Tugas dan Tanggungjawab HRD Staff

Tugas HRD staff bukanlah hal yang Sembarangan karena biasanya berhubungan dengan perekrutan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan maupun instansi tertentu.

Tugas seorang HRD staff ini mempunyai standar operasional prosedur tertentu yang sudah ditetapkan sehingga berjalan sebagaimana mestinya.

Agar mengetahui lebih dalam tentang tugas seorang HRD staff maka simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu HRD Staff

Staf HRD adalah pegawai di sebuah perusahaan yang perannya sebagai pengurus informasi mengenai lowongan kerja, mengelola sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan mulai dari perencanaan perekrutan pengembangan penggajian yang biasanya disebut dengan compensation and benefit serta memiliki hubungan kerjasama yang sering diistilahkan dengan industrial relation.

Latar Belakang Pendidikan

pendidikan hrd

Pentingnya posisi seorang HRD atau Human Resource development karena berkaitan langsung dengan tenaga kerja atau sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan maka bukan hal yang Sembarangan untuk memasukkan seseorang ke dalam Divisi HRD ini.

Jika salah memasukkan tentu akan ada dampaknya terhadap produktivitas pekerjaan yang ada di sebuah perusahaan.

Adapun Latar belakang pendidikan yang sesuai dengan HRD ialah jurusan Psikologi.

Jurusan ini dianggap mempunyai skill tersendiri dalam merekrut tenaga kerja yang berkualitas.

Lulusan psikologi secara umum memang dituntut mempunyai kemampuan komunikasi secara internasional yang baik.

Hal ini memang tidak terlepas dari tugas seorang HRD yang nantinya akan berinteraksi secara langsung dengan karyawan dari berbagai divisi.

Adanya aku mampu personal yang baik membuat pengelolaan sumber daya manusia dapat berjalan dengan lancar.

Tugas dan Tanggung Jawab HRD staff

tugas tanggungjawab hrd

Seorang HRD staff mempunyai tugas serta tanggung jawab di dalam area human Resource planning Human Resource sharing Human Resource development Human Resource maintaining Human Resource retaining.

Ke semua tugas dan tanggung jawab ini tentu tidak sembarangan divisi yang bisa mengerjakannya.

Untuk itulah seorang HRD dituntut untuk dapat menguasai semua tugas dan tanggung jawab ini.

Lebih jelasnya berikut tugasnya:

  1. Menindak karyawan yang tidak disiplin (harus tegas),
  2. Membuat surat kontrak kerja dan memberikan rekomendasi naik jabatan,
  3. Bertanggung jawab mengurus gaji karyawan, absensi, izin, dll,
  4. Mengurus pelatihan / training / pembinaan kepada karyawan,
  5. Merekrut karyawan, promosi, demosi, dan transfer,
  6. Membuat kebijakan kantor, seperti: jam masuk kantor, jam pulang, pakaian, dll.

Keahlian HRD Staff

keahlian hrd

Seperti yang sudah dibahas di awal bahwa Tugas HRD staff sangat banyak.

Seorang HRD staff bukanlah posisi yang Sembarangan karena memerlukan soft skill khusus.

Ilmu-ilmu interpersonal komunikasi haruslah sudah dikuasai oleh seorang HRD staff.

Selain itu keahlian seorang HRD staff di antaranya ialah mampu memahami berbagai karakter manusia.

Karyawan yang ada dalam sebuah perusahaan tentu saja mempunyai latar belakang yang sangat beragam.

Baik itu Latar belakang pendidikan serta latar belakang pergaulan.

Serta satu lagi yang tidak kalah penting adalah memiliki berbagai macam karakter.

Seorang HRD sangat diwajibkan mempunyai kemampuan untuk mengenali karakter karakter yang ada pada diri karyawan sehingga bisa menjembatani karyawan dengan perusahaan tempat ia bekerja.

Dari tanggung jawab yang besar ini tentu saja banyak yang mempertanyakan tentang gaji HRD staff.

Adapun gaji bulanan untuk Divisi HRD ini memang sangat bervariasi mulai dari fresh graduate yang biasanya mendapatkan gaji pada kisaran Rp3.000.000 untuk yang mempunyai pengalaman kurang dari setahun Sedangkan untuk staff HRD rata-ratanya akan mendapatkan gaji senilai Rp3.500.000.

Gaji tersebut tergantung UMR setempat, tidak mungkin gaji segitu di Jakarta. Biasanya mulai dari 1x UMR – 2x UMR untuk start awal.

Sama dengan pekerjaan pekerjaan lainnya posisi HRD staff juga mempunyai jenjang karir. Adapun jenjang karir HRD staff ini antara lain ialah

  • Visor yang ditempatkan secara khusus pada divisi training and development
  • Welfare State cek segala urusan yang kaitannya dengan surat izin karyawan sakit dan memberikan kompensasi pada yang bersangkutan serta hal-hal yang berurusan dengan dana pensiun
  • Payroll staff yang bertugas pada permintaan izin cuti dan juga pertukaran shift serta mengurus administrasi dan pengarsipan HRD
  • Conversation and benefit supervisor yang merawat segala aset serta fasilitas perusahaan baik itu rumah dinas telepon komputer kendaraan dan lain sebagainya
  • Non material Warehouse staff bertanggung jawab atas keluar masuknya inventaris yang akan digunakan saat kegiatan operasional perusahaan
  • General affairs supervisor yang menangani berbagai urusan perusahaan yang kaitannya dengan kegiatan kantor
  • Human resources of development rekrutmen yang membantu manajer HRD untuk merekrut SDM baru menyusun standar operasional prosedur dalam proses rekrutmen menguasai iklan lowongan kerja dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai tugas HRD staff.

Semoga bermanfaat untuk menambah informasi dan wawasan.

Leave a Reply