beragam, bisa memberikan dasar dalam bahasa pemrograman mencakup Perl, PHP, dan Python.

Mengeksplorasi karakteristik fungsional dari komponen komputer utama dan hubungannya dengan pengendalian oleh perangkat lunak juga menjadi tugasnya. Kisaran gaji PNS di bidang TI tergantung UMK yang berlaku, bisa 2-3 juta.

3. Peneliti

Peneliti IT adalah orang yang menemukan dan merancang pendekatan baru untuk teknologi komputasi dan menemukan penggunaan inovatif untuk teknologi yang ada.

Tugas kerjanya adalah mempelajari dan memecahkan masalah kompleks dalam komputasi untuk bisnis, sains, kedokteran, dan bidang lainnya. Kisaran gajinya adalah Rp 3-5 juta.

4. Web Programmer

Web programmer adalah orang yang merancang desain situs web. Tugas kerjanya adalah membuat dan menguji aplikasi untuk situs web.

Ia juga harus menulis kode untuk situs web, menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML atau XML. Kisaran gaji seorang web programmer sendiri 3-7 juta tergantung perusahaan yang mempekerjakan.

5. Android Programmer

Android Programmer adalah pengembang perangkat lunak yang berspesialisasi dalam mengembangkan aplikasi untuk OS Android

Tugas kerjanya adalah mengembangkan aplikasi, membuat aplikasi sederhana atau kompleks seperti PUBG, cookie dunia, candy crush, dll. Kisaran gajinya adalah Rp 3-5 juta.

6. Product Manager

Product Manager adalah orang yang bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan produk di seluruh Product Lifecycle.

Tugas kerjanya adalah menentukan visi produk, dan bekerja sama dengan teknik, penjualan, pemasaran, dan dukungan untuk memastikan pendapatan dan kepuasan pelanggan. Kisaran gajinya adalah Rp 4-7juta.

7. Networking

Networkers adalah pekerjaan yang membangun kesan pertama dan koneksi yang bagus untuk memastikan kesuksesan perusahaan.

Networker mempunyai tugas kerja untuk mewakili perusahaan di berbagai saluran online dan offline dan secara teratur berinteraksi dengan orang-orang. Kisaran gajinya adalah Rp 3-5 juta.

8. UI Designer

UI Designer adalah pekerjaan yang mengumpulkan kebutuhan pengguna, merancang elemen grafis, dan membangun komponen navigasi.

Tugas kerjanya adalah mendesain elemen antarmuka pengguna grafis, seperti menu, tab, dan widget dan sebagainya. Kisaran gaji seorang UI Designer adalah Rp 3-5 juta.

Kamu yang menyukai bidang TI, tenang saja! Ada banyak prospek kerja Teknologi Informasi yang bisa menjadi peluangmu!

Leave a Reply