Perbedaan Resume dan CV

Resume dan cv adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari urusan pekerjaan. Keduanya juga sering dianggap sama meskipun sebenarnya berbeda.

Beda resume dan cv ini perlu diketahui secara jelas agar tidak keliru dalam pembuatan salah satu di antaranya.

Resume maupun cv diperlukan untuk memberikan gambaran tentang diri seseorang sehingga pihak tertentu bisa menilai dengan jelas apakah orang yang bersangkutan layak menjadi bagian dari tempat/ perusahaannya atau malah sebaliknya.

Kamu yang saat ini sedang membutuhkan resume ataupun cv, sebaiknya mengetahui secara lengkap mengenai keduanya. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Pengertian Resume?

contoh resume yang benar
ipasphoto.com

Resume memiliki pengertian sebagai gambaran maupun ringkasan singkat tentang diri seseorang yang sedang melamar pekerjaan atau untuk keperluan lainnya dengan mencantumkan beberapa alasan tentang nilai yang ada pada dirinya agar bisa diterima.

Dengan begitu, resume lebih kepada to do point dan secara langsung menunjukkan kualifikasi yang sesuai serta hal-hal yang bisa memperkuat seseorang untuk bisa diterima pada tempat yang sedang dilamarnya. Untuk itulah, resume akan terlihat lebih singkat.

Jika ditelaah lebih lanjut, resume ini terbilang lebih fleksibel untuk digunakan. Biasanya, perusahaan atau tempat penerimaan pekerjaan tertentu menggunakan resume sebagai salah satu persyaratannya. Tentu hal ini akan mempermudah mereka dalam merekrut.

Semakin jelas kualifikasi seseorang terhadap pekerjaan yang sedang ia lamar tentu akan semakin mempermudah proses penyaringan yang akan dilakukan pihak penerima kerja. Dengan demikian, kata bertele-tele bisa sedikit dikesampingkan karena menghemat waktu.

Saat membuat resume, tidak semua hal tentang diri seseorang harus dicantumkan. Bagian-bagian yang memiliki hubungan atau terkait dengan keinginan perusaahan, maka itulah yang akan dicantumkan guna memperkuat kemungkinan untuk diterima dan sesuai.

Resume yang dibuat biasanya akan menampilkan jumlah halaman yang lebih sedikit. Hal ini juga mempermudah baik itu pihak pelamar maupun pihak pemberi tawaran. Keduanya bisa fokus untuk melihat seberapa memenuhi seseorang untuk dapat diterima.

Apa itu Pengertian CV?

contoh CV yang benar
rencanamu.id

CV singkatan curriculum vitae memiliki pengertian sebagai sebuah dokumen yang berisikan penjelasan mengenai diri seseorang secara lebih terperinci.

Poin demi poin yang ditaruh dalam CV haruslah mendetail sehingga dapat memberi gambaran pasti dan lebih akurat terkait kemampuan seseorang.

Semakin baik CV yang dibuat, maka semakin besar pula kesempatan untuk dapat diterima pada tempat yang sedang dilamar.

Meski demikian, hal tersebut tidak bisa mengesampingkan kecocokan keahlian dengan kualifikasi yang diminta pihak perusahaan.

CV bisa dikatakan sebagai hal utama yang akan dilihat oleh perusahaan ketika menerima lamaran pekerjaan.

Oleh sebab itu, membuat cv dengan efektif haruslah dilakukan agar mampu memberikan kemudahan kepada pihak penerima kerja untuk melihat kecocokan.

Melalui cv, perusahaan akan mengetahui lebih jelas tentang riwayat seseorang yang sedang melamar ke perusahaan mereka.

CV yang dibuat sudah seharusnya dapat menjual. Adapun arti menjual di sini ialah terkait dengan self branding yang memperlihatkan keunggulan.

CV atau yang disebut juga dengan curriculum vitae, selain harus terperinci dan lengkap poin demi poin, juga harus menarik.

Kata menarik di sini juga merujuk pada tampilan secara visual yang bisa dilihat kasat mata dan menggugah pihak yang menilai untuk menerima.

Apa Perbedaan CV dengan Resume?

Satu hal yang tidak bisa dilewatkan ketika membahas cv dan resume adalah soal perbedaan keduanya.

Hal in sangat beralasan karena masih banyak yang salah kaprah dan keliru ketika membuatnya. Ada yang meminta resume, si pelamar malah memberikan cv atau sebaliknya.

Agar hal ini tidak terjadi, maka memperhatikan secara jelas persyaratan yang diberikan pihak penerima kerja merupakan salah satu solusinya.

Namun di samping itu, mengetahui hal-hal lain yang menjadi perbedaannya juga seharusnya dilakukan.

PerbedaanCVResume
1. TujuanCv bertujuan untuk memberi gambaran tentang diri seseorang secara lebih terperinci dan jelas guna memenuhi persyaratan yang diajukan oleh perusahaan maupun instansi tertentuResume bertujuan untuk memberi gambaran kecocokan keahlian yang dimiliki seseorang terkait dengan kualifikasi yang ditetapkan
2. PanjangTidak ada batasan panjang cv, namun paling umum adalah 2 hingga 3 halaman.Resume biasanya pendek. Jumlah halaman yang paling umum adalah 1 halaman.
3. KontenKonten yang disajikan dalam cv lebih menyeluruh meliputi riwayat pendidikan, pekerjaan dan berbagai penghargaan yang sudah diraih.Konten yang disajikan dalam resume mengarah pada hal yang spesifik.

Biasanya akan to the point pada pengalaman pekerjaan atau keahlian yang relevan dengan yang dibutuhkan perusahaan.

4. Tata letakPada umumnya cv memiliki tata letak yang lebih terperinci dan ditentukanPada umumnya resume memiliki tata letak yang lebih fleksibel
5. Yang mana yang harus digunakan?Pada umumnya cv digunakan untuk memenuhi persyaratan melamar pekerjaan ataupun keperluan di bidang akademis.Pada umumnya digunakan untuk melamar pekerjaan.

Leave a Reply