Apa itu Visi dan Misi Perusahaan?

Visi dan misi perusahaan ialah salah hal penting yang harus ditentukan dalam sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

Visi dan misi inilah yang nantinya akan mampu menggambarkan hal apa saja yang akan dilakukan perusahaan serta Bagaimana perusahaan tersebut dapat tujuan tujuan yang telah ditetapkan.

Agar mengetahui secara lebih jelas mengenai visi dan misi perusahaan simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Visi?

apa itu visi
apa itu visi (arfasuksesmulia.com)

Pengertian visi adalah adalah pandangan jauh kedepan, tujuan serta inspirasi dari perusahaan.

Di dalam sebuah visi Akan terdapat penjelasan mengenai nilai apa yang akan ditawarkan terhadap konsumen beserta stakeholder lainnya.

Penulisan bisa sendiri tidak memerlukan hal-hal yang rumit justru visi sangat ideal ditulis menggunakan bahasa sehari-hari yang notabennya mudah dimengerti oleh karyawan konsumen serta perusahaan itu sendiri.

Menurut ahli yaitu Wibisono tahun 2006 visi ialah rangkaian kata-kata yang mengungkapkan rencana cita-cita harapan dan impian dari sebuah perusahaan perkumpulan maupun organisasi yang ingin dicapai di masa yang akan datang.

Selain pengertiannya visi juga mempunyai ciri-ciri yang membuatnya berbeda dengan misi.

Adapun ciri-ciri visi kelas sebagai berikut:

  1. Spesifik dan terukur dalam artian fisik bisa menggambarkan secara spesifik tolak ukur yang akan tindakan perusahaan dalam mencapai tujuan
  2. Tidak kaku dan fleksibel.
  3. Realistis serta sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dipunyai oleh perusahaan. Maka jelas disini bahwa khusus perusahaan akan membuat sebuah visi yang memang mampu untuk dilaksanakannya
  4. Menantang pihak perusahaan untuk meraihnya. Dalam hal ini visi yang dibuat diharapkan mampu menjadi semangat pendorong agar produktivitas kerja lebih ditingkatkan untuk mencapai tujuan
  5. Mudah dipahami dan jelas.
  6. Tidak terlalu panjang serta sederhana dan mudah untuk diingat.

Apa itu Misi?

apa itu misi
apa itu misi (banjarkota.go.id)

Pengertian misi adalah poin-poin penting yang menunjukkan langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai sebuah visi.

Biasanya apabila visi belum juga tercapai maka akan dilakukan pembaharuan terhadap misi strategi agar visi bisa tercapai.

Menurut ahli Wheelen yang diikuti oleh Wibisono pada tahun 2006 menjelaskan bahwa misi ialah untaian kalimat yang isinya tujuan dan alasan mengenai keberadaan suatu perusahaan ataupun organisasi yang isinya apa yang disediakan oleh organisasi maupun perusahaan kepada masyarakat baik itu produk maupun jasa.

Bisakan digunakan sebagai petunjuk arah di dalam dunia bisnis sekarang ini tujuan dari dibentuknya misi ialah menyampaikan kepada folder baik itu di luar maupun di dalam organisasi tentang latar belakang berdirinya sebuah perusahaan atau organisasi arah dan tujuan perusahaan maupun organisasi.

Selain memahami pengertian mengenai misi perlu diketahui juga ciri-ciri dari misi sehingga secara jelas bisa membedakan karakteristik masing-masing hal yang penting dalam perusahaan ini.

Adapun ciri-ciri misi ialah sebagai berikut:

  1. Misi ialah penjabaran dari visi (langkah-langkah yang harus ditempuh).
  2. Misi haruslah bersifat Luhur serta berasal dari hati nurani yang paling dalam yang merupakan gambaran keinginan paling Luhur dari diri perusahaan
  3. Misi sifatnya fleksibel mudah diubah dan juga tidak kaku. Artinya disini misi tidak hanya sekali jadi namun terbuka peluang maupun kesempatan perbaikan serta perubahan
  4. Haruslah menarik sehingga bisa memotivasi. Apabila hal itu terjadi maka produktivitas kerja dari semua anggota yang ada dalam sebuah perusahaan akan meningkat hingga tolak ukur untuk mencapai tujuan perusahaan akan semakin dekat
  5. Misi bukanlah bersifat materi berdasarkan ukuran-ukuran materi semata melainkan juga hal-hal yang sifatnya nonmateri.
  6. Mudah dipahami dihayati dan jelas. Hal terpenting ialah misi yang jelas akan mudah untuk diwujudkan serta direalisasikan

Karena itu misi sebaiknya terdiri dari kalimat-kalimat yang sesingkat mungkin sepadat mungkin untuk diingat dan juga dihafal.

