Apa Itu E-Commerce?

E Commerce adalah salah satu perangkat perkembangan teknologi canggih yang hadir untuk membantu kamu dalam melakukan transaksi jual beli menggunakan bantuan media elektronik.

Transaksi elektronik di sini yang pasti bukan hanya perangkatnya saja, tetapi sistem yang digunakan juga menggunakan sistem terbaru, yaitu dilakukan dengan sistem online atau bantuan dari jaringan internet.

Apa kamu masih penasaran dengan yang mananya E Commerce? Untuk berbagai informasi yang lebih jelas bisa kamu ikuti ulasan singkat di bawah ini.

Apa Itu E Commerce?

E Commerce atau perdagangan elektronik merupakan sebuah transaksi jual beli, mulai dari aktivitas promosi, pemasaran produk barang atau jasa, penjualan, dan juga pembelian yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet.

Banyak orang menyebut transaksi ini dengan transaksi online. Karena antara pihak yang berjualan dan pihak yang membeli tidak harus berada dalam satu tempat, tetapi menggunakan bantuan jaringan internet yang bisa dijangkau di manapun mereka berada

Zaman sekarang peluang bisnis yang dilakukan dengan sistem online ini sangat diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan lebih memudahkan aktivitas yang dilakukan, baik itu dari pihak produsen maupun konsumennya.

Untuk pembayaran atas transaksi yang dilakukan, bisa langsung di transfer atau menggunakan e-money sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Karena tidak dibatasi ruang tempat, jangkauan yang bisa dicapai oleh pengguna perangkat ini sangat luas.

Di sini juga tidak hanya melakukan kegiatan transaksi jual beli saja, tetapi juga bisa melakukan berbagai kegiatan bisnis lainnya. Seperti halnya melakukan kerja sama dengan mitra bisnis tertentu, membuka lowongan pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan bisnis lainnya.

Ada Berapa Jenis-Jenis E-Commerce?

jenis jenis ecommerce

E commerce yang merupakan perangkat atau sistem untuk melakukan kegiatan berbisnis secara online tidak hanya sebatas kegiatan jual beli saja. Ada banyak kegiatan bisnis lainnya yang bisa kamu lakukan dengan e commerce.

Dengan demikian, E Commerce ini dibagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah

1. B2B

Business to business (B2B) merupakan jenis kegiatan perusahaan yang menawarkan produk atau jasa kepada perusahaan lain.

Contohnya produsen mesin jahit menjual produknya kepada perusahaan pakaian.

Contoh situs B2B adalah: axiqoe.com, bizzy.co.id, bisnis.bhinneka.com, mbiz.co.id, ralali.com, monotaro.id.

2. B2C

Business to consumer (B2C) merupakan jenis kegiatan perusahaan yang menjual produknya kepada konsumen.

Kegiatan ini seperti kegiatan jualan pada umumnya. Contohnya seperti toko-toko online yang menjual produk-produknya.

Contoh situs B2C adalah: lazada.com, blibli.com, jd.id, zalora.com.

3. C2C

Consumer to consumer (C2C) merupakan jenis kegiatan menjual barang bekas kepada orang lain secara online. Contohnya kamu menjual sepeda yang sudah tidak dipakai secara online.

Contoh situs C2C: tokopedia.com, shopee.co.id, bukalapak.com, olx.co.id.

4. C2B

Customer to business (C2B) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seorang individu dengan menjual atau menawarkan produknya kepada sebuah perusahaan. Contohnya seorang graphic designer yang menawarkan jasa membuat logo ke perusahaan sabun.

Contoh situs C2B: freepik.com, freelancer.com, istockphoto.com.

5. B2A

Business to public administration (B2A) merupakan kegiatan yang dilakukan antara perusahaan dan lembaga pemerintahan. Contoh kegiatan yang dilakukan seperti perusahaan jasa pembuat website untuk sistem administrasi online di pemerintahan.

6. C2A

Customer to public administration (C2A) merupakan jenis kegiatan yang dilakukan oleh individu kepada lembaga pemerintah. Untuk kegiatan bisnis ini jarang sekali bisa di temui di Indonesia.

Apa Saja Manfaat E Commerce?

manfaat ecommerce

Diciptakannya sebuah perangkat pastinya dengan pertimbangan kegunaan dan manfaat yang akan diberikannya.

Dapat dilihat secara jelas, dengan sistem onlinenya, transaksi yang dilakukan di sini bisa mempermudah penjual dan pembeli. Selain itu juga memiliki jangkauan yang sangat luas.

Apakah masih ada lagi manfaat dari E Commerce ini? Jelas ada. Mari kita bahas satu persatu.

1. Jangkauan luas

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dengan E Commerce adalah memiliki jangkauan luas.

Tidak seperti toko pada umumnya yang hanya bisa menjual pada orang-orang yang datang ke tempat toko tersebut, dengan perangkat ini penjualan kamu bisa hingga ke seluruh negeri.

2. Toko buka 24 jam

Selain dari segi jarak, sistem online juga tidak dibatasi oleh waktu. Jika pada toko biasa memiliki jam operasional tertentu dengan karyawan penjaga toko yang terjadwal, sistem online ini bisa beroperasi selama 24 jam setiap harinya.

3. Pembeli tetap bisa beli tanpa ada penjaga toko

Pembeli tetap bisa membeli produk kamu meskipun kamu tidak sedang menjaganya, karena kegiatan tersebut sudah dibantu oleh sistem yang ada.

4. Biaya operasional murah

manfaat biaya murah ecommerce

Manfaat lainnya adalah biaya operasional lebih rendah dibandingkan kamu menyewa atau membangun gedung yang dijadikan toko.

Kamu juga tidak memerlukan banyak karyawan, bahkan bisa kamu kerjakan sendiri. Jadi, banyak biaya-biaya operasional yang tidak perlu kamu keluarkan.

Dengan e commerce ini, dalam menjual barang tidak diharuskan untuk memiliki stok barang. Kamu bisa mengakalinya seperti dengan menjadi dropshipper atau reseller yang mana hanya men-stok barang yang telah dipesan oleh pembeli.

Sistem ini menjadikan kamu hanya sebagai perantara saja. Kamu memesankan barang untuk konsumen dan langsung kamu salurkan ketika barang sudah tersedia.

5. Transaksi keuangan lebih rapi

Selanjutnya adalah memudahkan kamu dalam mengelola transaksi dan pengiriman produk. Saat ini sudah tersedia banyak sekali layanan-layanan pembayaran secara elektronik atau juga menggunakan uang elektronik.

Selain dari sistem pembayaranya, pengiriman produk juga sangat mudah. Kamu bisa menggunakan jasa pengiriman barang atau jasa kurir yang bisa kamu lacak keberadaannya secara online.

6. Memiliki data pengguna dan bisa dipelajari

Kamu juga bisa mempelajari kebiasaan-kebiasaan pelanggan produk kamu. Dengan demikian, kamu tidak akan menyia-nyiakan investasi yang telah kamu lakukan.

Penggunaan sistem online memang sangat membantu dari pihak penjual maupun pembeli. Sebagai penjual, kamu bisa bekerja di mana saja dan juga kapan saja selama kamu tersambung dengan jaringan internet.

Selain penjual, pembeli juga sama. Bisa melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja selama masih dalam jangkauan koneksi internet yang memadai.

Bagaimana? Sudah paham tentang apa itu E-commerce serta berbagai jenis dan manfaatnya?

Semoga penjelasan singkat tentang E-commerce di atas bisa bermanfaat untuk kamu dan semua yang membutuhkan.

Leave a Reply