Pengertian Company Profile

Company profile adalah gambaran umum mengenai sebuah perusahaan. Gambaran ini biasanya bertujuan untuk memberikan informasi terkait produk atau layanan yang akan ditawarkan kepada para konsumen.

Selain itu, gambaran umum ini juga berisikan informasi-informasi lain seperti sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan atau juga informasi terkait mengapa menawarkan produk atau layanan dari perusahaan tersebut.

Ada banyak sekali yang bisa masuk dalam komponen isi dari company profile ini. Untuk informasi lengkapnya bisa kamu baca pada penjelasan berikut ini.

Apa Pengertian Company Profile itu?

Sebuah perusahaan pastinya memerlukan sebuah perkenalan untuk bisa dikenal oleh pihak luar, baik itu konsumen maupun investor. Hal ini berlaku untuk perusahaan berskala kecil maupun besar.

Untuk mengenalkan perusahaan ini kepada pihak luar, dibutuhkan pengenalan. Pengenalan mengenai perusahaan ini biasa disebut dengan Company Profile.

Gambaran umum perusahaan ini merupakan sebuah pengenalan mengenai suatu perusahaan secara umum, baik itu menginformasikan tentang siapa mereka hingga produk maupun pelayanan apa yang ditawarkan oleh perusahaan secara professional.

Apa Saja Isi Company Profile?

isi company profile

Dilihat dari pengertiannya, Gambaran umum perusahaan ini berisikan beragam informasi tentang perusahaan yang perlu diketahui oleh pihak luar.

Beberapa isi yang perlu dimasukan dalam penyampaian informasi ini secara umum adalah

1. Informasi dasar perusahaan

Informasi dasar perusahaan yang perlu ada dalam Company Profil ini berupa informasi-informasi umum yang bisa membuat orang mengenal perusahaan. Informasi ini bisa dikatakan sebagai dasar perusahaan.

Jika terjadi perubahan pada informasi dasar ini, kamu perlu untuk selalu melakukan update informasinya secara berkala dari waktu ke waktu.

Informasi dasar ini bisa berupa nama legal dan juga bentuk dari perusahaan. Nama ini sekaligus menyertakan jenis perusahaan seperti CV, PT, Perseroan, Perseorangan atau jenis perusahaan lainnya.

Selain itu, memuat juga tentang tanggal berdiri perusahaan, alamat perusahaan, nomor telepon, website, email, atau bisa juga nama akun-akun media sosial yang dimiliki perusahaan.

2. Profil perusahaan

Profil perusahaan merupakan gambaran atau cerminan dari sebuah perusahaan yang mana dapat menjelaskan mengenai fokus kerja perusahaan tersebut secara ringkas dan mudah dipahami.

Dalam profil perusahaan ini pula, kualitas dari perusahaan tersebut bisa terlihat. Baik itu oleh konsumen, investor maupun mitra bisnis perusahaan yang diajak bekerja sama.

Dengan adanya profil perusahaan dalam gambaran umum perusahaan ini, pihak luar dapat lebih mudah dalam mengenal dan menilai tentang perusahaan.

Untuk isi dari profil ini, usahakan kamu mencantumkan hal-hal yang bisa meyakinkan pihak luar bahwa perusahaan ini berbeda dan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan perusahaan lain. Bukan hanya sekadar informasi bisnis saja.

Beberapa informasi yang perlu kamu cantumkan dalam profil ini seperti latar belakan, deskripsi produk atau layanan perusahaan, sejarah perusahaan dan perjalanan bisnisnya, dan kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan.

3. Produk dan servis

Dalam gambaran umum perusahaan ini, kamu perlu menjelaskan produk ada atau jasa pelayanan apa yang ditawarkan perusahaan. Jadi bisa terlihat jelas tujuan dari perusahaan tersebut itu apa.

Penjelasan secara rinci tentang produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan diperlukan juga sebagai penguat kualitas layanan perusahaan yang diberikan kepada konsumen.

4. Pencapaian perusahaan

Pencapaian perusahaan ini perlu dicantumkan dalam gambaran umum perusahaan sebagai penguat dari kualitas perusahaan.

Meskipun demikian, semua informasi yang kamu tuliskan harus benar adanya atau berupa data fakta perusahaan, bukan sebuah fiktif buatan.

Dari sini, semakin banyak pencapaian yang dicapai oleh perusahaan, tentukan akan membuat nama perusahaan semakin bagus.

Jadi, kamu harus pandai dalam mengolah kata dan memilih mana yang perlu dicantumkan dalam pencapaian perusahaan ini.

Untuk apa saja yang bisa dicantumkan dalam pencapaian perusahaan ini contohnya seperti penghargaan yang pernah dicapai oleh perusahaan tersebut. Penghargaan ini biasanya memiliki sebuah sertifikat.

Kamu juga bisa mencantumkan testimony dari klien atau mitra bisnis yang pernah bekerja sama dengan perusahaan. Testimoni ini biasanya dapat memberikan kepercayaan lebih kepada pihak luar,

Selain testimony dari klien atau mitra bisnis, pengakuan dari media massa juga bisa dicantumkan. Yang pasti pengakuan ini merupakan sebuah pencapaian yang baik, bukan berita kasus yang mungkin pernah dialami oleh perusahaan.

Peningkatan penjualan atau pelayanan bisa juga dicantumkan, karena termasuk dalam sebuah pencapaian.

5. Rencana masa depan

Rencana masa depan ini bisa berupa target-target yang ingin dicapai oleh perusahaan. Pastinya disertai dengan strategi umum yang akan dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai target tersebut.

Dengan dicantumkannya rencana masa depan ini, dapat menunjukkan bahwa perusahaan tidak hanya merencanakan kinerja perusahaan saat ini saja tetapi juga secara berkelanjutan.

Bisa dikatakan, rencana masa depan ini adalah tujuan jangka panjang dari perusahaan.

Bagaimana Cara Membuat Company Profile yang baik dan Benar?

cara membuat company profile

Gambaran umum perusahaan yang dibuat untuk mencerminkan sebuah perusahaan hendaknya memberikan gambaran yang informatif, menarik dan tidak membosankan.

Beberapa aspek berikut ini perlu kamu perhatikan saat membuat atau menyusun Company Profile. Diantaranya adalah

1. Memperhatikan komponen apa saja yang perlu ada dalam company profile

Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa komponen yang perlu ada dalam Company Profile seperti informasi dasar perusahaan, profil perusahaan, produk dan layanan yang ditawarkan, pencapaian perusahaan dan rencana masa depan perusahaan.

2. Menyertakan empat karakteristik yang menunjukkan kepribadian perusahaan

Empat karakteristik tersebut adalah passionate (gairah dan semangat membuat produk), Quirky (keberanian perusahaan menjadi diri sendiri), Irreverent (keseriusan perusahaan dalam produksi) dan authentic (keseriusan dalam mengatasi masalah).

3. Menyusun gambaran umum perusahaan secara sistematis dan terstruktur

Penyusunan yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur ini bisa membuat pihak luar lebih mudah dalam membaca dan memahami Company Profile yang telah kamu buat.

Informasi singkat mengenai Company Profile di atas semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu dalam memperkenalkan perusahaan kamu pada pihak luar.

Selain itu juga bisa sebagai branding untuk produk-produk atau pelayanan yang diberikan perusahaan.

Leave a Reply