Perbedaan Visi dan Misi

perbedaan visi misi
perbedaan visi misi (apaperbedaan.com)

Setelah mengetahui secara jelas pengertian dari masing-masing visi dan misi ciri-ciri dari keduanya tentu sudah ada gambaran bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan dan harus diketahui secara jelas.

Adapun perbedaan dari visi dan misi ialah sebagai berikut:

  • Visi merupakan gambaran besar maupun tujuan utama serta cita-cita suatu perusahaan instansi pribadi maupun organisasi di masa depan nanti nya sedangkan misi merupakan penjabaran maupun langkah-langkah yang harus dilakukan guna mencapai atau mewujudkan visi tersebut
  • Visi merupakan cita-cita jangka panjang dan orientasinya ke depan sedangkan misi merupakan cita-cita yang sifatnya jangka pendek dan orientasinya masa kini.
  • Visi pada umumnya mempunyai deret kalimat yang pendek poinnya jelas padat dan bisa menjadi perwakilan dari segalanya, sedangkan misi pada umumnya terdiri dari beberapa kalimat yang menjabarkan maupun berbagai macam poin-poin yang disusun sedemikian rupa yang jumlahnya lebih banyak dari visi
  • Visi akan berisikan tentang pernyataan pernyataan umum sedangkan misi pernyataannya lebih bersifat khusus dan mendetail
Objek PerbedaanMisiVisi
JawabanMengapa?Apa?
DefinisiPernyataanIntinya
Panjang kataPendekPanjang
TujuanMenginformasikanMenginspirasi
AktivitasMelakukanMengawasi
SumberAkalHati / perasaan
UrutanPertamaKedua
EfekJelasMenantang

Contoh Visi dan Misi Perusahaan

contoh visi misi
contoh visi misi

Agar lebih memahami bagaimana visi dan misi perusahaan tersebut, maka perlu dilihat contohnya sebagai berikut.

Contoh Visi Misi Perusahaan Agroindustri

Visi:

Menjadi minyak goreng kemasan yang mampu bersaing dengan produk minyak goreng lainnya yang ada di pasar internasional, mencari pemasok minyak goreng kelapa sawit terbesar di Asia Tenggara dengan kualitas produk unggulan, menjadi minyak goreng kualitas terbaik tingkat nasional.

Misi

  1. Membuat produk minyak goreng sawit kualitasnya memenuhi standar nasional Indonesia dan dunia,
  2. Menjaga produksi minyak goreng sawit supaya kualitas dan kuantitasnya sesuai dengan kebutuhan konsumen
  3. Senantiasa meningkatkan promosi produk baik itu melalui media online maupun media promosi yang lainnya

Contoh Visi Misi Perusahaan Perikanan

Visi

Menjadi salah satu dari pemanfaatan kekayaan laut Indonesia, jaga kualitas bahan baku tanpa bahan pengawet dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia dalam proses pengolahan.

Misi

  1. Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dengan melakukan sosialisasi produk ke rumah-rumah,
  2. Meningkat dengan baik itu di media massa maupun media elektronik,
  3. Meningkatkan harga saing yang lebih kompetitif di pasaran,
  4. Mengundang brand ambassador ternama untuk branding, menjalin kerjasama dengan rumah makan seluruh Indonesia.

Contoh Visi Misi Perusahaan Ekportir Pupuk

Visi

Menjadi role model dari pertanian yang terpadu dengan orientasi ekspor nomor satu di Sumatera Utara Tahun 2022, persen kebutuhan pupuk organik untuk sektor arti holtikultura di Sumatera Utara dan Asia Tenggara.

Misi

  1. Meningkatkan produktivitas lahan menggunakan sistem pertanian yang terpadu dan berkelanjutan,
  2. Melakukan riset untuk membuat inovasi yang berkelanjutan guna menghasilkan pupuk organik yang sesuai dengan wilayah Indonesia,
  3. Melakukan scale up terhadap sistem produksi pupuk sampai memenuhi kuota ekspor yang ditetapkan.

Demikianlah informasi mengenai visi dan misi perusahaan.

Semoga bisa menambah wawasan dan memberikan manfaat.

Leave a Reply