Tahukah Anda tentang profesi tugas customer service?
Ketika Anda mengalami masalah ataupun keluhan terhadap beberapa hal, seperti masalah layanan kartu jaringan komunikasi, keuangan di bank, dan beberapa layanan jasa, pasti ada seseorang yang akan membantu Anda menemukan jalan keluar.
Pada umumnya, masyarakat mengenal pekerjaan tersebut sebagai customer service.
Namun, adakah hal yang lainnya? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!
Topik Pembahasan:
Apa itu Customer Service?
CS adalah singkatan dari customer service yang mana sering digunakan oleh masyarakat dalam penulisan pada teks ataupun dalam penyebutan.
Customer service adalah sebuah layanan yang diberikan pada pelanggan untuk membantu menemukan solusi dari beberapa keluhan maupun masalah yang mereka hadapi dan tidak mampu diatasi sendiri.
Selain itu, customer service juga menjadi sebuah jembatan penghubung antara kantor pelayanan jasa dengan pelanggan atau masyarakat yang menggunakan jasa dari perusahaan tersebut.
Latar Belakang Pendidikan
Ketika Anda melamar pekerjaan, salah satu hal yang harus dicantumkan pada surat lamaran adalah latar belakang pendidikan.
Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan Anda apakah sesuai dengan jabatan yang Anda inginkan, seperti Customer Service misalnya.
Sebab tugas customer service tidaklah mudah dan membutuhkan keahlian dalam berkomunikasi.
Tidak ada jurusan khusus untuk pekerjaan ini, yang jelas Anda harus pandai berkomunikasi, tidak mudah panik, dan bisa menyelesaikan masalah saat itu juga.
Tapi, jurusan yang cocok biasanya jurusan Ilmu Komunikasi, psikologi, atau yang berhubungan dengan sosial lain.
Tugas Tanggung Jawab Customer Service
Agar menjadi seorang customer service, Anda harus mengetahui beberapa tugas, yaitu:
- Membangun hubungan baik dengan pelanggan yang menggunakan layanan jasa.
- Menerima tamu dengan ramah.
- Sebagai penghubung atau jembatan komunikasi kantor penyedia jasa dan pelanggan.
Tanggung jawab dari customer service:
- Melindungi keseluruhan catatan transaksi
- Memberikan solusi dari segala permasalahan
- Memberikan informasi hasil dari tindak lanjut dari keluhan pelanggan
- Memberikan referensi produk yang cocok
Syarat Menjadi Customer Service
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi CS, antara lain:
Syarat fisik, yaitu:
- Penampilan menarik
- Sehat jasmani dan jiwa
- Tinggi badan proporsi, laki-laki 165cm, wanita 160cm (jika CS phone / online tidak perlu)
Syarat sifat kepribadian, yaitu:
- Tidak suka berkata kotor
- Humoris dan ingin selalu berkembang
- Gesit dan energik
- Bisa mengendalikan diri dan emosi
- Tidak gampang marah
Syarat sosial, yaitu:
- Bijaksana
- Punya jiwa sosial tinggi (tidak egois)
- Sifat baik / berbudi pekerti luhur
- Suka bergaul
- Bisa bekerja dalam tim
Selain itu ada syarat mental, yaitu kuat dalam melayani konsumen.
Karena, tidak sedikit konsumen yang suka marah-marah tidak jelas.
Untuk itu butuh mental kuat dalam menyelesaikan masalah konsumen tanpa terpancing emosi.
Keahlian Customer Service
Sebagai seorang customer service, Anda diharuskan untuk memiliki keahlian seperti berikut ini:
- Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik
- Mempunyai pengetahuan tentang produk
- Mampu mengatasi segala bentuk keluhan
Gaji customer service pada umumnya tergantung dengan kantor perusahaan yang menaunginya.
Namun rata-rata gaji customer service adalah lebih dari Rp 5 juta setiap bulannya dan belum dipotong pajak.
Jenjang karir customer service setiap perusahaan layanan juga berbeda, seperti di Bank atau Jasa Komunikasi.
Tugas customer service juga satu level lebih tinggi jika dibandingkan dengan teller bank.
Demikian beberapa informasi lengkap seputar customer service yang dapat Anda ketahui.
Jika Anda tertarik untuk memiliki jabatan tersebut, Anda bisa mendaftarkan diri dengan melengkapi berbagai persyaratan yang telah ditentukan.