Tugas dan Tanggungjawab Marketing Communication

Tugas Marketing Communication perlu Anda ketahui sebelum memilih pekerjaan yang satu ini.

Seorang marketing communication bertugas untuk menjalankan strategi komunikasi dalam mengkomunikasikan suatu layanan atau produk baik individu, organisasi maupun perusahaan.

Selain itu, marketing communication bertanggung jawab akan berjalannya bisnis suatu perusahaan.

Apa Itu Marketing Communication?

pengertian marketing communication

Marketing communication berasal dari dua kata bahasa inggris, Marketing artinya Pemasaran dan Communication artinya Komunikasi.

Komunikasi Pemasaran Adalah sarana yang digunakan individu atau perusahaan untuk menginformasikan, membujuk, dan menanamkan ingatan atas produk atau layanan yang dibangun kepada konsumen.

Komunikasi pemasaran juga bertugas untuk mempresentasikan, membangun merek dan nilai jual dari suatu perusahaan.

Goal Marketing Communication

tujuan marketing communication

Berikut ini adalah tujuan yang harus dicapai oleh bagian marketing coomunication:

  1. Meningkatkan brand awareness (kesadaran merk perusahaan)
  2. Menaikkan penjualan dan pemasukan
  3. Memperbesar jaringan perusahaan atau scale up
  4. Membantu mencapai target visi misi perusahaan
  5. Menyajikan data untuk di analisa dan riset untuk mengambil keputusan
  6. Meningkatkan kepuasan konsumen

Latar Belakang Pendidikan

latar belakang pendidikan marketing communication

Latar Belakang Pendidikan untuk bekerja sebagai Marketing Communication yaitu menempuh pendidikan minimal D3 atau S1 segala jurusan.

Jurusan komunikasi tentu menjadi nilai plus bagi pelamar.

Gaji Marketing Communication tidak tanggung-tanggung hingga puluhan juta rupiah.

Alasan melamar pekerjaan pada profesi ini adalah Jenjang Karir Marketing Communication yang jelas sehingga banyak diburu oleh masyarakat terutama kaum muda.

Tugas Tanggung Jawab Marketing Communication

1. Membuat Promosi

membuat promosi marketing communication

Salah satu Tugas Marketing yaitu membuat promosi suatu produk atau jasa dari individu maupun perusahaan.

Promosi ini menjadi aktivitas penjualan produk yang sifatnya dapat jangka panjang maupun pendek.

Sifat tersebut tergantung pada kebutuhan perusahaan dan strategi yang sudah dibuat.

Jika promosi dikeluarkan untuk menarik konsumen dalam jangka pendek, biasanya pengkomunikasiannya relatif seingkat.

2. Membuat dan Menjalankan Iklan

menjalankan iklan marketing communication

Tugas Tanggung Jawab Marketing Communication selanjutnya yaitu membuat dan menjalankan iklan.

Iklan berpengaruh besar atas penjualan produk atau layanan perusahaan.

Tugas ini menjadi tugas penting untuk menunjang penjualan produk yang stabil dan meningkat dari waktu ke waktu.

3. Membangun Merek

membangun merk marketing communication

Komunikasi Pemasaran bertugas untuk membangun merek yang sangat berpengaruh dalam perjalanan perusahaan.

Ketika merek perusahaan sudah terbangun, maka perusahaan akan mendapatkan kepercayaan publik, lebih mudah dalam menjual produk dan mendapatkan investasi modal atau saham.

4. Menganalisis Produk atau Layanan Perusahaan

analisis produk marketing communication

Marketing Communication juga bertugas untuk menganalisis produk atau layanan perusahaan.

Anda harus membuat laporan produk apakah sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar, sehingga penjualan produk akan maksimal. Menganalisis produk juga berujung pada menghapus, menambah atau

Keahlian Marketing Communication

Ada beberapa Keahlian Marketing Communication yang harus dimiliki seperti :

1. Komunikasi Bagus

komunikasi bagus marketing communication

Seorang Marketing Communication atau Komunikasi Pemasaran harus memiliki komunikasi yang bagus.

Karena komunikasi menjadi penentu dalam kegiatan pekerjaan ini.

Dengan komunikasi yang bagus pasti mudah di mengerti dan dipahami oleh konsumen dari tujuan pemasarannya.

2. Berpikir Cepat

berpikir cepat marketing communication

Marketing Communication merupakan pekerjaan lapangan, sehingga mengharuskan Anda untuk berpikir cepat.

Anda berhubungan langsung dengan konsumen maupun investor sehingga harus segera menemukan solusi atau ide untuk segala pertanyaan yang dilontarkan.

Pemikiran yang cepat akan berpengaruh besar pada pemecahan masalah.

3. Softskill

softskill marketing communication

Keahlian yang harus dimiliki yaitu softskill yang bagus yang berguna untuk mengatasi permasalahan yang muncul.

Tidak hanya itu, softskill yang bagus mampu memperbaiki kekacauan dan memodifikasi tujuan dari produk atau layanan seiring dengan berjalannya waktu.

Tugas Marketing Communication memang sangat banyak.

Namun pekerjaan yang dilakukan sebanding dengan gaji yang diperoleh.

Tidak heran jika bekerja sebagai marketing communication diburu oleh banyak orang.

Leave a Reply