Apa itu Workshop?

Apa itu workshop? Workshop hampir mirip dengan seminar. Seminar biasanya peserta hanya sebagai pendengar saja tetapi kalau workshop adalah dengan sifat komunikasi dua arah untuk melibatkan para peserta dan pembicara secara lebih aktif atau tidaknya.

Bentuk workshop juga biasanya dapat bermacam-macam misalnya seperti praktik dan latihan secara langsung maupun online.

Workshop misalnya desain, menulis, merangkai, melukis atau bisa public speaking dan masih banyak lagi. Biasanya workshop juga berbentuk diskusi yang lebih intens untuk sebagai alat pemasaran agar marketing berjalan lancar.

Dilihat dari durasi atau skala yang diberikan, workshop untuk jumlah peserta kecil saja, hal itu karena agar kelas lebih efektif dan tujuan tercapai.

Banyak juga workshop yang dilaksanakan selama seminggu untuk topik pembahasan yang banyak pula. Mari simak penjelasan tentang workshop lebih rinci.

Apa Pengertian Workshop?

apa itu workshop

Workshop adalah sebuah kelas yang berisikan beberapa peserta terjalin komunikasi dan diskusi dalam membahas suatu topik pembahasan.

Workshop asal katanya dari bahasa inggris yaitu work artinya kerja atau pekerjaan, sedangkan shop adalah toko atau tempat jualan.

Jika diartikan keduanya workshop adalah tempat berkumpulnya para pelaku aktivitas yang berada didunia kerja.

Biasanya para pelaku saling interaksi untuk menjual gagasan yang akan ditunjukkan untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu.

Workshop adalah sebuah kegiatan yang biasanya diadakan untuk berkumpulnya dari latar belakang yang sama untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

Workshop identik dengan diskusi atau bertukar pendapat anggota satu dengan anggota lainnya.

Apa Perbedaan Workshop dan Seminar?

perbedaan workshop dan seminar

Perbedaan workshop dan seminar ini sedikit berbeda walaupun dijadikan tempat berkumpul untuk membahas sebuah topik bersama yang akan dikaji ulang.

Apa itu workshop? Workshop adalah dimana kelas yang memiliki peserta dimana bertujuan untuk mencari solusi guna memecahkan suatu masalah. Workshop biasanya akan menggunakan narasumber untuk menjelaskan teori dari konsep topik yang akan dibahas dan mencari solusi bersama.

Workshop juga biasanya bersifat bahasan ilmiah dengan diselingi dengan adanya praktik. Peserta workshop diminta untuk mendiskusikan nya terlebih dahulu lalu diminta untuk mencari solusi dari sebuah permasalahan yang dihadapi dari materi konsep yang telah dipaparkan oleh narasumber.

Biasanya workshop berlangsung selama 3 hari dan menyesuaikan dengan teori konsep yang akan dijelaskan seperti apa.

Sedangkan seminar adalah penyampaian informasi saja untuk sebatas dikenalkan dengan teori atau konsep baru. Umumnya seminar memiliki tujuan untuk menanam ide ataupun pengetahuan baru. Seminar biasanya memiliki moderator yang bisa dijadikan hal penting untuk selama jalanya acara seminar tersebut berlangsung.

Ide ataupun semua konsep pengetahuan yang akan disampaikan oleh moderator biasanya akan mudah untuk dipelajari dan lebih lengkap serta jelas.

Seminar juga biasanya hanya memakan biaya lebih sedikit dibandingkan dengan workshop. Hal itu karena waktu pelaksanaannya yang berbeda, biasanya seminar hanya kurang lebih 1 sampai 3 jam saja untuk memaparkan materi konsep dan informasi singkat dari moderator.

Dapat disimpulkan bahwa tujuan acara workshop yaitu mencari solusi dari sebuah permasalahan, lalu peserta diminta untuk mencari solusinya dan bagaimana cara menanganinya. Sedangkan seminar yaitu pemaparan materi berupa informasi saja.

Lalu peserta acara workshop juga biasanya satu rumpun di pembelajaran topik yang sama. Sedangkan seminar yaitu peserta hanya orang awam atau orang umum.

Lalu dilihat dari durasi acaranya, workshop biasanya dilakukan 1 hingga 3 hari sesuai dengan durasi per harinya bisa mencapai 5-8 jam sehari. Sedangkan seminar hanya singkat saja, yaitu mencapai 1 sampai 3 jam saja.

Apa Keuntungan Mengikuti Workshop?

keuntungan ikut workshop

Keuntungan mengikuti workshop yaitu:

  1. Menambah dan memperluas wawasan
  2. Bertemu dengan ahlinya dibagian topik pembahasan tersebut
  3. Sebagai ajang berkumpul dan diskusi atau memperluas pertemanan
  4. Mencoba bidang baru yang belum pernah dikuasai atau diasah
  5. Menambah ilmu teori maupun pengetahuan
  6. Membuka kesempatan untuk yang baru
  7. Mengisi waktu luang agar selalu lebih berfaedah atau produktif
  8. Mengembangkan skill

Berikut merupakan keuntungan jika kamu mengikuti workshop. Tentunya banyak sekali manfaat dan keuntungannya, untuk kamu yang belum pernah mencoba, silahkan coba dan rasakan manfaatnya sendiri.

Ada Berapa Jenis Workshop?

jenis jenis workshop

Jenis workshop dibagi menjadi dua yaitu workshop berdasarkan waktu dan workshop berdasarkan sifatnya.

Berikut kita simak penjelasannya.

1. Workshop Berdasarkan Waktu

Workshop berdasarkan waktu dibagi lagi menjadi dua yaitu workshop beruntun dan berkala. Workshop beruntun adalah sebuah workshop yang akan dilaksanakan dan dilakukan di waktu tertentu dan diadakan secara terus menerus.

Biasanya waktunya yang ditempuh dalam acara workshop bisa mencapai 3 hari dalam waktu 5-8 jam perhari.

Sedangkan workshop berkala adalah workshop yang dilaksanakan di jangka waktu mingguan hingga bulanan acara tersebut berlangsung dan akan lebih lama pastinya.

2. Workshop Berdasarkan Sifat

Workshop berdasarkan sifat bisa dibagi dua juga yaitu workshop mengikat dan workshop tidak mengikat.

Kalau workshop mengikat yaitu jenis workshop yang diselenggarakan oleh orang tertentu dan dimana hasil workshop tersebut mengikat semua peserta untuk mencontoh ajarannya narasumber.

Sedangkan workshop tidak mengikat adalah workshop yang tidak wajib untuk diikuti oleh semua peserta nantinya, workshop ini akan dijadikan sebagai pengetahuan dan ilmu baru saja.

Apa Ciri-Ciri Workshop?

karakteristik workshop

Ciri-ciri workshop adalah permasalahan yang dibahas berasal dari peserta workshop itu sendiri. Lalu metode yang akan dipakai untuk menyelesaikan sebuah permasalah tersebut hasil dari diskusi dan penyelidikan secara aktif.

Yang terakhir ciri-ciri workshop adalah semua peserta harus ikut aktif dalam berdiskusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Berikut merupakan penjelasan lengkap apa itu workshop. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply