Tips Wawancara: Ceritakan Tentang Diri Anda

Ceritakan tentang diri Anda adalah salah satu pertanyaan yang biasanya digunakan untuk mengawali sebuah wawancara.

Mungkin pertanyaan ini terlihat sepele namun ternyata banyak dari pencari kerja yang tidak menjawab pertanyaan ini dengan tepat.

Nah, buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk wawancara kerja sebaiknya simak ulasan mengenai pertanyaan-pertanyaan dan juga cara menjawab beberapa pertanyaan saat wawancara.

Apa yang Dicari oleh Pewawancara?

yang dicari oleh interviewer

Saat melakukan wawancara dan pewawancara mengajukan pertanyaan ceritakan tentang diri Anda, terdapat beberapa informasi yang dicari oleh pewawancara darimu.

Nah, di bawah ini adalah beberapa informasi yang mereka cari.

1. Kemampuan memahami diri sendiri dan keahliannya

Untuk mengetahui pemahaman kandidat mengenai keahliannya, hal ini bisa dilihat dengan mudah dari jawaban pertanyaan mengenai keahlian mereka. Namun, lain halnya dengan kemampuan untuk memahami diri sendiri.

Untuk jawaban dari pertanyaan satu ini seorang pewawancara tidak hanya mencari jawaban tentang identitasnya, akan tetapi yang mereka cari adalah apa arti perjalanan hidupnya.

Kandidat yang sudah memahami dirinya sendiri pastinya akan paham dengan kelebihan, kekurangan, dan cita-cita mereka.

Berbekal pemahaman ini, maka mereka akan mengetahui langkah apa yang harus diambil untuk mencapai cita-citanya.

2. Mengetahui hal-hal umum

Seorang pewawancara ternyata juga mengetes pengetahuan kamu melalui hal-hal umum baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

Setelah kamu mengetahui hal-hal tersebut, kamu pun harus mampu mengaitkannya dengan keahlian yang kamu miliki baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Menyimak pertanyaan pewawancara dengan baik

Saat melakukan wawancara pastinya kamu harus menyimak pertanyaan pewawancara dengan baik yang bisa ditunjukkan dengan bersikap attentive dan simpatik.

Contoh dari sikap attentive yang bisa kamu tunjukkan selama wawancara adalah dengan tersenyum, menganggukkan kepala, menggumam untuk menandakan persetujuanmu terhadap pernyataan, dan juga mengerutkan dahi.

Sementara untuk sifat simpatik maksudnya adalah nada bicara kamu selama wawancara harus jelas dan tegas namun tidak terkesan menggurui.

4. Menggunakan kalimat yang baik

Saat melakukan wawancara, kamu pun bisa memberikan apresiasi terhadap proses seleksi nya berjalan lancar atau kinerja panitianya yang bagus. Yang pasti tetap gunakan bahasa yang baik dan utamakan kejujuran dalam menyampaikannya.

Selain menggunakan kalimat positif, kamu pun harus menggunakan kalimat yang runtut dan jelas. Dan biasanya dalam wawancara kamu juga diberi kesempatan untuk bertanya.

Nah, jika kamu ingin bertanya pastikan untuk memilih pertanyaan yang tepat dan menggunakan bahasa yang tepat juga.

5. Memahami basa-basi

Selain memahami penggunaan bahasa yang baik, kamu juga harus paham tentang basa-basi baik di Indonesia maupun untuk basa-basi yang digunakan di luar negeri.

Untuk menambah pengetahuankamu mengenai hal ini, kamu bisa mencari tahu dari internet dan jangan lupa untuk sering-sering berlatih agar kamu terbiasa.

6. Bersikap meyakinkan dan santun

Berkeyakinan kuat dan percaya diri adalah sikap yang disukai pewawancara. Ketika kamu percaya diri maka kamu akan bersikap dengan santun, ramah serta murah senyum.

Selain itu, jangan lupa untuk bersikap santun yang ditunjukkan dengan keyakinan bisa menjawab pertanyaan saat wawancara dengan sebaik-baiknya.

Bagaimana Tips Menjawab Pertanyaan Ceritakan Tentang Diri Anda?

tips menjawab wawancara ceritakan tentang diri anda

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara, terdapat beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk pedoman seperti yang ada di bawah ini.

1. Perkenalan Singkat Biodata

Saat menjawab pertanyaan tentang perkenalan singkat biodata ini, kamu harus menyebutkan nama, latar belakang pendidikan, dan jangan lupa asalmu.

Pada bagian ini, kamu harus menjawab dengan singkat dan jelas dalam waktu kurang lebih 1 menit.

2. Menjelaskan Resume

Untuk menjelaskan resume yang sudah kamu buat, kamu bisa menjelaskan keahlian, keterampilan dan juga riwayat pekerjaanmu dulu.

Untuk menjelaskan keahlian, pastikan untuk memberikan prestasi atau hasil yang sudah kamu dapatkan dari keahlian tersebut.

3. Menjelaskan Posisi yang Dilamar

Nah, untuk menjelaskan jawabanmu pada pertanyaan ini pertama-tama jelaskan dulu mengenai apa yang kamu ketahui tentang posisi tersebut kemudian dukung jawabanmu dengan keterampilan kamuyang mendukung untuk melamar pada posisi tersebut.

Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda

contoh jawaban wawancara ceritakan tentang diri anda

Dalam menjawab pertanyaan pewawancara tentang kamu yang diminta menceritakan tentang dirimu, kuncinya adalah memberikan jawaban singkat tentang diri Anda secara jujur.

Di bawah ini adalah beberapa contoh yang bisa kamu gunakan untuk referensi menjawab pertanyaan tersebut khususnya buat kamu yang sudah memiliki pengalaman bekerja.

1. Asisten Eksekutif

“Saya Ajeng Maharani. Sebelumnya, saya telah bekerja di sebuah perusahaan bernama Maju Jaya yang berlokasi di Jakarta Timur sebagai asisten eksekutif. Di perusahaan tersebut, saya pernah membantu empat dari enam tim eksekutif yang ada di perusahaan.”

“Selama bekerja di perusahaan tersebut selama 5 tahun, saya bisa meng-handle permasalahan dan mencari solusi efektif untuk mengatasinya. Kemampuan terbesar saya adalah bisa bekerja mandiri.”

2. Content Writer

“Saya Andi Mahardika, lulusan Sarjana Pertanian di tahun 2019. Saya memutuskan untuk menjadi content writer karena ini merupakan hobi saya. Saya mengawali karier dengan menjadi penulis freelancer yang kemudian saya imbangi dengan membuat blog sendiri yang berisi tulisan saya mengenai tempat wisata. Setelah memiliki pengalaman yang cukup, saya berkeinginan untuk bergabung dengan perusahaan profesional seperti perusahaan ini.”

3. Pemasaran

“Nama saya Herman Darmawan, lahir di Jakarta 9 Mei 1996. Sebelumnya saya pernah bekerja di perusahaan Maju Terang sebagai Supervisor. Kinerja saya selama di perusahaan ini baik dan tidak pernah mendapatkan peringatan. Dari pengalaman yang sudah saya sebutkan, saya menganggap diri saya cocok untuk mengisi posisi Manajer Pemasaran yang sedang dibutuhkan perusahaan Anda.”

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dari pertanyaan ceritakan tentang diri Anda selama wawancara.

Pastikan kamu mengikuti arahan di atas agar wawancara kamu lancar dan kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply