Profesi Buruh

Buruh adalah individu-individu yang bekerja pada usaha perorangan ataupun organisasi dan mendapatkan imbalan sesuai dengan kesepakatan kedua pihak baik secara lisan maupun tulisan, dimana imbalan kerja itu diberikan harian maupun borongan.

Untuk lebih mengenal buruh, berikut saya sajikan detail pekerjaan yang diidentikkan dengan pekerjaan kasar ini.

Apa saja job desc kerjaan buruh?

kerjaan buruh

Pada intinya profesi buruh sama dengan tenaga kerja, maupun karyawan, yakni sekumpulan manusia yang menggunakan tenaga maupun ketrampilannya untuk mendapatkan imbalan berupa uang maupun bentuk lain.

Namun sayangnya saat ini orang-orang cenderung memahami pekerjaan buruh adalah pekerjaan bagi orang-orang yang memiliki pendidikan yang rendah.

Secara umum, buruh diklasifikasikan menjadi dua yakni buruh profesianal dan buruh kasar.

Buruh profesional merupakan tenaga kerja yang sering disebut sebagai pekerja kerah putih yang lebih mengandalkan otak dalam bekerja.

Sementara itu, buruh kasar yang sering disebut dengan pekerja kerah biru cenderung menggunakan otot dan kemampuan fisiknya dalam bekerja.

Kalau ingin jadi buruh apa minimal pendidikannya?

pendidikan buruh

Berdasarkan peraturan pemerintah mengenai himbauan wajib belajar 12 tahun maka, sudah dapat dipastikan bahwa minimal pendidikan buruh adalah SMA/SMK.

Namun demikian masih banyak buruh-buruh kasar di perusahaan/ lembaga yang tidak memenuhi standar minimum wajib belajar, hal ini yang kemudian menjadi penyebab profesi buruh hanya dikhususkan pada buruh kasar, sedangkan buruh professional disebut sebagai karyawan.

Selain itu tingkat pendidikan buruh yang masih rendah juga menjadi salah satu penyebab banyaknya buruh-buruh yang tidak paham dengan peraturan ketenagakerjaan dan mengalami eksploitasi dari orang-orang yang berada di tingkatan manajemen atas.

Keahlian apa yang harus dikuasai oleh buruh?

keahlian buruh

Berdasarkan pernyataan menteri ketenagakerjaan, masih terjadi ketimpangan skill yang dimiliki buruh di Indonesia.

Minimnya skill juga menjadi hambatan terbesar Indonesia dalam upaya penyerapan tenaga kerja.

Skill yang harus dimiliki buruh adalah berupa soft skill dan hard skill.

Hard skill merupakan kemampuan spesifik yang harus dimiliki tiap-tiap profesi yang tertera pada deskripsi pekerjaan, sedangkan soft skill merupakan kemampuan umum yang wajib dimiliki oleh setiap tenaga kerja/ buruh dalam berbagai level atau tingkatan.

Soft skill tersebut diantaranya kemampuan dalam berkomunikasi, etika terhadap sesama pekerja serta keterbukaan terhadap keberagaman, daya tahan terhadap tekanan lingkungan kerja, kemampuan bekerja sama dalam tim, serta manajemen emosi dan keterbukaan terhadap kritik.

Berapa sih pendapatan buruh?

gaji buruh

Gaji buruh adalah disesuaikan dengan klasifikasinya, kelompok buruh professional biasanya menerima gaji tetap per bulan dengan besaran sesuai dengan upah minimum di masing-masing wilayah.

Sedangkan untuk buruh kasar, terdapat beberapa jenis penggajian yang berupa upah harian, upah mingguan, upah satuan dan upah borongan.

Pada awal tahun 2020, upah buruh akan ditetapkan menjadi per jam, namun hal ini dinilai sangat merugikan kaum buruh karena secara otomatis akan menghapus perhitungan upah minimum.

Bagaimana prospek masa depan jadi buruh?

prospek masa depan buruh

Pada dasarnya karir jabatan buruh tidak memiliki jenjang karir, namun pada industry seperti pabrik pengalaman dan lamanya bekerja akan sangat berpengaruh pada posisi buruh dan juga upah yang diterimanya.

Sekalipun tidak memiliki jenjang karir, akan tetapi prospek kerja buruh adalah sangat luas meliputi berbagai macam sector industri.

Tahun ini, sector e-commerce dan financial technology yang meliputi sector bisnis vertical di bidang logistic, kesehatan, edukasi dan pembayaran merupakan industri-industri yang diprediksi akan menyerap banyak buruh.

Profesi buruh sangat krusial keberadaannya, oleh karena itu sangat tidak etis jika menganggapnya sebagai pekerjaan rendahan.

Leave a Reply