Cara Menghilangkan Stress Pikiran

Cara menghilangkan stress pikiran adalah hal yang sudah menjadi popular dicari banyak netizen. Dari semua yang ada masing-masing orang mempunyai cara sendiri dan berbeda – beda untuk menghilangkan rasa stress.

Kepribadian orang yang beragam membuat setiap orang mempunyai cara menghilangkan stres pikiran berbeda – beda.

Jika kamu mempunyai teman yang sedang stress, sebaiknya tidak menyarankan begitu saja cara untuk menghilangkan stress yang sering kamu lakukan.

Cara yang kamu punyai mungkin tidak akan efektif untuk menghilangkan rasa stres bagi orang lain.

Apa itu Pengertian Stress?

apa itu stress

Definisi stress secara umum ialah salah satu bentuk reaksi tubuh seseorang yang menghadapi ancaman, tekanan ataupun perubahan.

Reaksi tubuh itu berupa sebuah kondisi dimana seseorang tidak dapat mengatasi tuntutan yang diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Rasa stress ini tidak hanya terjadi pada manusia, hewan juga bisa mengalami rasa stress. Faktanya rasa stress ini merupakan hal yang sangat wajar karena hidup manusia tidak selalu berjalan dengan baik – baik saja. Setiap orang pasti memiliki masalah dan tanggungan.

Definisi Stress Menurut Para Ahli

Sedangkan pengertian stress menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

1. Robbins

Stress adalah sebuah kondisi dimana keadaan psikis seseorang ditekan untuk mencapai sesuatu kesempatan.

Saat mencapai kesempatan itu, seseorang pasti akan menghadapi penghalang dan selalu ada batasan.

2. Selye

Stress ialah salah satu respon non specific yang berasal dari tubuh manusia dalam setiap tuntutan.

3. Anogara

Stress yaitu bentuk tanggapan seseorang, baik itu secara fisik / mental akan perubahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Perubahan itu terasa cukup mengganggu dan membuat seseorang merasa terancam.

4. Weinberg dan Gould

Stress merupakan sebuah kondisi seseorang dimana tidak adanya keseimbangan antara kemampuan dan tuntutan baik itu secara psikis maupun fisik.

Sehingga orang itu tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan dan berakibat krusial.

Berdasarkan pemicunya, stress terbagi menjadi 2 faktor. Pertama yaitu stress eksternal yang disebabkan oleh pemicu dari lingkungan sekitar. Misalnya keluarga, lingkungan kerja, tetangga, lingkungan sekolah dan lain sebagainya.

Kedua yaitu stress internal yang penyebabnya berasal dari diri sendiri. Misalnya penyakit yang tidak kunjung sembuh, kondisi fisik yang tidak sesuai dengan harapan, rasa tidak puas terhadap diri sendiri dan lain – lain.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stress Pikiran?

Ada 7 buah cara menghilangkan stres pikiran, antara lain sebagai berikut :

1. Olahraga

olahraga menghilangkan stress

Dengan olahraga dapat memicu tubuh memproduksi hormon endorfin. Hormon ini dapat memperbaiki suasana hari seseorang dan pereda rasa nyeri secara alami.

Karena itu olahraga dapat membuat kadar stress pikiran menurun, begitu pula dengan hormon stressnya.

Ada pula hal lain yang membuat olahraga dapat menguji rasa stress pikiran. Aktivitas fisik membuat tubuh menjadi lemah dan butuh istirahat.

Secara tidak langsung tubuh akan lebih memilih untuk beristirahat dan sejenak melepaskan beban pikiran.

Dengan olahraga pula dapat membuat sistem metabolisme dan peredaran darah lancar. Jadi tubuh akan merasa bugar.

2. Melakukan kegiatan yang disukai

Jika teman / orang disekitarmu sedang merasa stress, kamu dapat menyarankan untuk melakukan kegiatan yang disukai / hobi.

Saat melakukan hobi pikiran akan lebih fokus pada kegiatan hobi yang dilakukan dan melepas beban pikiran yang menyebabkan stress.

Selain itu melakukan hobi akan membuat hati menjadi lebih senang. Lalu tidak lagi merasa sedih serta dapat berpikir dengan jernih dan dapat melupakan hal yang dibenci.

3. Mendengarkan musik

mendengarkan musik menghilangkan stress

Musik sering digunakan sebagai alat pengobatan alternatif / pendamping pengobatan medis. Musik pun dapat membuat hati dan pikiran menjadi tenang.

Musik sendiri mempunyai sifat persuasif. Sehingga setiap orang akan lebih mudah terhanyut dalam alunannya.

Bahkan dapat menghipnotis dan menyentuh hati seseorang dari lubuk yang paling dalam. Misalnya saat mendengar lagu Bunda dari Melly Geoslaw, sebagian besar orang akan meneteskan air mata.

Setiap genre musik juga dapat mempengaruhi hati seseorang. Bahkan seolah dapat mengingatkan kembali akan memori pahit hingga manis.

Jika kamu ingin merasa senang dapat mendengarkan lagu seperti Okey Dockey dari Zico dan Mino.

Apalagi mengingat adegan Han Seojun / Hwang in Yeop yang sangat viral. Hal itu akan membuatmu merasa sangat terhibur.

4. Touring

Khusus untuk cara menghilangkan stres satu ini sebaiknya tidak dilakukan seorang diri. Meskipun terkadang membutuhkan waktu untuk sendiri sembari melakukan self traveling.

Sayangnya itu mungkin tidak akan efektif untuk menghilangkan rasa stress pikiran.

Oleh karena itu sebaiknya meminta teman untuk menemani touring meskipun hanya seorang sahabat.

Lalu buat rencana untuk mengunjungi tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Dengan ini akan membuat suasana touring menjadi sangat menyenangkan.

5. Meditasi

meditasi menghilangkan stress

Meditasi mungkin terkesan sangat kuno dalam melepaskan stress. Tetapi cara ini juga sangat efektif untuk menenangkan pikiran.

Caranya pun hanya cukup memilih tempat yang tenang dan sunyi untuk meditasi.

6. Mengkonsumsi makanan sehat

Ada beberapa orang yang lebih memilih melampiaskan rasa stress dengan makanan. Namun ada satu hal yang perlu diingat. Pilihan makanan yang sehat, sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Dengan kata lain rasa stress dapat hilang dan terhindar dari penyakit. Jika memakan makanan yang sembarangan, maka meskipun rasa stress hilang lalu ada penyakit yang datang.

7. Tidur

tidur menghilangkan stress

Sebagian besar orang yang sedang mengalami stress pikiran pasti akan mengalami masalah tidur / insomnia.

Cobalah dengan keras untuk bisa tidur dengan lelap. Tidur dan istirahat yang cukup juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa stress.

Itulah tips / cara menghilangkan stres pikiran yang sangat efektif. Dari ketujuh tips di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk mengurangi rasa stress.

Leave a Reply