Apa Itu FMCG?

Fmcg adalah singkatan dari fast moving customer goods. Fmcg yang ada di Indonesia tumbuh dengan pesat terutama pada segmen supermarket dan minimarket. Pesatnya perkembangan fmcg ini dikarenakan semakin banyaknya penduduk.

Sebenarnya apa itu fmcg? Mungkin anda yang baru mendengarkan istilahnya akan bertanya-tanya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada paragraf selanjutnya.

Apa Itu fast moving customer goods?

Menurut pebisnis dari Australia yaitu Sien Brierly Fmcg adalah barang-barang yang berupa produk yang sering dibutuhkan oleh konsumen. Contohnya saja pasta gigi gula, tissue, sabun, koran majalah, rokok dan masih banyak lagi.

Fmcg dapat dikatakan sebagai produk yang omsetnya dapat berputar cepat dengan biaya produksi yang cukup rendah.

Produk dari fmcg ini tergolong memiliki masa simpan yang singkat sehingga mudah sekali mengalami kerusakan.

Karena konsumen merasa butuh setelah kadaluarsa masa simpannya maka mereka akan membelinya tanpa berfikir panjang.

Jadi produk fmcg ini adalah produk yang sering dibutuhkan oleh konsumen dalam jumlah kecil ataupun partai besar.

Produk fmcg tidak hanya seputra makan saja, tapi ada juga minuman, perlengkapan rumah perabot rumah dan barang yang dibutuhkan Setiap harinya oleh konsumen.

Apa Saja Jenis-Jenis Produk yang Termasuk fast moving customer goods?

jenis jenis fmcg

Terdapat beberapa jenis produk dari fmcg diantaranya yaitu

1. Home care dan personal care

Produk ini berupa barang – barang maupun produk perawatan rumah dan pribadi. Perlengkapan rumah seperti halnya perlengkapan kamar mandi, alat kebersihan, alat dapur dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk perlengkapan pribadi bisa berupa skincare, kosmetik, pakaian, aksesoris, sepeda, mobil dan yang lainnya.

2. Foods and Beverages

Produk fmcg yang berupa makanan yang siap saji ataupun yang harus diolah terlebih dahulu. Banyak perusahaan yang menyediakan makanan cepat saji seperti hanya mie instan, tepung bumbu dengan berbagai variasi dan makanan kaleng.

Ada juga jenis minuman yang siap untuk diminum seperti halnya minuman isotonik, teh dalam botol, larutan penyegar. Minuman yang butuh proses terlebih dahulu seperti kopi yang perlu di seduh, teh celup yang perlu diseduh juga.

  1. Peralatan ATK seperti halnya pena, buku, pensil dan lainnya
  2. Peralatan obat-obatan seperti obat penurun panas, sakit kepala, flu, batuk dan lainnya

Skill Yang Dibutuhkan Kerja di Industri fast moving customer goods?

skill keahlian industri fmcg

Jika kamu berniat untuk terjun ke sektor fmcg maka kamu harus mengetahui skill apa saja yang dibutuhkan. Berikut inilah skill yang kebanyakan harus dimiliki

1. Keterampilan teknologi

Keterampilan teknologi sangat penting dimiliki oleh perusahaan yang bergerak dalam sektor fmcg. Sekarang banyak produk yang menggunakan sistem otomatisasi.

Jadi dengan adanya teknologi yang semakin lama berkembang pesat pembuatan produk juga bisa dilakukan dengan cepat, banyak rapi dalam waktu yang singkat. Untuk itu kamu harus melek teknologi agar tidak ketinggalan dengan lainnya.

2. Keterampilan ilmu lintas disiplin

Industri dari fmcg membutuhkan kandidat yang memiliki pandangan luas dalam melakukan pekerjaan yang lebih besar lagi.

Seperti halnya sales tidak hanya menawarkan barang tapi juga bisa menginovasi produk lainnya agar lebih baik.

Jadi selain menjadi sales kamu juga bisa menjadi perancang produk yang dibutuhkan oleh publik. Bisa melakukan riset dan menganalisis publik sedang membutuhkan produk yang jenis apa.

3. Mampu menganalisa

Bisnis fmcg ini memerlukan orang yang bisa mengolah data dan menganalisa data. Hal ini juga terlepas dari yang namanya karyawan dan jabatan analysis. Jadi kamu bisa menganalisa data tanpa adanya bantuan lainnya.

Jika ternyata analis daya yang kamu lakukan sesuai dengan petugas analyst maka kamu bisa dikatakan memiliki salah satu skill dari industri fmcg.

4. Bekerja dibawah tekanan

Perusahaan yang bergerak dalam bidang fmcg ini memang membutuhkan target dalam jumlah sekian, waktu sekian dikirim sekian banyak. Hal ini dikarenakan banyak konsumen yang membutuhkan.

Untuk itu kamu harus bisa bekerja dengan tantangan target. Pekerjaan yang cepat, dalam waktu yang singkat dan hasil yang rapi. Sehingga jika sudah mencapai target berharap konsumen bisa puas menggunakanya.

5. Kemampuan persuasi

Salah satu kemampuan yang rata-rata dimiliki oleh banyak orang hanya saja ada yang berani mengungkapkan ya langsung ada gang tidak.

Persuasi ini berupa ajakan untuk membeli produk yang kita jual. Jadi seorang yang bekerja dalam sektor fmcg bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli produk yang kalian jual.

Selain itu banyaknya kompetitor dalam industri fmcg menjadikan kamu harus pandai-pandai untuk membuat inovasi produk dan meyakinkan konsumen dengan produk yang kalian buat.

Kenapa Kamu Harus Kerja di Industri fast moving customer goods?

kenapa harus kerja di fmcg

Industri yang bergerak dalam bidang fmcg memang cukup populer karena banyak calon lukisan yang mengincar posisi tertentu pada industri fmcg.

Inilah alasan kenapa kamu harus bekerja di industri yang bergerak dalam sektor fmcg

1. Memiliki nama besar termasuk merek yang akan dikelolanya

Bekerja pada perusahaan industri terkenal tentunya akan buat kamu bangga dengan pekerjaanku dalam berbagai posisi. Hal. Ini juga dikatakan produk yang dikeluarkan juga tergolong berneram yang bisa ditemukan di berbagai tempat.

Selain itu industri fmcg juga tergolong industri yang bergengsi karena memiliki pacar yang sangat luas. Tidak hanya mencakup pasar lokal saja tapi juga pasar global yang ada di belahan dunia.

2. Industri yang bergerak cepat dan jiga inovatif

Industri fmcg tergolong industri uang haris bisa bergerak cepat dikarenakan produk yang dihasilkan salah kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain industri fmcg juga menuntut karyawannya untuk bisa berinovatif dan bergerak cepat.

Sebisa mungkin segata melakukan inovasi terbaru dengan produk yang akan dijual. Bisa berupa perubahan ketika mengemas ataupun produk baru yang belum pernah ada dipasaran lainnya.

3. Posisi kerja yang cukup beragam

Pada industri fmcg kamu bisa mendapat berbagai posisi yang sesuai dengan skill. Terdapat bagian operator, marketing, accounting sampai manajemen. Karena tergolong perubahan yang berskala besar.

Biasanya industri fmcg ini dalam satu produk bisa membawa berbagai b karyawan karena membutuhkan tenaga untuk bisa meningkatkan produk baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

4. Pengalaman kerja yang cukup berharga

Dapat bekerja di industri fmcg tergolong pekerjaan yang menantang dikarenakan dinamika pertumbuhannya yang cukup pesat. Sehingga kamu nantinya akan mendapatkan pengalam yang emantang dan cukup berharga.

Lolos di industri fmcg tergolong suatu hal yang hebat karena proses rekrutmen lebih sulit dan juga memakan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan industri fmcg mencari kandidat yang benar-benar bertalenta.

5. Memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di berbagai negara

Industri fmcg tergolong bersifat multinasional yang kamu bisa temukan di berbagai negara. Produk yang dikeluarkan hampir sama. Hanya saja bahan atau pengolahannya yang berbeda.

Jika kamu berminat untuk bekerja di berbagai negara. Kamu bisa mencoba untuk bekerja di industri fmcg untuk bisa dimutasi di negara lainnya.

Dari penjelasan sebelumnya tentunya anda bisa mendapatkan gambaran tentang dunia industri fmcg dan keuntungan yang didapatkan ketika bisa bekerja di industri tersebut. Untuk bisa lolos seleksi bekerja di fmcg memang bukan suatu hal yang mudah.

Fmcg adalah barang konsumen tergolong omset yang bisa berputar dengan cepat dan biaya produksinya yang tergolong rendah. Industri fmcg di Indonesia sudah banyak dari yang lokal maupun yang terkenal.

Leave a Reply