Bagan Struktur Organisasi

Bagan struktur organisasi adalah hal penting dalam suatu badan atau organisasi yang terstruktur.

Ada banyak istilah yang sering didapati dalam dunia organisasi. Salah satunya adalah bagan struktur organisasi.

Keberadaan ini dinilai cukup penting karena dapat memberikan penjelasan sederhana dan mudah dimengerti melalui tampilan diagram.

Diagram yang ditampilkan ini akan memperlihatkan alur kerjasama beserta tanggung jawab dan wewenang dari masing-masing divisi sehingga lebih terstruktur dengan jelas.

Setiap tarikan garis dalam bagan memiliki arti tersendiri untuk memperlihatkan hubungan.

Hal ini memang tidak bisa dipungkiri karena sejatinya baik itu perusahaan, lembaga maupun organisasi sama-sama membutuhkan kerjasama untuk mencapai tujuan.

Oleh sebab itulah, terdapat bagan yang dapat memperlihatkan alur kerjasama yang terjalin di dalamnya.

Apa Itu Bagan Struktur Organisasi?

apa itu bagan struktur organisasi

Bagan struktur organisasi adalah sebuah diagram yang menunjukkan struktur internal yang ada dalam sebuah perusahaan.

Dari diagram tersebut dapat diketahui alur kerjasama yang terjadi beserta hubungan yang ada di dalamnya dengan cara lebih praktis.

Visual yang ditampilkan akan lebih mudah dipahami karena karena lebih sistematis dan ringkas. Kamu yang melihatnya secara kasat mata akan langsung mengetahui seperti apa hubungan, tanggung jawab serta peran yang ada dalam perusahaan bersangkutan.

Mengingat bahwa struktur memiliki makna susunan, maka dalam bagan yang ditampilkan akan terlihat tingkatan peran dan tanggung jawab.

Meski demikian, antara satu dengan yang lainnya saling bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan tempat mereka bekerja.

Bagan struktur organisasi juga memungkinkan bagi orang lain untuk bisa memahami lebih luas pengorganisasian yang ada dalam perusahaan hingga sampai pada tingkatan unit maupun departemen tertentu. Dengan begitu, informasinya semakin mudah diserap.

Elemen Bagan Struktur Organisasi

elemen bagan struktur organisasi

Setelah memahami apa itu bagan struktur organisasi, maka hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah elemen yang ada di dalamnya.

Sejatinya terdapat beberapa elemen dalam sebuah bagan struktur organisasi yang sangat penting keberadaannya.

Elemen-elemen yang dimaksud meliputi:

  • Spesialisasi pekerjaan,
  • Rantai komando,
  • Sentralisasi dan desentralisasi,
  • Formalisasi,
  • Rentang kendali dan
  • Departementalisasi.

Spesialisasi pekerjaan ini menjadi elemen penting dalam melihat pembagian tugas.

Rantai komando menjadi elemen penting yang memperlihatkan wewenang lewat sebuah garis mulai dari tingkatan paling atas hingga tingkatan paling bawah. Akan terlihat pula alur tanggung jawab di masing-masing bagian sehingga lebih jelas.

Sentralisasi dan desentralisasi menjadi elemen yang menunjukkan sejauh mana sebuah pengambilan keputusan dapat fokus pda titik tertentu dalam organisasi yang bersangkutan. Formalisasi menjadi elemen petunjuk sejauh mana pekerjaan dibakukan.

Rentang kendali merupakan elemen yang diarahkan oleh manajer kepada bawahan dengan cara efektif dan efisien. Serta yang terakhir elemen departementalisasi guna mengelompokkan pekerjaan yang ada secara bersamaan.

Elemen-elemen ini merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari struktur organisasi karena letak makna pemahamannya ada di sana.

Dengan memahami elemen yang ada, maka bagan yang menampilkan struktur akan lebih mudah dibaca dan dianalisis.

