Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan

Prospek kerja ekonomi pembangunan menjadi semakin luas seiring berkembangnya persoalan ekonomi di Indonesia.

Hal ini salah satunya ditengarai oleh semakin banyaknya kekayaan yang tidak merata, dan meningkatnya kemiskinan yang ada. Untuk itu, bekerja di bidang ini tentu memiliki prospek yang baik.

Topik Pembahasan:

Hal yang dipelajari di ekonomi pembangunan

Ekonomi pembangunan adalah bagian dari cabang ilmu ekonomi. Secara ringkas, cabang ilmu ini mempelajari berbagai hal tentang pembangunan yang sudah, sedang, dan akan dilakukan di masa depan. Pembangunan itu juga bersifat luas seperti keuangan, bisnis, maupun industri.

Prospek kerja ekonomi pembangunan sangatlah luas, berikut adalah beberapa contoh profesi yang dapat kamu jadikans ebagai referensi, beserta besaran gaji yang dapat kamu kantongi.

1. Dosen

Dosen bertugas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dari berbagai bidang, seperti dalam hal teknologi maupun bidang yang lain.

Suka novel inggris? Kuliah saja di Sastra inggris, baca prospek kerja sastra inggris.

Selain itu, menjadi dosen juga diharapkan dapat terus mengupgrade diri dengan melakukan berbagai penelitian sesuai keahliannya, sehingga keilmuan yang dimiliki dapat menjalar luas.

Gaji yang dapat dikantongi seorang dosen berkisar antara Rp. 3.000.000 – Rp. 7.000.000 setiap bulan.

2. PNS

Setiap tahun, ribuan orang berlomba-lomba menjadi PNS. Secara umum, pekerjaan PNS adalah menjalankan tugas yang ada di lembaga yang sedang dijabat.

Tugas ini umumnya berorientasi pada satu titik yaitu mendorong kebijakan yang berpihak pada rakyat sehingga kehidupan rakyat yang diidamkan dapat terwujud dengan baik.

Gaji yang diraup seorang PNS berkisar antara Rp. 4.000.000 – Rp. 8.000.000 per bulannya.

3. Peneliti

Seorang peneliti ekonomi pembangunan sangat diperlukan oleh negara apalagi di lembaga pemerintahan maupun pemangku kebijakan.

Tugasnya adalah meneliti kebijakan yang telah maupun sedang dan akan dibuat. Gaji yang bisa diperoleh seorang peneliti setiap bulannya adalah Rp. 3.500.000 – Rp. 8.000.000.

4. Bisnis Analis

Bisnis analis memiliki beberapa tugas yaitu menganalisa perilaku konsumen, data pasar, struktur organisasi dan kebijakan yang telah berlaku, melakukan monitoring dan memberikan solusi tepat dalam meningkatkan mutu layanan dalam bisnis.

Tertarik mempelajari kesehatan mental? Kuliah saja di di psikologi, baca prospek kerja lulusan psikologi.

Gaji yang didapat seorang bisnis analis adalah sekitar Rp. 74.000.000 per tahun.

5. Pegawai LSM

Sebagai pegawai LSM, kamu bertugas untuk menampung aspirasi dan suara masyarakat dalam bidang pembangunan, terlebih pada bidang-bidang yang luput dari perhatian pemerintah.

Rata-rata gaji yang diperoleh oleh pegawai LSM adalah Rp. 6.000.000 per bulannya.

6. Analisis Pasar

Analis pasar adalah seseorang yang bertugas untuk meneliti pasar sebagai pertimbangan bagi klien dalam menghasilkan suatu produk agar produk tersebut dapat diterima pasar dengan baik, sehingga mengurangi kerugian dan memperbanyak profit.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi analis pasar adalah kisaran Rp. 4.000.000 – Rp. 7.000.000.

7. Ahli Ekonomi

Seorang ahli ekonomi memiliki tugas utama untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi suatu daerah.

Selain itu, seorang ahli ekonomi juga bertugas untuk menyusun laporan hasil penelitian yang telah dlilakukannya dan melakukan publikasi melalui berbagai karya ilmiah.

Indonesia negara maritim dan subur, jaga kualitas alam dengan msdp. Baca prospek kerja manajemen sumber daya perairan

Seorang ahli ekonomi juga bertugas untuk mengkaji dampak suatu kebijakan publik baik dari sisi sosial maupun ekonominya.

Gaji yang bisa diperoleh seorang ahli ekonomi tiap bulannya berkisar antara Rp. 2.500.000 – Rp. 14.000.000.

Leave a Reply