Prospek Kerja Ekonomi Syariah

Kamu yang suka sekali dengan hitung menghitung, ada prospek kerja ekonomi syariah yang bisa dijadikan peluang, lho. Mulai dari bekerja di bank, menjadi pengusaha, staf manajemen keuangan, dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang penasaran ada apa saja sih di ekonomi syariah? Coba deh cek peluang kerjanya di bawah ini.

Hal yang Dipelajari di Ekonomi Syariah

Jurusan ekonomi syariah bersaing sangat baik dengan sebagian besar jurusan bisnis untuk mendapatkan pekerjaan. Beberapa yang dipelajari ketika mengambil jurusan ini adalah :

  1. Mempelajari teori produksi dan biaya dalam prinsip Islam.
  2. Melakukan analisis struktur pasar
  3. Belajar regulasi bisnis pemerintah,
  4. Penganggaran modal,
  5. Teori inflasi dan penentuan suku bunga dalam syariah Islam.

Berikut ini adalah beberapa pilihan pekerjaan bagi mahasiswa lulusan ekonomi syariah:

1. Dosen

Dosen ekonomi syariah (ES) adalah orang yang mengajari mahasiswa dengan jurusan ES. Tugas kerjanya adalah menentukan kurikulum dan memberikan mata kuliah untuk mahasiswa ES. Kisaran gaji dosen ES adalah 3-4 juta.

Jaman IT sekarang, prospek kerja sistem informasi sangat tinggi sekali.

2. PNS

Seorang lulusan ES juga bisa bekerja menjadi PNS di lembaga milik pemerintah. Tugas kerjanya pastilah berkutat pada penerapan ekonomi yang berlaku di lembaga tersebut. Gaji yang dimiliki oleh seorang PNS adalah 2-3 juta tergantung UMK.

3. Kerja di Bank Syariah

Sudah semestinya seorang lulusan ES bekerja di bank dengan basis syariah. Entah itu menjadi seorang teller, customer service atau posisi lainnya.

Tugas kerjanya adalah mengatur keuangan pada bank syariah, tergantung pada posisi yang dimilikinya. Gaji seseorang yang bekerja di bank syariah adalah 2-3 juta tergantung instansinya.

4. Asuransi Syariah

Asuransi syariah bekerja dengan beberapa hal terkait anuitas dan polis asuransi dan menetapkan premi yang harus dibayar untuk polis tersebut namun dengan cara syariah. Kisaran gaji seseorang yang bekerja di bidang ini adalah Rp 3-5 juta.

5. Kerja di MUI

Majelis Ulama Indonesia atau MUI juga bisa menjadi peluang bagi lulusan ES. Anda bisa menjadi bagian di bidang ekonominya dengan tugas kerja memperhatikan praktik ekonomi yang berlaku. Kisaran gaji seseorang yang bekerja di MUI adalah Rp 3-5 juta.

Salah satu lowongan paling banyak di CPNS adalah jurusan statistika, untuk prospek kerja statistika sangat menjanjikan.

6. Ahli Ekonomi Syariah

Ahli ES adalah orang yang melakukan penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data, memantau tren ekonomi, dan mengembangkan prakiraan.

Tugas kerjanya mungkin melakukan penelitian yang berfokus pada topik seperti biaya energi, inflasi, suku bunga, harga pertanian, sewa, impor, atau pekerjaan dalam kacamata syariah. . Kisaran gaji seseorang yang bekerja menjadi Ahli Ekonomi Syariah adalah Rp 3-5 juta.

7. Pengusaha

Pengusaha dapat didefinisikan sebagai orang yang merancang, mendirikan dan menjalankan bisnis agar bisa terkenal seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates dan sebagainya.

Tugas kerjanya adalah merancang ide, membuat keputusan berisiko tinggi yang berpotensi memiliki dampak jangka panjang dan signifikan serta merumuskan pemasaran. Kisaran pendapatan seorang pengusaha bisa dibilang relatif.

8. Manajemen Keuangan

Staf manajemen keuangan adalah orang yang bertanggung jawab atas kesehatan keuangan suatu organisasi atau perusahaan.

Semakin banyak produk elektronik, membuat prospek kerja teknik elektro semakin cerah.

Tugas kerjanya adalah menghasilkan laporan keuangan, aktivitas investasi langsung, mengembangkan strategi dan rencana untuk tujuan keuangan jangka panjang organisasi. Kisaran gaji yang dimilikinya adalah Rp 3-5 juta.

Bagi kamu yang suka sekali dengan keuangan atau ekonomi, ada banyak prospek kerja ekonomi syariah menarik yang bisa jadi peluang untukmu.

Leave a Reply