Telkom Karir

Telkom karir membuka kesempatan untuk kamu para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan.

Tidak hanya terbuka untuk para fresh graduate saja, jika kamu sudah berpengalaman, maka apply saja pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi.

Tidak perlu bingung dengan proses melamar pekerjaan di perusahaan satu ini, karena proses melamarnya sangat mudah.

Kamu hanya perlu melamar secara online dan tunggu proses rekrutmen selanjutnya yang akan diumumkan melalui email resmi Telkom.

Proses Rekrutmen Karyawan

Apakah kamu penasaran dengan cara melamar kerja di Telkom? Cara untuk bisa menjadi bagian dari Telkom sendiri mudah, kok!

Setiap bulannya akan selalu ada rekrutmen online Telkom yang bisa kamu apply. Buat yang bingung dengan proses rekrutmen karyawan di perusahaan TIK ini, berikut adalah prosedurnya :

1. Seleksi Administrasi

Pertama, kamu akan menghadapi yang namanya seleksi administrasi setelah apply lamaran melalui website Telkom.

Pastikan kamu sudah memiliki akun terlebih dahulu di https://rekrutmen.telkom.co.id/ untuk bisa mendapatkan notifikasi mengenai daftar kerja di Telkom Group.

Jika ada salah satu lowongan Telkom yang dirasa sesuai dengan kualifikasi, maka kamu bisa mengajukan lamaran langsung melalui situs.

Untuk mendapatkan pengumuman lolos tidaknya administrasimu, kamu perlu memantau terus email yang kamu buat mendaftar.

Biasanya pengumuman akan dikirim ke email kamu selama 2 minggu. Apabila kamu lolos administrasi, maka kamu akan langsung ke tahap selanjutnya.

2. Interview Online

Jika sudah lolos tahap administrasi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan interview online. Nah, di tahap online interview ini, kamu akan dihubungi oleh tim rekrutmen Telkom.

Biasanya sih Kamu akan mendapatkan informasi tentang pelaksanaan online interview melalui email. Untuk melaksanakan proses online interview ini, kamu tidak akan dihubungi via telepon, ya melainkan aplikasi!

Jadi, di email yang kamu terima akan ada sebuah link yang mengarahkanmu untuk melalukan wawancara via online. Melalui link tersebut, akan ada berbagai tools untuk terhubung dengan Telkomsel.

Kamu hanya perlu menyiapkan laptop yang mendukung, ya! Apabila kamu tidak memiliki laptop, maka kamu bisa melakukan interview secara langsung di kantor Telkom yang ada di beberapa kota besar.

Hanya saja jika kamu wawancara langsung, maka ada sistem booking. Kamu harus mengambil antrian agar bisa mendapatkan jadwal interview di kantor Telkom langsung.

Kemudian bagi kamu yang support dengan laptop, pastikan bahwa jaringan internet kamu bagus, ya! Misal jaringan internetmu tidak mendukung, tenanglah! Kamu bisa kok melanjutkan wawancara via telfon.

Adapun materi yang akan ditanyakan saat melakukan online interview ini cukup mudah, kok! Kamu hanya akan ditanya soal pengalaman kamu selama kuliah, bagaimana pengalaman kerja yang kami miliki jika ada dan alasan melamar.

Di akhir, kamu akan diberikan pertanyaan perihal studi kasus mengenai pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan kamu memiliki wawasan yang luas mengenai job desk yang kamu lamar.

3. Essay

Kalau kamu lolos di tahap online interview, maka langkah selanjutnya adalah menulis essay dengan menggunakan bahasa Inggris di situs rekrutmen Telkom.

Nah, pada tahap ini, kamu harus menuliskan rencana apa yang kamu miliki untuk membuat Telkom lebih berkembang ke depannya.

Kamu juga harus menuliskan solusi apa yang harus diberikan Telkom untuk melayani bangsa. Nantinya, essay yang kamu tulis ini akan diprint.

4. Surat Rekomendasi

Setelah lolos di tahap menulis essay berbahasa Inggris, kamu akan diminta mengirimkan sebuah reference letter. Buat kamu yang bingung apa itu reference letter, jadi dokumen itu adalah sebuah surat rekomendasi yang diberikan oleh atasan sebelumnya atau dari dosenmu dahulu.

