Prospek Kerja Sistem Informasi

Prospek kerja Sistem Informasi adalah sebuah peluang pekerjaan yang dimiliki oleh orang-orang dengan background pendidikan S1 Sistem Informasi (SI).

Apakah Anda dahulunya berkuliah di jurusan ini atau lulus SMA dan ingin mendaftar jurusan SI namun bingung bagaimana peluang kerja ke depannya?

Tidak perlu bingung, di bawah ini adalah beberapa prospek kerja yang dimiliki oleh orang-orang dengan background pendidikan S1.

Penasaran?

Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Peluang Kerja Lulusan SI

Tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan gelar Sistem Informasi Anda?

Berikut adalah beberapa karir paling populer untuk lulusan di bidang Anda.

1. Administrator Sistem Komputer

administrasi sistem komputer

Administrator Sistem Komputer memiliki tanggung jawab dalam pekerjaannya di mana ia mengawasi operasi sehari-hari komputer dan sistem jaringan organisasi.

Pekerjaan ini memasang, memantau, dan mengatur jaringan area luas (WAN), jaringan area lokal (LAN), intranet, dan proses komunikasi data lainnya.

Administrator sistem komputer membantu bisnis berjalan lebih lancar dan efektif.

2. Spesialis Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO)

spesialis SEO

SEO telah menjadi mata uang internet.

Spesialis SEO mendukung pekerjaan bisnis dengan meninjau, menganalisis, dan meningkatkan situs web mereka dengan memaksimalkan lalu lintas web.

Bidang pekerjaan ini juga membantu bisnis menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan laba.

Industri SEO terus berkembang dan menjadikan spesialis SEO sebagai pilihan karir yang menantang dan menarik

3. Database Administrator

database administrator

Prospek kerja Sistem Informasi selanjutnya adalah menjadi Databese Administrator.

Database Administrator adalah pekerjaan umum lainnya untuk jurusan SI.

Pekerjaan ini dituntut untuk terampil menggunakan perangkat lunak khusus untuk menyimpan, melindungi, dan mengatur data.

Bidang pekerjaan ini mengawasi semua aspek administrasi data, termasuk desain basis data, keamanan, pemecahan masalah, dan banyak lagi.

Lulusan SI yang memiliki pemahaman mendalam tentang sistem data dan operasi bisnis, bisa mendaftar menjadi seorang Database Administrator.

4. Analis Keamanan Informasi

analis keamanan informasi

Analis keamanan informasi memainkan peran kunci dalam bisnis apa pun.

Dengan memberikan ulasan dan analisis berbagai infrastruktur teknologi informasi suatu perusahaan, seorang analis membantu melindungi perusahaan dari ancaman keamanan.

Anda yang tertarik dengan pekerjaan ini perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang bisnis, serta bagaimana merancang, mengimplementasikan, menganalisis, dan memelihara sistem TI.

5. Pengembang Aplikasi

pengembang aplikasi

Profesi kerja jurusan sistem informasi selanjutnya adalah menjadi seorang pengembang aplikasi.

Mahasiswa di bidang SI dalam studinya pasti menerima pelatihan dalam pengembangan jaringan dan perangkat lunak untuk mengasah keterampilan pemrograman komputer mereka saat mereka belajar.

Jika keterampilan ini kuat, mahasiswa dapat melanjutkan untuk mengejar karir yang menyenangkan sebagai pengembang aplikasi.

Dalam peran ini, mahasiswa akan bekerja dengan seniman grafis, ilmuwan data, dan pengembang lainnya untuk membuat aplikasi dari semua jenis. Kreatif dan analitis, bisa menjadi pekerjaan impian bagi banyak mahasiswa SI.

Gaji Lulusan SI

gaji lulusan SI

Sistem Informasi (SI) adalah istilah luas sistem teknologi yang digunakan bisnis untuk mengelola operasi harian mereka.

Mahasiswa yang kuliah dan mengambil studi utama SI ini belajar mengenai organisasi dari semua jenis sistem dan data yang untuk membuat keputusan yang lebih baik terkait sistem.

Bidang SI sendiri sebenarnya hampir sama dengan ilmu komputer dan teknologi informasi, tetapi SI ini lebih unik karena dalam fokusnya adalah berupaya agar orang bisa berinteraksi dengan sistem TI.

Nah, gaji yang diberikan umumnya untuk orang-orang yang bekerja di bidang ini adalah sekitar Rp. 4.000.000- Rp. 7.000.0000.

Semakin besar keahlian yang dimiliki, maka akan semakin besar pula gaji yang akan diterima oleh orang-orang lulusan SI oleh sebab itu penghasilan yang besar adalah alasan melamar pekerjaan untuk orang-orang lulusan SI.

Keahlian SI

skil keahlian SI

Apa sih keahlian yang harus dimiliki oleh seorang SI?

Seorang profesional SI harus memiliki pemahaman tentang proses penulisan kode, untuk melihat proyek pengembangan perangkat lunak dan untuk mengelola hal-hal seperti di bawah ini :

  • Pengembangan Aplikasi
  • Arsitektur
  • HTML
  • C ++
  • Bahasa C
  • PHP
  • Desain UX
  • Python
  • JavaScript
  • Ruby

Jika Anda adalah orang yang ahli di bidang tersebut, Anda bisa segera mengajukan lamaran.

Pastikan Anda sudah memiliki surat pengunduran diri jika Anda saat ini sudah bekerja namun tidak di bidang SI.

Beberapa contoh surat pengunduran diri bisa Anda temukan di internet.

Anda juga bisa meminta surat keterangan kerja untuk melengkapi surat lamaran kerja.

Anda yang memang ahli di bidang SI, tidak perlu ragu dan bimbang tidak mendapatkan pekerjaan karena ada banyak sekali prospek kerja Sistem Informasi  yang bisa Anda coba.

Leave a Reply