Profesi Pengacara

Pengacara adalah suatu profesi di ranah hukum yang menawarkan jasa dalam bentuk konsultasi hukum atau yang lainnya baik dalam lingkup pengadilan atau luar pengadilan.

Selain itu terdapat nama lain bagi pengacara yaitu advokat, advokat memiliki derajat kedudukan yang setara dengan polisi, hakim, maupun jaksa.

Bagi kamu yang ingin menjadi pengacara tentunya harus mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dan syarat yang harus dipenuhi.

Sebagai dasarnya kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kekompakan kerja sama tim supaya bisa menjalankan tugas dengan baik.

Apa saja sih job desc kerjaan pengacara?

kerjaan pengacara

Pekerjaan pengacara adalah sebagai penegak hukum, lebih jelasnya advokat mempunyai tugas yang lumayan banyak.

Seperti menangani masalah hukum seperti negosiasi, konsultasi, pembuatan dokumen, surat wasiat, dan lain sebagainya.

Selain itu pengacara juga bertugas mendampingi klien dalam memperjuangkan hak-haknya selama proses hukum sedang berlangsung.

Dengan adanya pengacara, diharapkan orang-orang yang sedang membutuhkan bantuan dalam ranah hukum bisa terbantu dan keadilan pun ditegakkan.

Hal tersebut karena tidak semua orang mengerti tentang hukum maka sebagian memilih menyewa pengacara untuk menyelesaikan masalahnya.

Apabila kamu ingin mendapatkan pengacara bisa melalui firma hukum.

Apa sih minimal edukasi kalau ingin jadi pengacara?

pendidikan pengacara

Hal yang harus kamu perhatikan untuk minimal pendidikan pengacara adalah lulusan Sarjana Hukum dan diwajibkan mengambil PKPA atau Pendidikan Khusus Profesi Advokat.

Kemudian, kamu harus mengikuti ujian dan magang minimal 2 tahun di kantor advokat, di sana akan diuji untuk menentukan lulus tidaknya sebagai pengacara.

Intinya, untuk menjadi seorang pengacara kamu harus lulus dari prodi ilmu hukum dan mengenyam pendidikan sarjana yang layak.

Setelah lolos ujian dan menyelesaikan magang, maka langkah selanjutnya ialah melakukan upacara pengangkatan dan mengucapkan sumpah advokat.

Keahlian apa yang harus dikuasai oleh pengacara?

keahlian pengacara

Skill yang harus dimiliki pengacara adalah kemampuan untuk melakukan negosiasi yang meyakinkan serta daya pikir yang cermat dalam menyelesaikan masalah.

Kedua hal tersebut penting untuk mengerjakan tugas pengacara sebagai pembela hak-hak klien dan membuat penawaran kontrak dagang atau surat perjanjian.

Selain kedua skill tersebut perlu diketahui juga kemampuan seperti manajemen waktu, keterampilan memberi masukan saran, dapat mengontrol emosi dengan baik, dan lain sebagainya.

Semakin banyak skill yang kamu kuasai, maka kualitas profesi pengacara semakin bagus dan dipercaya oleh masyarakat.

Berapa sih pendapatan jadi pengacara?

gaji pengacara

Kamu harus mengetahui bahwa gaji pengacara adalah tergantung upah yang diberi oleh kliennya.

Biasanya upah yang diberi sudah sesuai dengan kesepakatan awal yang disetujui bersama.

Terdapat kisaran gaji untuk seorang pengacara yang berkisar 4 juta sampai dengan 6 juta di suatu perusahaan.

Salah satu penentu gaji tinggi dari karir jabatan pengacara ialah seberapa baik reputasi nama yang melekat, sehingga klien akan memberi nilai tinggi untuk menyewa.

Namun, ada undang-undang yang mengatur bahwa seorang pengacara wajib membebaskan biaya pada masyarakat yang tidak mampu untuk membayar jasa.

Bagaimana prospek masa depan jadi pengacara?

prospek masa depan pengacara

Prospek kerja pengacara adalah cukup menguntungkan dan telah terjamin, sebab hukum selalu berjalan setiap hari bersamaan dengan permasalahan yang harus diselesaikan.

Kamu tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian dengan menjadi pengacara karena tersedia banyak lowongan yang pasti terbuka untuk advokat.

Dalam meniti karier, maka kamu akan melakukan magang 2 tahun dan setelah menjadi pegawai tetap akan memiliki jam terbang sendiri.

Sebagai awalan menjadi pengacara kamu akan berada di posisi law clerk sampai ke posisi tinggi equity partner, ini berlaku jika kamu tergabung dalam suatu firma hukum.

Itulah beberapa informasi mengenai profesi pengacara mulai dari job desc, pendidikan, skill, gaji, hingga prospek pekerjaan.

Diharapkan dengan artikel ini bisa membantu kamu dalam mengenal profesi pengacara jauh lebih dalam.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply