Gaji Youtuber Indonesia

Berapa gaji youtuber yang diterima tiap bulan? Itulah pertanyaan awal ketika kamu ingin berkecimpung di dunia youtuber bukan? Semua orang sekarang berlomba-lomba jadi terkenal lewawt youtube.

YouTube merupakan salah satu platform favorit masyarakat yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang. Sementara YouTuber merupakan sebutan untuk seseorang yang membuat konten dan diunggah ke channel YouTube pribadinya.

Memang tidak mudah untuk menghasilkan uang melalui YouTube, karena terdapat beberapa syarat yang harus terpenuhi agar memperoleh gaji YouTuber. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap mengenai YouTube, sebaiknya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Dari Mana YouTuber Dibayar?

darimana youtuber dibayar

Memang sudah tidak dapat di pungkiri lagi jika YouTube menjadi salah satu platform favorit masa kini. Dimana platform ini dapat digunakan sebagai sarana hiburan dan mencari informasi penting seperti tips dan tutorial tertentu.

Selain itu, YouTube juga bisa menghasilkan uang melalui konten yang diunggah di channel pribadi. Adapun seseorang yang membuat konten di YouTube biasanya disebut dengan istilah YouTuber.

Pastinya kamu penasaran dari mana seorang YouTuber mendapatkan pundi-pundi uang setiap bulannya. Ternyata penghasilan seorang YouTuber diperoleh langsung dari pihak YouTube sesuai dengan kebijakannya.

Tetapi, selain itu YouTuber juga bisa mendapatkan uang dari pihak ketiga atau korporasi yang ingin mengiklankan produknya.

Berikut beberapa sumber penghasilan seorang YouTuber yang wajib kamu ketahui.

1. Monetizing Options

iklan youtube

Untuk sumber gaji YouTuber yang pertama yaitu Monetizing Options dari YouTube atau Google. Biasanya seorang YouTuber akan mengupload video di channel YouTube milik pribadinya.

Selanjutnya pihak YouTube akan memberikan pilihan untuk menyalakan Monetize atau memonetisasi video tersebut. Untuk mengizinkan YouTube atau Google menempatkan iklan di dalam video yang telah dibuat YouTuber.

Tentunya sebagai timbal baliknya, YouTuber akan mendapatkan uang dengan pembagian yang telah disepakati. Umumnya terdapat tiga jenis iklan yang akan muncul dna dihitung sebagai sumber income.

Pertama, iklan yang muncul pada awal sebelum video atau biasa disebut in-stream Ads. Kedua, iklan yang muncul di bagian pojok kanan atas halaman browser yang biasa disebut dengan display ads.

Kemudian yang terakhir adalah overlay ads atau iklan yang terletak di bagian bawah video. Adapun sistem yang digunakan untuk menghitung jumlah pemasukan iklan yaitu cost pe mille, yaitu iklan akan dibayar per seribu view video.

Syarat agar bisa di monetisasi akun youtubenya adalah:

  • Subscriber minimal 1000
  • Total jam tayang ada 4000 jam selama setahun terakhir

2. Celebrity Jobs

selebrity job youtuber
Akurat.co

Selanjutnya untuk sumber gaji YouTuber kedua adalah celebrity jobs. Seperti yang diketahui bahwa belakangan ini banyak bintang-bintang dan celebrity baik nasional maupun internasional yang terlahir dari YouTube.

Dimana para YouTuber tersebut telah membuka diri dan bakatnya secara umum melalui konten yang dibuat. Tentunya hal ini akan membuka peluang untuk mendapatkan berbagai proyek publik, seperti host, public speaker hingga aktor film.

Sehingga inilah potensi income YouTuber yang sebenarnya. Dimana YouTube dapat membuka kesempatan, kemungkinan dan peluang untuk para YouTuber bisa berhubungan langsung dengan khalayak umum secara global.

Contoh di Indonesia adalah Atta Halilintar, Raditya Dika, dll.

Jadi dengan peluang ini, YouTuber bisa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan bakat sesuai passion yang dimiliki.

