Tugas dan Tanggungjawab Content Writer

Tugas Content Writer cukup mudah, tentu menjadi peluang besar bagi Anda yang suka menulis dan bisa dilakukan via internet.

Jika Anda bergabung pada perusahaan jasa artikel, tentunya memiliki peraturan tertentu yang harus dipatuhi.

Nah, berikut ini tugas content writer secara umum.

Apa Itu Content Writer?

pengertian content writer
pengertian content writer

Ada beberapa Tugas Content Writer yang harus dikerjakan.

Sebelum membahas mengenai tugasnya, Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai Apa Itu Content Writer?

Content writer atau Penulis Artikel Adalah penulis profesional yang menulis artikel atau konten web untuk dipublikasikan di internet.

Latar Belakang Pendidikan

pendidikan content writer
pendidikan content writer

Menjadi seorang Content Writer dapat dari Latar Belakang Pendidikan apapun dan tidak harus berhubungan dengan Ilmu Komunikasi atau Sastra.

Hal penting yang harus ada pada content writer yaitu mempunyai keahlian dalam menulis.

Tapi, itu juga tidak terlalu penting.

Dari jurusan manapun, jika Anda suka menulis dan tiap hari menulis di berbagai platflorm maka Anda bisa menjadi seorang content writer.

Keahlian Content Writer

skill keahlian content writer
skill keahlian content writer

Ada beberapa Keahlian Content Writer yang harus dimiliki.

Keahlian utama yang harus dimiliki yaitu mampu menulis sebuah konten sehingga para pembaca tertarik untuk mendatangi website.

Anda harus memiliki keahlian mengenai SEO dasar dan minimal SEO onpage.

Content writer juga harus mampu melakukan riset yang berguna untuk mengembangkan konten yang ditulis.

Riset ini dilakukan dengan cara wawancara maupun dengan searching data-data yang digunakan untuk mengembangakan konten yang ditulis.

Tugas Tanggung Jawab Content Writer

tugas tanggungjawab content writer
tugas tanggungjawab content writer

Tugas tanggung jawab content writer yaitu meningkatkan jumlah pengunjung website dengan menulis konten artikel yang menarik.

Para content writer juga harus konsisten dalam memperbanyak konten artikel.

Yang paling sulit adalah konsisten, dengan tekanan yang tinggi Anda harus memproduksi kontent setiap hari. Misal, sehari Anda bisa dituntut menulis 5-10 konten.

Gaji content writer sendiri tergantung pada perusahaan diatas Anda. Jika Anda bekerja di perusahaan kecil maka gajinya hanya UMR kota setempat.

Tentu, gaji Anda sesuai dengan skill yang Anda miliki. Misal, jika kemampuan Anda hanya merewrite artikel yang telah ada maka gajinya standard.

Tapi, jika misal Anda memang ahli dalam suatu bidang dan Anda bisa menjabarkannya dengan bahasa yang baik maka satu artikel bisa dihargai 500ribu – satu juta.

Balik lagi, seberapa pengalamankah Anda sebagai seorang content writer?

Jenjang Karir Content Writer stabil, jika Anda terus meningkatkan kualitas tulisan Anda, tentu harga dari tulisan akan semakin mahal.

Jika Anda bekerja dalam sebuah tim, maka akan ada jenjang karir yang bisa Anda lalui. Yaitu: Editor, orang ini ada diatas content writer, yaitu mengoreksi tulisan sebelum di publish.

Selain itu, Anda juga bisa beralih menjadi keyword researcher atau topic researcher. Tugas keduanya yaitu mencari topik artikel yang akan ditulis.

Untuk membuat konten yang baik tentu tidak asal menulis, tapi harus ada point-point utama yang harus diperhatikan.

Misalkan, kontent ini membahas tentang content writer maka tugas keyword researcher adalah mencari list-list kata kunci yang harus ada dalam artikel tersebut.

Seorang keyword researcher handal pasti bisa menulis artikel, makannya hampir tidak mungkin bisa menjadi keyword researcher jika sebelumnya bukan seorang content writer.

Sesudah itu, Anda juga bisa menjadi seorang content marketing. Yang bertugas membuat konten yang akan meningkatkan penjualan.

Di era digital ini content marketing semakin kompleks, karena ada banyak platflorm dengan kriteria yang berbeda.

Tugas content marketing ini adalah bagaimana cara menyajikan konten yang sama di banyak platflorm sesuai dengan kriteria platflorm tersebut.

Misal, karakter user dan platflorm facebook, instagram dan linkedin tentu berbeda. Bagaimana cara menyajikan konten yang sama di 3 platflorm berbeda?

Jika Anda sudah pro, gajinya bisa sampai 7-10 juta minimal.

Pada intinya, tugas content writer yang paling utama yaitu mampu menulis konten dengan bagus dan berhasil menarik banyak masyarakat untuk mengunjungi website.

Jika Anda belum memiliki keahlian menulis, Anda dapat belajar hingga Anda menguasainya dan siap menjadi seorang content writer.

Leave a Reply