Pertamina Karir

Pertamina karir adalah kesempatan untuk menjadi bagian dari Pertamina dengan menjadi aset sumberdaya untuk ikut bersama-sama mengembangkan Pertamina. Tahun 2021 ini juga dibuka rekrutmen pertamina.

Pada umumnya, berkarir di Pertamina bisa dimulai dari proses rekrutmen sesuai ketentuan yang diberikan Pertamina. Biasanya informasi mengenai rekruitmen ini akan disampaikan melalui situs resmi yang dimiliki Pertamina.

Sebelum memutuskan untuk mencoba bergabung bersama Pertamina, maka ada baiknya mengenal lebih jauh tentang Pertamina, mulai dari anak perusahaan Pertamina, jenis pekerjaan, tipe pekerjaan, cara mendaftar hingga gaji yang didapatkan.

Jenis Program Kerja di Pertamina

jenis jenis pekerjaan di pertamina

Perlu diketahui bahwa loker di pertamina terbagi atas beberapa jenis program kerja yaitu:

1. Fresh Graduate

Program ini diperuntukkan bagi para mahasiswa/i yang telah menyelesaikan studinya di Perguruan Tinggi untuk bisa menjadi bagian dari Pertamina sesuai latar belakang pendidikannya.

Pertamina career ini juga banyak diincar oleh para pelamar kerja. Karena, jenjang karirnya dimulai dari nol.

2. Experienced Hire

Program ini membutuhkan pengalaman dan kompetensi khusus untuk mengisi kebutuhan tenaga kerja di Pertamina.

3. Internship

Program ini bertujuan untuk memberi pengalaman kepada lulusan S1 Perguruan tinggi guna membangun kompetensi, wawasan dan pengalaman nyata di dunia kerja.

Sementara untuk apply-nya bisa dicari lebih lanjut mengenai cara melamar kerja di Pertamina.

Tipe-tipe Karyawan di Pertamina

jenis jenis karyawan pertamina

Terdapat dua jenis tipe pekerjaan yang harus dipahami yaitu sebagai berikut:

1. PWTT/Pekerja Waktu Tidak Tertentu (Permanent)

Tipe kerja PWTT ini tidak ada batasan waktu hingga usia pensiun ataupun meninggal dunia, PHK karena alasan tertentu harus melalui proses LPPHI, apabila terjadi PHK maka diberi pembayaran, masa percobaan diperbolehkan, perjanjian kerja bisa lisan maupun tertulis dan tidak wajib dicatatkan di instansi ketenagakerjaan.

2. PWT/Pekerja Waktu Tertentu (Contract)

Tipe kerja PWT ini berbeda dengan PWTT, dimana terdapat batasan waktu selesainya pekerjaan, PHK demi hukum sesuai dengan yang diperjanjikan tidak harus melalui proses LPPHI, PHK sesuai dengan waktu diperjanjikan tidak ada kewajiban perusahaan membayar pesangon, Tidak boleh ada masa percobaan, perjanjian kerja harus tertulis dan wajib dicatatkan di instansi ketenagakerjaan.

Cara Daftar Online di Pertamina Recruitment

Untuk bisa mendaftar e recruitment career Pertamina, kamu bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan buka situs http://recruitment.pertamina.com
  • Selanjutnya klik Register
    register permaina e rucruitment
  • Konfirmasi email. Pastikan email yang masuk berasal dari email resmi Pertamina
    isi formulir pendaftaran pertamina
  • Lanjutkan dengan klik lowongan
  • Pilih posisi dan latar belakang pendidikan yang sesuai
  • Klik ‘apply’
  • Isi semua form yang ada
  • Upload semua file
  • Kirimkan permintaan
  • Periksa email untuk langkah berikutnya.

Mengenal Perusahaan Group Pertamina

Pertamina sendiri memiliki banyak anak perusahaan yang tergabung dalam Group Pertamina. Hal ini tentu saja memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk bisa daftar kerja di pertamina group.

Berikut beberapa anak perusahaan Pertamina.

1. PT Pertamina (Persero)

logo PT Pertamina Persero

PT Pertamina (Persero) didirikan pada 10 Desember 1957 dengan nama PT.Pertamina. Sementara, status hukumnya menjadi Persero berubah pada tanggal 17 September 2003. Setidaknya tercatat sebanyak 13.738 karyawan yang saat ini bekerja di sini.

Adapun produk utama yang dikelola oleh PT. Pertamina ini adalah BBM (Bahan Bakar Minyak, PSO, non PSO (Pertamax, Pertamax Dex, Pertamax Plus), BBK (Bahan Bakar Khusus), non BBM, Gas dan juga Petrokimia.

2. PT Pertamina EP

logo PT Pertamina EP

PT pertamina EP dirikan pada tahun 2005 dan merupakan usaha hulu di bidang minyak dan juga gas bumi. Adapun kegiatan tersebut meliputi eksploitasi dan eksplorasi serta penjualan produksi gas bumi dan minyak dari hasil eksploitasi. Lowongan Pertamina biasanya juga bisa dicari di masing-masing anak perusahaan ini.

Terhitung hingga tahun 2018, jumlah karyawan di PT Pertamina EP ini mencapai 3.866 karyawan. Angka tersebut sudah termasuk karyawan dengan status PWTT dan juga PWT.

3. PT Pertamina GE

logo PT Pertamina GE

PT Pertamina GE berdiri pada tahun 2006 dan bergerak di bidang pengelolaan dan pengembangan sumberdaya panas bumi yaitu kegiatan eksploitasi dan eksplorasi produksi uap dan pembangkitan listrik serta jasa konsultasi, konstruksi pemeliharaan, operasi, pengembangan dan teknologi panas bumi.

Jumlah karyawan di PT Pertamina GE sendiri sekitar 500 karyawan.

4. PT Pertamina Patra Niaga

logo PT Pertamina Patra Niaga

PT Pertamina Patra Niaga berdiri pada tahun 1997. Anak perusahaan Pertamina ini bergerak di hilir Migas untuk bidang usaha perdagangan BBM, pengelolaan BBM, pengelolaan armada, pengelolaan depot serta teknologi dan perdagangan non BBM.

5. PT Pertamina EP Cepu

logo PT Pertamina EP Cepu

PT Pertamina EP Cepu didirikan pada tahun 2005 sebagai anak perusahaan PT Pertamina EP. Namun berubah menjadi anak perusahaan PT Pertamina (Persero) di tahun 2007. Anak perusahaan Pertamina ini bergerak dalam bidang eksploitasi, eksplorasi dan juga produksi di blok Cepu.

6. PT Pertamina Lubricants

logo PT Pertamina Lubricants

Pertamina Lubricants berdiri pada 23 September 2013. Anak perusahaan Pertamina ini kemudian menerima pemisahan unit bisnis Pelumas PT Pertamina pada 30 Oktober 2013.

Adapun produk utama dari perusahaan ini berupa pelumas yang mencakup bisnis dalam dan juga luar negeri. Jumlah karyawan perusahaan ini sekitar 391 karyawan.

7. PT Pertamina Int Eksp dan Prod

PT Pertamina Int Eksp dan Prod atau yang disebut PIEP ini berdiri pada 18 November 2013 di Jakarta. Perusahaan ini bergerak di bidang minyak, gas bumi dan energi lainnya dengan wilayah kerja Internasional. Hingga saat ini PIEP telah memiliki 11 wilayah kerja di tiga wilayah utama.

8. PTMN HULU ENERGI (PHE)

logo PTMN HULU ENERGI

PTMN HULU ENERGI (PHE) berdiri pada tahun 2002 dan bergerak untuk bidang usaha pengelolaan sektor hulu gas bumi dan minyak. Cakupannya meliputi dalam dan luar negeri serta kegiatan usaha terkait yang menunjang usaha di bidang gas dan juga minyak bumi. Jumlah karyawan PHE ini mencapai 2.437 karyawan.

9. PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB)

PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) didirikan pada tahun 2019 oleh PT Pertamina (Persero). Perusahaan ini bertindak dalam mengelola kilang hasil proyek RDMP atau Refinery Development Master Plan.

Untuk mendapatkan info lowongan, bisa mengecek secara berkala rekrutmen online Pertamina.

10. PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika)

PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) didirikan pada tahun 1997. Anak perusahaan Pertamina ini memiliki jumlah karyawan sebanyak 2.656 karyawan yang di antaranya berstatus tetap dan tidak tetap.

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan. Saat ini terhitung sudah ada 17 Rumah Sakit Pertamina di seluruh Indonesia.

11. PT Pertamina Gas (Pertagas)

PT Pertamina Gas (Pertagas) berdiri pada tahun 2007. Anak perusahaan Pertamina ini bergerak di bidang transportasi distribusi, niaga dan bisnis lainnya yang masih terkait dengan gas alam serta produk turunannya. Jumlah karyawan Pertagas sendiri sekitar 321 termasuk direksinya.

12. PT Pertamina Hulu Rokan (PHR)

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) didirikan pada 20 Desember 2018. Anak perusahaan Pertamina ini bergerak di bidang energi. Oleh karenanya, sektor bisnis yang dikembangkan akan selalu berkaitan dengan bentuk energi yang ada.

13. PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia

logo PT Pertamina Rosneft Pengolahan Petrokimia

PT Pertamina Rosneft Pengolahan & Petrokimia berdiri pada tahun 2016. Anak perusahaan Pertamina ini hadir sebagai bagian dari Refining Master Plan Pertamina. Terhitung sudah ada dua Grass Root Refinery baru yang akan dibangun hingga tahun 2025 mendatang.

14. Pertamina Drilling Services Indonesia

logo PT Pertamina Drilling Services Indonesia

PT.Pertamina Drilling Services Indonesia berdiri pada tahun 2008. Anak perusahaan Pertamina ini bergerak di bidang Drilling Services yakni kegiatan pemboran serta kerja ulang pindah ulang sumur-sumur migas dan juga geothermal. Terhitung hingga 2018, ada 386 karyawan di perusahaan ini.

15. PT Pertamina Power Indonesia

PT Pertamina Indonesia berdiri pada tahun 1957. Perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan minyak bumi dan juga gas bumi. Terhitung sudah ada 15.297 karyawan yang bekerja di PT Pertamina.

16. PT Pertamina International Shipping

logo PT Pertamina International Shipping

PT Pertamina International Shipping didirikan pada tahun 2016 yang merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero). Perusahaan ini bergerak di bidang pelayaran internasional.

17. PT Pertamina Retail

PT Pertamina retail berdiri pada 01 September 2005. Namun, untuk pengoperasiannya sendiri baru dimulai pada tahun 2006. Perusahaan ini bergerak di bidang usaha retail dari produk Pertamina. Jumlah karyawan perusahaan ini mencapai 5.504 karyawan.

Gaji Pegawai Pertamina

Adapun gaji yang bisa kamu dapatkan saat bekerja di PT Pertamina cukup bervariasi, tergantung posisi/jabatan. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut:

Posisi/JabatanGaji/bulan
Customer ServiceRp.3,35 juta
PustakawanRp. 4,9 juta
Pegawai MagangRp.1,7- Rp.3 juta
HRDRp. 12,8 juta
Staff AkuntansiRp. 9,6 juta
AdministrasiRp. 19,4 juta
EngineerRp.8,89 juta
Reservoir EngineerRp.21,8 juta
EngineerRp.8,89 juta

Sekian informasi mengenai pertamina rekrutmen. Untuk lowongan kerja pertamina akan diupdate di artikel yang lain.

Leave a Reply