3. Brand Deals

brand deals youtuber
creatoracademy.youtube.com

Adapun sumber gaji YouTuber yang ketiga yaitu dari brand deals. Dimana seorang YouTuber yang sudah memiliki subscribe dan viewer tinggi, artinya sudah memiliki massa setia untuk melihat video mu.

Bagi YouTuber yang memiliki massa tinggi, bisa dengan mudah menarik banyak potensi untuk mengambil sponsor dan iklan di luar YouTube. Bahkan kamu juga bisa mengambil program investor ke dalam channel YouTube untuk mendapatkan sumber income lainnya.

Sehingga dengan mendapatkan sponsor, YouTuber juga bisa mendapatkan uang lebih banyak untuk menempatkan brand placement atau iklan di luar sistem Google. Dengan kisaran harga yang bervariasi tergantung subscribe dan viewer yang kamu miliki dan keuntungan para sponsor.

Berapa Gaji YouTuber di Indonesia?

Setelah mengetahui beberapa sumber gaji YouTuber pada ulasan sebelumnya, mungkin kamu juga penasaran dengan gajinya. Memang tidak perlu diragukan lagi Indonesia memiliki banyak para konten creator yang populer.

Bahkan penghasilannya dari YouTube dapat membuat seseorang tercengang karena telah mencapai miliar rupiah per bulannya. Tidak heran jika peluang ini membuat YouTube dibanjiri dengan para konten kreator baru.

Adapun beberapa YouTuber Indonesia yang terkenal dengan penghasilan fantastis yaitu Jess No Limit, Atta Halilintar, Deddy Corbuzier dan sebagainya. Agar kamu tidak penasaran lagi, langsung saja simak informasinya berikut ini.

1. Jess No Limit

gaji youtuber jess no limit
wartaekonomi.co.id

YouTuber pertama yang menduduki peringkat sepuluh besar YouTube di Indonesia adalah Jess No Limit. Seorang YouTuber yang memulai karirnya pada bulan september tahun 2017 hingga sekarang ini sudah memiliki 19,7 juta subscribers.

Dengan total video yang di upload sebanyak 1,341 ribu video dan 1,97 miliar views. Adapun isi konten yang diunggah di channel pribadinya yaitu gaming, review gam dan kolaborasi.

Sedangkan untuk pendapatan per bulannya yaitu mulai dari 18,9 ribu dolar AS hingga 302 ribu dolar AS. Apabila di rupiahkan maka setara dengan Rp267,16 juta hingga Rp4,26 miliar.

2. Atta Halilintar

gaji youtuber atta halilintar
detikNews – Detikcom

Selanjutnya YouTuber kedua yang berhasil menduduki peringkat kelima YouTube Indonesia yaitu Atta Halilintar. Dengan jumlah subscribers sekitar 25,4 juta dan jumlah video yang di upload secara akumulatif yaitu 990 video.

Sedangkan jumlah penonton secara akumulatif sebanyak 2,78 miliar. Dimana channel YouTube Atta telah menduduki di peringkat kelima sebagai YouTuber dengan penghasilan paling banyak di Indonesia.

Adapun proyeksi pendapatan per bulannya yaitu US$25,700 hingga US$411.800. Jika di rupiahkan setara dengan Rp378,15 juta hingga Rp6,06 miliar.

3. Deddy Corbuzier

gaji youtuber deddy corbuzier
pikiran-rakyat.com

Untuk youtuber terakhir yang menduduki peringkat pertama YouTube Indonesia adalah Deddy Corbuzier. Dimana jumlah subscribers sekitar 11 juta dan jumlah video yang telah di upload secara akumulatif adalah 668.

Dengan jumlah penonton sekitar 1,57 miliar, tidak heran jika channel YouTube Deddy menduduki peringkat pertama sebagai YouTuber dengan penghasilan paling banyak.

Yaitu sekitar US$29.100 hingga US$465.900 atau setara dengan Rp428,18 juta sampai Rp6,86 miliar per bulan.

Leave a Reply