Apa Saja Fungsi Bagan Struktur Organisasi?

fungsi bagan struktur organisasi

Hal penting lain yang perlu diketahui dari bagan struktur organisasi adalah fungsinya. Mengetahui fungsinya sama dengan mengetahui secara lebih terperinci mengapa suatu bagan struktur organisasi penting untuk dibuat sebaik mungkin.

1. Memperjelas Tanggungjawab

Adapun fungsi dari bagan struktur organisasi terbagi atas beberapa mulai dari memperjelas tanggung jawab yang dibebankan kepada setiap anggota yang ada dalam organisasi bersangkutan hingga mengawasi dan mengendalikan berbagai hal oleh atasan.

2. Memperjelas Koordinasi

Fungsi selanjutnya ialah memperjelas koordinasi serta kedudukan dalam organisasi guna memperlancar komunikasi yang akan terjalin.

Dengan adanya komunikasi yang baik tentu akan semakin mendukung suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

3. Memberi Kejelasan Alur Hubungan Antar Individu

Fungsi lain yang tidak kalah penting adalah memberikan kejelasan terhadap alur ataupun jalur hubungan antar individu dalam suatu organisasi supaya proses bekerja menjadi lebih efisien. Dengan begitu, semua individu yang terlibat bisa merasakan kemudahan.

Masing-masing fungsi ini memang sangat mendukung satu sama lain sehingga apabila benar-benar berhasil dijalankan, maka bagan yang tadinya hanya sebuah diagram akan berubah menjadi perencanaan masa depan organisasi yang begitu krusial.

Jika dilihat fungsinya satu per satu bisa dilihat bahwa kejelasan menjadi hal utama yang sangat dikedepankan. Hal ini mengingat adanya tanggung jawab yang tidak sembarang yang harus dijalankan dengan baik oleh masing-masing individu dalam organisasi bersangkutan.

Jenis-Jenis Bagan Struktur Organisasi

Bagan struktur organisasi terbagi lagi menjadi beberapa jenis yang membuatnya berbeda satu sama lain.

Adapun jenis yang dimaksud adalah hierarki, matkis, lingkaran dan juga fungsional. Masing-masing jenis tersebut dapat dijelaskan di bawah ini.

1. Bagan Struktur Organisasi Hierarki

contoh bagan struktur organisasi hierarki
teorikux.blogspot.com

Jenis bagan struktur organisasi hierarki ini merupakan bagan struktur yang bertingkat berisikan berbagai komponen yang ada dalam sebuah organisasi.

Jenis hierarki ini memperlihatkan tingkatan dan tanggung jawab berbeda di masing-masing komponen.

2. Bagan Struktur Organisasi Matriks

contoh bagan struktur organisasi matriks
berbagistruktur.blogspot.com

Jenis bagan struktur organisasi matriks ini dibuat guna memudahkan jalannya program maupun proyek.

Dalam hal ini akan tampak wewenang secara horizontal yang diterima oleh manajer proyek dari atasan. Dengan demikian, anggota memiliki wewenang ganda.

3. Bagan Struktur Organisasi Lingkaran

contoh bagan struktur organisasi lingkaran circle
pu.go.id

Jenis bagan struktur organisasi lingkaran ini memperlihatkan alur wewenang dari mulai tingkat tertinggi hingga tingkatan paling rendah. Penyusunannya dilakukan dari arah pusat lingkaran kemudian mengarah ke bidang lingkaran.

4. Bagan Struktur Organisasi Fungsional

contoh bagan struktur organisasi fungsional
16111592.blogspot.com

Bagan struktur organisasi fungsional merupakan jenis yang sering digunakan untuk organisasi mana saja.

Hal paling mudah untuk membedakan jenis bagan satu ini dengan lainnya adalah tentang pembagian kerja yang dilakukan.

Dalam bagan akan terlihat bahwa beban kerja akan dibagi di masing-masing unit sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Misalnya saja soal manajemen yang terbagi atas pemasaran, keuangan, lingkungan dan lainnya.

Leave a Reply