Tips Kerja Online

Kerja online yang bisa dikerjakan dari rumah? Wah, pasti sangat menyenangkan sekali bukan? kapan lagi bisa bekerja tanpa terikat waktu dan bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

Anda yang ingin bekerja dengan fleksibel, bekerja secara online atau bisa disebut dengan freelance ini sangat menyenangkan.

Namun untuk bisa bekerja dengan fleksibel, ada banyak syarat yang harus Anda miliki baik itu softskill maupun hardskill.

Penasaran seperti apa pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah?

Apa Itu Kerja Online?

pengertian kerja online

Kerja online adalah pekerjaan yang membutuhkan internet untuk bisa mengerjakan segala tugas dan tanggung jawab yang dilakukan.

Di era yang serba teknologi ini, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet untuk menunjang pekerjaan itu.

Beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan secara online ada banyak sekali macamnya mulai dari asisten virtual, penulis artikel, web development, manajemen sosial media  dan masih banyak lagi jenisnya.

Semua pekerjaan tersebut bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu masuk kantor dan dibatasi oleh jam kantor.

Anda bisa mengerjakan tugas-tugas yang dilimpahkan kepada Anda kapanpun yang Anda mau asal sesuai dengan deadline yang diminta.

Kecanggihan teknologi saat ini memang sangat sayang untuk tidak dimanfaatkan.

Adapun salah satu bentuk pembaharuan dalam bidang pekerjaan di era serba teknologi ini adalah hadirnya kerja-kerja berbasis online.

Kerja online sangat cocok jika Anda mencari kerja part time.

Tips Mencari Kerja Online

Jika Anda sangat tertarik untuk bekerja secara online, Anda harus memiliki persiapan yang matang agar bisa bekerja freelance.

Apa saja sih tips untuk mencari kerja secara online itu sendiri?

1. Bergabunglah dengan banyak jaringan

menjaga networking

Setidaknya 60 % dari semua pekerjaan ditemukan melalui jaringan.

Jika Anda adalah tipe orang yang komunikatif, Anda harus bisa menemukan banyak jaringan untuk bisa memberikan Anda informasi mengenai lowongan pekerjaan.

Jaringan adalah tips yang sangat cocok untuk diandalkan karena banyak orang lebih bersedia memberi seseorang kesempatan kepada orang terdekatnya.

Jika Anda datang direkomendasikan oleh seseorang yang sudah mereka kenal dan percayai, maka kemungkinan Anda mendapatkan pekerjaan akan lebih mudah.

Bagaimana Anda memulai jaringan?

Berita baiknya adalah Anda mungkin sudah melakukannya.

Jika Anda bersosialisasi dengan kolega sekarang atau teman atau siapa pun di industri Anda, Anda bisa membuat dan menjalin koneksi yang akan membantu Anda menemukan pekerjaan, freelance atau sebaliknya.

Tujuan Anda sekarang adalah menjaga mata dan telinga Anda terbuka untuk peluang pekerjaan di sekitar Anda.

2. Awasi media sosial

selalu awasi medsos

Media sosial adalah media yang sangat bagus untuk calon freelancer.

Jaringan sosial yang bisa menginformasikan lowongan pekerjaan bisa berupa situs web pribadi Anda, instagram, twitter, facebook, whatsapp dan semuanya digabung menjadi satu bisa menjadi media yang tepat untuk Anda.

Anda dapat memanfaatkan kehadiran media sosial Anda saat ini dengan mengumumkan secara diam-diam ke koneksi tertentu yang sedang Anda cari kerja, atau memposting pemberitahuan umum di profil Anda sendiri bahwa Anda mencari pekerjaan online atau freelance.

3. Cari tahu melalui situs-situs job hunter

cari situs lowongan kerja

Ketika Anda memikirkan situs pekerjaan, Anda mungkin hanya berpikir dalam hal pekerjaan penuh waktu.

Namun pada kenyataannya, sebagian besar situs pencarian pekerjaan utama memungkinkan Anda untuk mencari pekerjaan freelance juga.

Anda bisa mencari pekerjaan yang Anda inginkan baik dengan kata kunci, filter, atau kategori.

Selain itu, ada banyak situs yang melayani orang-orang yang hanya mencari pekerjaan online saja.

4. Asosiasi profesional

ikut asosiasi profesional

Sebagian besar industri memiliki asosiasi profesional; ada baiknya untuk meneliti yang ada di bidang Anda, untuk melihat apakah ada nasihat karir, pendidikan, atau dukungan lainnya.

Untuk menemukan organisasi di daerah Anda, mulailah dengan teman terbaik Anda di sosial media dan jangan lupa untuk meminta rekomendasi teman dan kolega Anda yang sebenarnya.

Peluang Kerja Online

peluang kerja online

Cara mencari lowongan kerja online sendiri sangatlah mudah.

Jika Anda mencari pekerjaan tambahan selain pekerjaan penuh waktu Anda, Anda perlu berhati-hati agar pekerjaan paruh waktu Anda tidak mengganggu sumber penghasilan utama Anda.

Dibutuhkan sedikit perencanaan sebelumnya, bahkan sebelum Anda mulai mencari pekerjaan secara online

Bagaimanapun, mulailah dari yang kecil.

Jangan berkomitmen untuk 20 jam kerja ekstra.

Lakukan beberapa jam kerja, atau satu proyek untuk satu klien agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana Anda akan mengatasi beban kerja tambahan sebelum Anda berkomitmen lebih banyak waktu untuk pekerjaan online yang Anda jadikan pekerjaan sampingan.

Anda bisa menemukan banyak peluang kerja online di internet.

Jika Anda memiliki Twitter, Facebook, LinkedIn, Google+, Pinterest, atau jejaring sosial lainnya, Anda bisa memastikan bahwa siapa pun yang mengunjungi profil Anda dapat menulis dalam profil Anda bahwa Anda adalah seseorang yang sedang mencari pekerjaan.

Jika Anda menuliskan bahwa Anda spesialisasi freelance dan keahlian Anda tercantum dalam profil sosial media Anda maka orang yang melihat sosial media Anda dapat mengetahui dengan cepat bahwa Anda sedang mencari pekerjaan.

Anda juga bisa menemukan peluang kerja online di twitter.

Sosial media satu ini memiliki salah satu mesin pencari informasi terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mencari peluang pekerjaan online.

Cukup ketik beberapa permintaan pencarian berikut di kotak pencarian di bagian atas layar dan apa yang Anda inginkan akan ditemukan.

Jika Anda ingin melepaskan pekerjaan utama Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah  keluar dari pekerjaan Anda dan buatlah sebuah surat lamaran kerja.

Ada banyak alasan melamar pekerjaan online dan salah satu keuntungan kerja online adalah waktunya yang fleksibel.

Apakah Anda termasuk orang yang sedang mencari kerja online? Semangat,ya!

Leave a Reply