Surat Perjanjian Kerja

Surat perjanjian kerja merupakan suatu elemen yang cukup penting baik untuk karyawan dan pihak perusahaan itu sendiri.

Dengan adanya surat tersebut, kedua belah pihak secara tidak langsung akan terikat pada hukum.

Sehingga tidak dapat berbuat semena – mena ketika bekerja.

Hal Yang Dimuat Surat Perjanjian Kerja

isi surat perjanjian kerja
isi surat perjanjian kerja

Semua hal yang dimuat surat perjanjian kerja harus sesuai dengan UU No 12 tahun 2003 pasal 53 ayat 1.

Berdasarkan undang-undang tersebut ada 9 unsur yang harus tercantum pada surat perjanjian kerja adalah sebagai berikut ini :

  1. Nama, alamat perusahaan dan jenis usaha
  2. Nama, jenis kelamin, umur dan alamat karyawan / pekerja
  3. Jabatan / jenis pekerjaan
  4. Tempat perusahaan / tempat bekerja
  5. Besarnya upah dan cara pembayaran
  6. Syarat kerja yang mencangkup hak dan kewajiban bagi pihak karyawan dan pengusaha
  7. Jangka waktu berakhirnya perjanjian kerja
  8. Tempat dan tanggal saat perjanjian kerja dibuat
  9. Tanda tangan kedua belah pihak

Tunjangan, Upah Dan Bonus

perjanjian gaji upah bonus
perjanjian gaji upah bonus

Hak karyawan atas tunjangan, upah dan bonus harus ada dalam setiap perjanjian kerja.

Rincian atas perhitungannya juga harus jelas.

Sehingga tidak timbul kesalahpahaman yang dapat berakibat maupun demo karyawan.

Besarnya gaji, tunjangan dan bonus yang merupakan hak utama dari setiap karyawan adalah suatu hal bersifat paten serta tidak dapat diganggu gugat.

Masa Kontrak

masa kontrak surat perjanjian kerja
masa kontrak surat perjanjian kerja

Dalam setiap perekrutan karyawan, sebaiknya menggunakan sistem kerja kontrak.

Hal ini sangat membantu untuk menilai karyawan.

Baik dalam keahlian, loyalitas dan potensial yang dimiliki setiap karyawan.

Dengan adanya sistem kontrak dapat dengan mudah memutuskan hubungan dengan karyawan yang tergolong kurang potensial dan tidak memiliki loyalitas.

Pemutusan hubungan kerja dapat berlangsung dengan baik dan jelas serta tanpa adanya debat.

Hal tersebut juga membuat masa kontrak merupakan hal yang penting dalam perjanjian kerja.

Selain tercantumnya berlakunya kontrak, harus disertakan juga hak dan kewajiban serta berbagai hal yang tidak boleh dilakukan saat berlakunya kontrak berlangsung.

Pelanggaran Dan Sanksi

sanksi surat perjanjian kerja
sanksi surat perjanjian kerja

Jenis pelanggaran dan sanksi yang sebaik tercantum pada perjanjian kerja merupakan peraturan yang berlaku dalam perusahaan.

Peraturan tersebut berisi tentang semua hal yang harus dilakukan oleh setiap karyawan.

Kemudian juga harus tercantum berbagai macam larangan yang harus dihindari dan tidak boleh dilakukan oleh para karyawan.

Larangan tersebut harus disertai dengan sanksi atas pelanggaran tersebut.

Semua yang terdapat pada perjanjian kerja memang cukup sepele, namun hal ini menjadi sangat penting penting.

Sementara akibat jika tidak membuat surat perjanjian kerja cukup fatal.

Akibat terburuk dengan tidak adanya perjanjian kerja yaitu karyawan dapat bekerja seenaknya.

Surat Perjanjian Pekerja Paruh Waktu

tips menulis surat perjanjian kerja paruh waktu
tips menulis surat perjanjian kerja paruh waktu

Beberapa perusahaan mungkin ada yang mempekerjakan karyawan paruh waktu.

Peran dari karyawan paruh waktu mungkin tidak begitu penting, tetapi tidak ada salahnya membuat surat perjanjian pekerja paruh waktu.

Isi dari perjanjian kerja paruh waktu tidak selengkap dengan perjanjian kerja dalam waktu penuh.

Dalam surat ini hanya berisi mengenai sistem upah yang dihitung per jam. Umumnya gaji yang diterima jauh dari upah standar.

Oleh karena itu saat melamar kerja paruh waktu, harus disertai dengan alasan melamar pekerjaan yang kuat dan logis.