5. Tes Kesehatan

Tes kesehatan diwajibkan untuk kandidat karyawan Telkom. Bagi yang ingin melakukan tes kesehatan, sangat disarankan pada malam harinya harus berpuasa.

Pada umumnya rangkaian tes kesehatan yang diwajibkan adalah tes fisik, tes urine, tes darah, tes audiometri dan rangkaian medical check up pada umumnya.

6. Psikotest

Setelah melakukan tes kesehatan, maka kamu akan diminta mengisi soal-soal psikotest. Beberapa soal yang harus kamu isi adalah tes Pauli dan wartegg. Kamu juga akan diminta untuk menggambar pohon dan manusia.

Pastikan kamu menggambar dengan baik. Jangan lupa membawa peralatan tulis lengkap dan jangan begadang.

7. FGD dan Business Games

Pada tahap Forum Group Discussion (FGD) dan Business Games, kamu akan dimasukkan ke dalam sebuah grup.

Nah, di dalam grup kamu dan peserta lainnya akan diberikan sebuah soal dan studi kasus mengenai bisnis. Setiap peserta di dalam grup nantinya wajib untuk saling menanggapi apapun presentasi yang disampaikan oleh peserta lain.

8. Interview Panel

Bisa dibilang interview panel ini adalah tahap paling akhir dari proses e recruitment dari Telkom. Pada tahapan interview panel ini, kamu akan diinterview oleh 3 orang. Setiap orang akan memiliki peran yang berbeda ketika mewawancarai kamu.

Untuk pewawancara pertama, biasanya ia akan bertanya lebih dalam dan detail mengenai riwayat hidup kamu. Sementara untuk pewawancara kedua lebih terfokus untuk menggali apa sih kompetensi yang kamu miliki dan sesuai pada bidang pekerjaan yang kamu pilih.

Adapun pewawancara terakhir akan menggali jawaban kamu mengenai kontribusi yang bisa diberikan kepada Telkom. Pastikan kamu belajar banyak hal mengenai seluk beluk Telkom untuk menghadapi wawancara panel, ya!

Tentang Telkom

Siapa sih yang tidak mengenal perusahaan Telkom? PT Telkom Indonesia yang berbentuk persero ini merupakan salah satu dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Nah, perusahaan ini fokus dalam menyediakan jasa dan layanan di bidang TIK dan juga jaringan telekomunikasi. Adapun pemilik saham dari Telkom didominasi oleh negara dan sisanya oleh publik.

Sebagai upayanya untuk melakukan transformasi, maka perusahaan Telkom berubah menjadi digital telecommunication company. Harapannya dengan melakukan transformasi ini, maka Telkom bisa menjadi lebih efektif untuk menciptakan pengalaman pengguna yang terbaik.

Contoh Loker Fresh Graduate

Mau cari loker di Telkom untuk fresh graduate? Tenang saja! Kali ini Telkom menyediakan kesempatan yang sangat terbuka untuk para fresh graduate untuk melamar di Telkom, berikut ketentuannya :

Syarat :

  • WNI
  • Fresh graduate S1 usia 24 dan S2 27 tahun tanpa pengalaman kerja. Bagi yang sudah berpengalaman kerja, patokan usia lulusan S1 adalah 27 dan S2 adalah 30 tahun.
  • Mau menjalani ikatan dinas
  • Mau ditempatkan di lokasi yang telah ditentukan

Lokasi :

  • Kepulauan Nusa Tenggara
  • Kepulauan Maluku
  • Sumatera
  • Kalimantan
  • Sulawesi
  • Papua

Bidang Pekerjaan :

  • Customer Relationship Management
  • Layanan Broadband, Desain dan Perencanaan Platform Video
  • Akses Operasi dan Pemeliharaan Jaringan
  • Pengoperasian dan Pemeliharaan Transportasi dan Jaringan Inti
  • Customer Service Operations
  • Sales Operasi dan Manajemen

Bagi kamu yang merasa berkualifikasi untuk mencoba peruntungan di Telkom karir, maka tidak ada salahnya kok kamu mencoba untuk melamar pekerjaan di perusahaan BUMN ternama satu ini.

Leave a Reply