Contoh CV Fresh Graduate

Contoh CV Fresh Graduate adalah contoh CV yang digunakan oleh para fresh graduate saat akan mendaftar sebuah pekerjaan.

Contoh CV ini sangat berguna bagi kamu yang seorang pemula. Kali ini Saya akan membahas mengenai CV (curriculum vitae) mulai dari pengertian. Tips. isi hingga pengiriman CV. Simak pembahasan selanjutnya!

Apa itu CV?

CV atau memiliki kepanjangan curriculum vitae merupakan sebuah berkas atau dokumen yang berisi data/profil/informasi mengenai seseorang. CV digunakan untuk banyak hal namun lebih terkenal untuk melamar lowongan kerja.

Tips Membuat CV Yang Menjual

tips membuat cv fresh graduate

Membuat CV yang menjual itu gampang-gampang susah. Susah karena pertama kali membuat CV dan gampang karena sudah mengetahui tips-tips membuat CV.

Maka dari itu, kamu bisa mengikuti tips atau cara menulis CV berikut ini.

1. Mencantumkan Nama

Seandainya kamu lupa mencantumkan namamu. Maka, HRD tidak akan mengetahui salah satu info pribadimu. Jadi, jangan pernah sampai lupa menulis nama kamu ya!

2. Nomor Telepon Aktif

Jangan lupa cantumkan nomor telepon kamu yang aktif, karena nanti perekrut akan menghubungimu melalui nomor yang kamu cantumkan.

3. Alamat E-mail

Hal ini merupakan sesuatu yang penting juga untuk kamu cantumkan dalam CV kamu. Karena alamat e-mail ini bisa menjadi opsi kedua untuk perusahaan menghubungi kamu, jika nomor kamu tidak aktif.

4. Pasang Foto Formal bukan Selfie

Hello! kamu ini mau melamar pekerjaan atau update status. Ingat ya, foto yang dicantumkan di CV harus foto formal, bukan foto selfie.

5. Tulislah Riwayat Pendidikan

“Apakah pendidikan Saya harus ditulis dari TK hingga Kuliah?” Jawabannya TIDAK. Kenapa? Karena HRD tidak akan melihat pendidikan kamu sedetail itu. Biasanya HRD akan fokus kepada pendidikan saat Kuliah.

Selain itu, kamu juga harus mencantumkan prodi (program studi) yang kamu pilih saat kuliah. Jangan lupa untuk mencantumkan IPK yang kamu dapat. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan mata kuliah yang kamu ambil saat Kuliah.

Namun, dalam hal ini kamu harus ingat, bahwa mata kuliah yang kamu cantumkan harus sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Jangan sampai kamu melamar menjadi pegawai bank, tetapi mata kuliah yang kamu tulis Biologi.

6. Singkat

CV yang kamu tulis maximal 2 lembar, jika memungkinkan cukup 1 lembar. Hindari menulis hal yang tidak penting. Pastikan CV yang kamu tulis informatif, padat, singkat dan jelas.

7. Desain

Dalam membuat CV buatlah desain template yang simpel namun menawan. Jangan sampai desain yang kamu CV kamu membuat tim HRD malas membaca CV kamu. Melihat saja malas, apalagi membacanya.

8. Referensi

Maksud referensi di sini bagaimana? Nah, dalam menulis CV kamu bisa menambahkan referensi sosial media yang kamu miliki. Ini berfungsi untuk memudahkan perusahaan melihat akun sosmed kamu dan bagaimana sikap kamu di sosmed.

9. Jangan Typo

Cek kembali CV yang kamu buat, jangan sampai ada typo karena perusahaan akan melihat seserius apa kamu dalam melamar pekerjaan atau posisi yang kamu incar.

10. Seminar atau Pelatihan

Fresh graduate yang tidak mempunyai pengalaman di dunia kerja atau magang bisa mencantumkan hal lain. Contohnya seminar atau pelatihan yang pernah diikuti.

Begitulah sedikit tips yang dapat membantu kamu untuk membuat CV yang menarik, inovatif dan simpel.

Apa Saja Isi CV?

contoh cv sederhana
rasmio.blogspot.com

Dalam menulis CV kamu juga harus memperhatikan isi yang akan ditulis di dalamnya. Jangan sampai kamu menulis sebarangan dalam CV yang kamu buat. Beberapa point di bawah ini dapat kamu tulis dalam CV kamu!

1. Info Pribadi

Nah, informasi pribadi ini sangat important untuk kamu cantumkan di CV kamu. Dalam pembahasan sebelumnya ada beberapa info pribadi yang dapat kamu cantumkan dalam CV kamu. So, jangan sampai melupakan info pribadi dalam CV kamu.

2. Pendidikan

Sebelumnya sudah membahas penulisan pendidikan dalam CV yang bisa kamu tulis yaitu, cukup dengan pendidikan saat Kuliah saja yang kamu cantumkan.

3. Pengalaman Organisasi / Magang

Jika kamu mempunyai pengalaman magang dalam sebuah perusahaan, restoran atau apapun itu kamu bisa mencantumkannya dalam CV kamu. Begitu pula dengan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti.

4. Deskripsi Singkat

Ingat deskripsi singkat, seperti namanya singkat, jadi kamu tidak perlu bertele-tele saat mendeskripsikan diri kamu.

Kamu hanya perlu menulis beberapa informasi yang penting saja. Deskripsi ini adalah kata lain dari kesimpulan CV kamu.

5. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja mulai dari jabatan hingga berapa tahun kamu bekerja dalam profesi itu, kamu bisa mencantumkannya dalam CV kamu. Beberapa perusahaan menjadikan hal ini sebagai point tambahan dalam CV kamu.

6. Keahlian

Kamu bisa menuliskan keahlian yang kamu miliki. Keahlian kamu harus sesuai dengan profesi atau posisi yang kamu incar. Jangan sampai keahlian dan pekerjaan yang kamu incar bertolak belakang.

Bagaimana Cara Mengirim CV Lewat Email?

tips mengirim surat lamaran kerja via email
Cara kirim email lamaran

Saat kamu melamar pekerjaan di perusahaan dan CV yang kamu kirim melalui e-mail. Pastikan subject dan body e-mail tidak kosong melompong.

Karena itu merupakan hal dasar atau attitude yang benar saat mengirim e-mail.

Jika kamu langsung mengirim CV kamu dengan subject dan body e-mail kosong, HRD akan malas melihat e-mail yang kamu kirim. Jadi, apa saja sih yang harus kamu tulis dalam body e-mail?

  • Pertama perkenalan, dalam hal ini kamu cukup memberitahukan nama kamu.
  • Selanjutnya, kamu harus menjelaskan tentang info lowongan yang kamu lamar. Misalnya, Saya mengetahui lowongan pekerjaan ini dari koran xx.
  • Ketiga, kamu bisa menjelaskan jurusan kuliah yang kamu ambil.
  • Setelah itu, pengalaman yang kamu punya seperti pernah magang atau kerja di mana, bisa kamu tulis. kamu juga bisa menulis pengalaman lain, namun harus sesuai dengan posisi yang kamu incar.
  • Setelah itu, kamu bisa menjelaskan posisi apa yang ingin kamu tempati.
  • Terakhir penutup, pada point ini kamu bisa menuliskan bahwa kamu sedang menunggu respons dari pihak perusahaan.

Kesimpulannya, dalam body e-mail kamu harus menulis cover letter dalam pandangan luas, namun jangan terlalu panjang dan bertele-tele.

Dari penjelasan di atas, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang lagi bingung membuat CV fresh graduate. Ingat point-point pentingnya!

Leave a Reply