Biasanya hal ini dilakukan oleh pelajar, sehingga referensi contoh surat lamaran kerja dan contoh surat keterangan kerja sangat penting untuk kelancaran belajar dan bekerja.

Surat Perjanjian Kerja Kontrak

tips menulis surat perjanjian kerja kontrak
tips menulis surat perjanjian kerja kontrak

Dalam surat perjanjian kerja kontrak hanya berlaku pada karyawan kontrak.

Dalam surat ini berisi tentang semua hak dan kewajiban karyawan. Lalu juga terdapat penjelasan tentang perhitungan upah serta durasi kerja.

Serta terdapat suatu persyaratan yang harus dipenuhi oleh karyawan kontrak yang nantinya akan diangkat menjadi karyawan tetap.

Saat persetujuan atas perjanjian pekerja kontrak, juga harus dijelaskan tentang perbedaan hak dan kewajiban bagi pekerja tetap.

Lalu juga sebaiknya dijelaskan tentang contoh surat pengunduran diri.

Jika suatu saat karyawan telah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Surat Perjanjian Kerja Lepas

tips menulis surat perjanjian kerja lepas
tips menulis surat perjanjian kerja lepas

Sekilas karyawan kerja lepas hampir sama dengan karyawan part time. Tetapi 2 hal tersebut merupakan berbeda.

Pada karyawan part time terikat dengan suatu perusahaan.

Sedangkan untuk karyawan kerja lepas sama sekali tidak ada kaitannya secara langsung pada suatu perusahaan.

Jadi kata lain para pekerja lepas memiliki kebebasan penuh.

Para pekerja lepas biasanya melakukan kerja sama dengan lebih dari satu perusahaan.

Adanya surat perjanjian kerja lepas ini termasuk sangat penting.

Dimana pekerja lepas yang pada dasarnya mempunyai tanggung jawab yang besar pada suatu perusahaan walaupun tidak terikat pada perusahaan tersebut.

Isi dalam perjanjian kerja lepas meliputi jangka waktu dan deadline project serta besarnya honor setelah project selesai.

Surat Perjanjian Karyawan Tetap

tips menulis surat perjanjian kerja karyawan tetap
tips menulis surat perjanjian kerja karyawan tetap

Karyawan tetap mungkin menjadi karyawan yang paling istimewa dalam suatu perusahaan.

Biasanya karyawan tetap memiliki hak yang lebih besar dari karyawan kontrak.

Nilai lebih dari karyawan tetap adanya hak istimewa mulai dari tunjangan, asuransi, cuti dan lain sebagainya.

Untuk surat perjanjian karyawan tetap jauh lebih kompleks daripada surat perjanjian kerja lainnya.

Dalam surat ini tidak hanya sekedar tercantum masa berlaku dan daftar hak dan kewajiban.

Tetapi setiap poin hak dan kewajiban harus diberikan penjelasan secara rinci atas pelaksanaannya.

Surat ini juga harus dibuat 2 rangkap, untuk perusahaan dan karyawan itu sendiri.

Format Surat Perjanjian Kerja

format surat perjanjian kerja
format surat perjanjian kerja

Sebagai salah satu surat resmi, cara membuat perjanjian kerja harus sesuai dengan aturan yang berlaku, terutama aturan yang telah ditetapkan pada UU No 12 tahun 2003 pasal 53 ayat 1.

Lalu format surat perjanjian kerja juga harus sesuai dengan pembuatan surat resmi, dimana harus ada kepala surat dan sebaiknya tanda tangan di atas materai.

Contoh Surat Perjanjian Kerja

contoh surat kontrak kerja karyawan outsourcing
contoh surat kontrak kerja karyawan outsourcing
contoh surat kontrak kerja karyawan yang baik dan benar
contoh surat kontrak kerja karyawan yang baik dan benar
contoh surat perjanjian kerja
contoh surat perjanjian kerja (slideshare)
contoh surat perjanjian proyek kontraktor
contoh surat perjanjian proyek kontraktor (academia.edu)
contoh surat perjanjian mou
contoh surat perjanjian mou (detiklife.com)
contoh surat kontrak kerja waktu tertentu
contoh surat kontrak kerja waktu tertentu (isplbwiki.net)

Penjelasan singkat mengenai surat perjanjian kerja di atas dapat dijadikan sebagai panduan dalam membuat perjanjian kerja.

Sehingga perjanjian bukan hanya sekedar perjanjian, melainkan suatu perbuatan yang harus disepakati.

Leave a Reply